Apa Itu Kapalan, Penyebab, Gejala dan Penanganannya

 

Apa Itu Kalapan?

Kapalan atau yang dalam bahasa ilmiah dikenal degan Callvus adalah sebuah kondisi gangguan kulit yang umumnya lebih banyak menyerang bagian-bagian tertentu pada kulit manusia, seperti halnya bagian kaki, tumit atau jari. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, maka biasanya mereka akan mengalami kondisi yang tidak nyaman bahkan pada gilirannya hal ini akan dapat menyebabkan nyeri pada saat si penderita melakukan aktivitas.

Kapalan sebenarnya adalah bagian dari reaksi alami tubuh untuk melindungi bagian kulit tertentu. Apabila dijabarkan, kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat adanya tekanan atau gesekan yang berlebihan dibagian kulit yang bersangkutan. Umumnya kulit yang mengalami kapalan akan berubah menjadi berwarna kekuningan atau bahkan lama kelamaan kondisi ini akan membuat kulit menghitam.

Kulit yang mengalami kapalan atau penebalan akan membuat bagian kulit tersebut menjadi kurang sensitif terhadap rangsangan. Kapalan umumnya seringkali menyerang bagian tubuh dibagian tertentu seperti telapak kaki. Hal ini dikarenakan pada saat kita berjalan, kaki adalah bagian yang menopang semua beban tubuh kita.

Pemilihan ukuran dan jenis sepatu umumnya akan sangat berpengaruh terhadap resiko kapalan yang dialami. Salah memilih model atau jenis sepatu akan membuat anda mengalami kapalan dengan lebih mudah, apalagi jika sepatu tersebut digunakan dengan sering.

Akan tetapi bukan hanya bagian telapak kaki saja, bagian tubuh lain yang rentan terkena kapalan adalah bagian telapak tangan. Penebalan kulit yang menyerang bagian tangan umumnya lebih sering dijumpai pada pemain gitar, pemegang raket, pemukul, pekerja kasar, penabuh drum dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan intensitas gesekan dan tekanan pada beberapa orang yang memiliki pekerjaan diatas akan membuat kulit mereka perlahan menebal dan mengeras akibat tubuh melakukan perlindungannya terhadap kulit.

Apa Sajakah Gejala Kapalan?

Kulit manusia umumnya terasa lembut dan cukup elastis, apalagi bila anda menyentuh kulit bayi. Rasa halus dan lembut akan membuat kulit bayi masih begitu rentan terhadap sesuatu yang kasar sebab akan membuat kulitnya mudah terluka. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kulit manusia akan lebih menebal dan menguat. Namun ketebalannya ini masih dalam tahapan yang normal dan wajar.

Akan tetapi bila seseorang seringkali melakukan pekerjaan yang banyak melibatkan fisik seperti tangan dan kakinya saat bekerja. Maka tubuh mereka akan melakukan pertahanannya dengan melindungi kulit yang bersangkutan agar tidak mudah terluka. Salah satunya adalah dengan mengeraskan dan menebalkan kulit tersebut. Itulah mengapa orang yang memiliki pekerjaan kasar akan dengan perlahan kulitnya mulai mengeras dan timbul pigmen yang lebih tua pada kulit telapak tangan atau kakinya.

Sebelum berubah dengan total kondisi kapalan ini umumnya datang dengan ciri atau tanda yang sebagian besar bisa dirasakan oleh si penderitanya. Nah, untuk mengetahui apa saja gejala pada penderita kapalan, mari simak dibawah ini.

  • Kulit berubah menjadi kering atau pecah-pecah.
  • Rasa nyeri atau sakit saat disentuh pada bagian bawah kulit.
  • Ada sebagian kulit yang terasa kasar dan menebal.
  • Timbulnya benjolan yang mengeras pada kulit.

Kapalan jarang sekali menimbulkan rasa nyeri atau kondisi yang memiliki ukuran serta bentuk yang bermacam-macam. Pada penderita kapalan ciri dan tanda dari kapalan umumnya sama sehingga kondisi ini umumnya tidaklah berbahaya. Akan tetapi untuk pasien yang mengidap diabetes atau mengalami sirkulasi darah yang buruk kondisi kapalan ini sebaiknya tidak dianggap remeh atau dipandang sebelah mata.

Konsultsikan kondisi ini dengan dokter sebelum anda memutuskan untuk mengobati sendiri kapalan yang dialami. Untuk pasien dengan riwayat penyakit diatas, cedera kecil yang menyerang bagian lengan atau kaki sekalipun akan dapat menimbulkan infeksi yang dikhawatirkan kondisi ini akan memburuk dan menimbulkan masalah yang lebih besar. Untuk itu, sebaiknya segera konsultasikan kondisi kapalan anda bila kapalan yang dirasakan mulai menimbulkan rasa nyeri atau peradangan yang tidak tertahankan.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons