Gangguan Kulit Mata Ikan, Penyebab, Gejala dan Penanganan

5/5 (1)

Bagi siapa saja yang terkena dengan masalah kulit tentu mereka akan merasa risih dan malu dengan kondisi ini.

Belum lagi, perasaan nyeri dan tidak nyaman yang ditimbulkan dari kondisi ini akan membuat siapa saja terganggu. Kulit yang mulus dan indah yang dimiliki dan harus dirusak dengan timbulnya masalah pada kulit tentu akan membuat siapa saja panik dan cemas dibuatnya.

Penyakit yang timbul pada kulit, umumya lebih sering disebabkan oleh si penderita itu sendiri, baik kurang teliti dalam memperhatikan kebersihannya atau seringkali bagian dari gaya hidupnya sendiri. Untuk itulah sebaiknya jaga dan rawat kebiasaan anda sehari-hari agar masalah tidak muncul dengan mudah dalam tubuh anda.

Beberapa permasalahan yang timbul dalam kulit seringkali membuat si penderitanya merasa malu dan tidak percaya diri. Betapa tidak, stigma dalam masyarakat sudah terlanjur terbentuk dengan menyatakan bahwa mereka yang mengalami masalah dengan kulitnya adalah tanda bahwa mereka tidak mampu menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik.

Meski peryataan ini tidak selamanya dibenarkan karena tidak semua masalah gangguan kulit disebabkan oleh hal tersebut. Akan tetapi, tidak dipungkiri bahwa sebagian besar dari gangguan tersebut lebih banyak disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri, yang mana seperti yang telah kita pahami bahwa kuman dan bakteri lebih senang berkembang biak pada daerah-daerah yang kotor.

Nah, dari sekian banyak masalah kulit yang amat menganggu permasalah mata ikan seringkali membuat si penderita merasa risih, malu dan bahkan terganggu dengan rasa sakit yang ditimbulkannnya. Kemunculannya dibagian telapak kaki atau telapak tangan yang mudah terlihat membuat banyak penderita merasa terganggu dengan kondisi ini. Belum lagi, bagian kedua anggota tubuh tersebut seringkali banyak dilibatkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika bagian ini mengalami masalah, maka dampaknya akan tentu saja mempengaruhi rutinitas yang dijalankan sehari-harinya.

Banyak orang yang menderita mata ikan dibagian tubuhnya akan dibuat kepayahan menahan sakit yang ditimbulkan dari kondisi ini. Dengan demikian, maka tak heran banyak orang akan berupaya melakukan banyak hal guna mengobati mata ikan yang dideritanya agar cepat menghilang.

Bahkan dalam beberapa kasus yang dijumpai ada beberapa orang yang mengeluhkan mata ikan yang mereka alami telah dideritanya selama berbulan-bulan bahkan ada yang sampai bertahun-tahun tak kunjung sembuh. Hanya saja, dari sekian banyak kasus yang dikeluhkan, kondisi mata ikan tersebut baru bereaksi menimbulkan rasa sakit baru-baru ini. Sehingga demikian banyak orang yang mencari-cari cara agar dapat menghilangkan mata ikan yang dirasakannya dengan segera.

Kondisi mata ikan yang tumbuh dibagian tubuh tertentu seperti misalkan dibagian tangan dan menimbulkan perasaan sakit yang tak karuan akan tentu saja mempengaruhi aktivitas si penderita itu sendiri. Akibatnya, bila biasanya ia dapat melakukan pekerjaannya dengan cepat sesuai dengan kebiasaannya, munculnya mata ikan mungkin akan berengaruh terhadap lambatnya produktivitas atau bahkan pada beberapa kasus, sebagian mengeluhkan tidak dapat menjalankan pekerjaannya sama sekali.

Nah, melihat dampaknya yang cukup mengganggu, maka penting sekali untuk anda bisa mengetahui bagaimana penanganan terhadap gangguan kulit yang satu ini. Akan tetapi sebelum membahas lebih lanjut tentang tata cara menghilangkan mata ikan yang menganggu pada kulit, mari kita samakan terlebih dahulu persepsi kita mengenai penyakit mata ikan ini, karena mungkin ada yang sudah tahu benar, namun mungkin ada sebagian yang maih belum paham betul apa itu penyakit mata ikan.

mata ikan gejala penyebab penanganan

Apa Itu Penyakit Mata Ikan?

Dalam bahasa kedokteran, penyakit mata ikan disebut dengan clavus, yakni sebuah gangguan penyakit kulit yang penyebabnya dipicu akibat adanya virus Human Papilomavirus (HPV), yang mana biasanya kondisi ini lebih banyak menyerang bagian permukaan kulit pada tumit, jari-jari kaki, telapak tangan dan kaki.

Ada dua jenis HPV yang dapat memicu timbulnya mata ikan pada kulit manusia yakni HPV-1 yang menyerang bagian kaki dan HPV-2 yang menyerang bagian tangan.

Meskipun penyebabnya dipicu sebab adanya virus, akan tetapi mata ikan sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung atau kanker. Akan tetapi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit ini dapat menimbulkan perasaan yang menganggu dan sekaligus kondisi ini akan mengurangi estetika keindahan kulit sebab manisfestasi daripada penyakit ini ialah adanya penabalan dan pengerasan dibagian kulit yang diserangnya. Selain itu, tak jarang kondisi ini pun dapat menimbulkan perasaan yang menganggu dan menyebabkan penderitanya menjadi tidak nyaman dengan kondisi mata ikan tersebut.

Selain oleh adanya virus yang masuk, kondisi mata ikan pun bisa dipicu akibat adanya gesekan atau tekanan yang terjadi secara terus menerus dan berulang yang menimpa bagian kulit tertentu dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan  terjadinya iritasi yang kemudian semakin memudahkan untuk virus menyerang bagian tersebut.

Komplikasi Mata Ikan

Meski dikatakan sebagai penyakit yang tidak terlalu berbahaya, akan tetapi mata ikan tetap harus mendapatkan perhatian yang cukup dan harus segera diobati sebab kondisi ini akan dapat menimbulkan borok yang kemudian menjadi infeksi.

Apalagi untuk seseorang yang memiliki berat badan yang berlebihan serta seringkali mengenakan pakaian atau alas kaki yang sempit. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan tekanan terus menerus terjadi dibagian ini. Dengan beginilah mata ikan tak bisa dihindari yang akhirnya tumbuh dibagian tersebut.

Bila kondisi ini terjadi maka hal ini sama artinya dengan meningkatkan keburukan penyakit yang akan semakin bertambah parah dan semakin cepat terjadi infeksi dibagian tersebut.

Selain itu pada penderita kencing manis atau diabetes, penyakit mata ikan akan dapat muncul karena disebabkan oleh kelainan pembuluh darah. Bukan hanya itu, kondisi ini akan dapat menimbulkan komplikasi untuk para penderita diabetes dengan kemungkinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita diabetes.

Bahkan, mata ikan yang sekalipun hanya berbentuk luka borok yang kecil, kondisi ini akan bisa berbahaya untuk mereka para penderita diabetes bila kondisi ini tidak segera diobati. Untuk pengobatan mata ikan, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengobati kondisi ini dengan sembarang atau dilakukan dengan seorang diri dirumah. Konsultasikan kondisi ini dengan dokter agar penanganan yang lebih tepat dan leih aman bisa segera dilakukan.

Penyakit Mata Ikan di Kaki

Penyebab kondisi mata ikan yang tumbuh dibagian kaki adalah adanya virus jenis HPV-1. Umumnya, kondisi mata ikan yang satu ini ialah jenis mata ikan yang keras, bentuknya kecil, keras dan cukup menyakitkan.

Kondisi ini selain dapat menganggu si penderita pada saat beraktivitas, mata ikan yang tumbuh dibagian kaki juga akan menimbulkan perasaan kurang percaya diri ketika ingin mengenakan alas kaki yang terbuka, sehingga demikian tak heran bila kebanyakan penderita mata ikan jenis ini akan lebih sering menutup bagian kakinya dengan terpaksa. Padahal disisi lain kondisi ini malah akan memperparah kondisi mata ikan yang dialami.

Mata ikan pada kaki yang tumbuh bisa pula disebabkan oleh adanya tekanan atau gesekan yang terjadi secara terus menerus terutama datang dari alas kaki yang sempit atau terlalu kecil. Terutama untuk orang-orang dengan berat tubuh yang besar, adanya berat badan yang berlebih, akan secara otomatis membuat tekanan pada kaki menjadi lebih besar. Sehingga demikian, orang-orang gemuk yang mengenakan sepatu hak tinggi akan semakin beresiko meningkatkan potensi mata ikan.

Penyakit Mata Ikan di Tangan

Mata ikan yang tumbuh dibagian tangan umumnya disebabkan oleh virus HPV-2. Tidak jauh berbeda dengan mata ikan yang tumbuh dibagian kaki, penyakit mata ikan yang tumbuh dibagian ini juga dapat mengganggu, sebab dapat menimbulkan rasa nyeri dan membuat si penderita terbatasi sewaktu melakukan aktivitasnya, terutama bila mata ikan yang dirasakan telah berubah menjadi borok atau infeksi. Oleh karena itu, penyakit yang satu ini haruslah segera mendapatkan pertolongan, baik itu dengan perawatan dirumah atau dengan bantuan tim medis.

Gejala Mata Ikan

Pada penderita mata ikan, umumnya gejala yang akan dirasakan pada tahapan awal adalah berupa gatal-gatal yang timbul dibagian kulit yang kemudian akan muncul benjolan seperti bentol-bentol bekas gigitan nyamuk, akan tetapi benjolan ini tidak memunculkan warna merah, namun berisi air seperti pada penderita luka bakar. Lama-kelamaan kondisi benjolan yang timbul pada bagian kulit tersebut akan mengeras dan apabila ditekan kondisi ini akan menimbulkan rasa nyeri yang cukup besar dan berdenyut.

Kondisi diatas pulalah yang menjadi alasan bagaimana seorang penderita akan merasa kepayahan menahan rasa sakit mata ikan yang dirasakan. Akibatnya mereka akan cenderung memilih untuk menghentikan pekerjaan atau rutinitasnya sementara sampai mata ikan yang dirasakan bisa sembuh dan dihilangkan.

Akan tetapi secara khusus, gejala penyakit mata ikan dapat dibedakan berdasarkan dengan penyakitnya, yakni mata ikan yang lunak dan mata ikan yang keras. Nah, untuk mengetahui klasifikasi dari gejala dua mata ikan tersebut, mari kita simak langsung penjelasannya dibawah ini.

Mata Ikan Lunak

Untuk penyakit mata ikan jenis ini, ada beberapa kriteria dan ciri yang menjadi tanda pembeda antara satu mata ikan dan mata ikan lainnya. Sementara itu, pada jenis mata ikan yang lunak tekstur dari permukaan mata ikan terlihat lembek dan lunak pada saat anda menyentuh bagian atasnya.

Selain itu, mata ikan jenis ini biasanya berwarna putih dan dapat menimbulkan rasa sakit apabila disentuh atau ditekan. Umumnya kondisi ini lebih banyak disebabkan oleh keadaan kulit yang seringkali lembab atau terlalu basah. Jenis penyakit mata ikan lunak ini akan lebih sering dijumpai pada bagian jari kaki atau dibagian sela-selanya.

Mata Ikan Keras

Untuk jenis yang satu ini, mata ikan yang muncul memiliki tekstur yang keras dan bentuknya seperti kacang polong yakni bulat dan kecil. Jenis mata ikan yang satu ini disebut-sebut menjadi jenis mata ikan yang seringkali muncul.

Mata ikan jenis ini memiliki ciri-ciri keras juga dapat menyebabkan rasa nyeri karena dapat terjadi pembengkakan serta akan terasa seperti sesuatu yang mengganjal akibat kekerasannya yang sering tumbuh dibagian kaki. Selain itu, jenis mata ikan yang satu ini sering juga dapat menyebabkan terjadinya kekeringan dan kulit yang bersisik dibagian sekitaran tempat tumbuhnya.

Cara Mengobati Mata Ikan

Pengobatan mata ikan sebenarnya cukup beragam, mulai dari melakukan perawatan dirumah dengan melakukan pengobatan yang sederhana, penggunaan obat-obatan mata ikan yang banyak dijual di apotek sampai dengan pertolongan medis yang bisa dilakukan oleh dokter. Nah, untuk mengetahui bagaimana pengobatan terhadap mata ikan yang menganggu, mari simak dibawah ini.

Pengobatan Mata Ikan di Rumah

Sebelum pergi ke dokter, cara mengobati penyakit mata ikan adalah dengan mengurangi penyebabnya. Misalnya apabila anda sering menggunakan sepatu yang sempit, maka tinggalan sementara waktu kebiasaan tersebut. Mata ikan merupakan penebalan kulit, maka cara penanganan terhadap kondisi ini yang pertama kali adalah tentu saja dengan mengurangi penebalan kulit tersebut. Kemudian cara pengobatan yang sederhana yang dapat dilakukan diantaranya adalah:

  • Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan merendam kaki pada air hangat yang sebelumnya telah diberikan dengan campuran sabun mandi. Diamkan kaki selama kurang lebih 15 menit
  • Selanjutnya, angkat kaki dari rendaman dan bilas dengan menggunakan air bersih. Lalu keringkan dengan handuk yang lembut
  • Sebelum kaki benar-benar kering, oleskan salep yang mengandung salisilat 40% yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati.
  • Setelah itu gosok kulit yang menebal dengan batu apung atau menggunakan sabun khusus untuk kulit.
  • Jangan mengikis kulit yang menebal secara langsung, namun bertahap sedikit demi sedikit.
  • Cara lain untuk menghilangkan mata ikan adalah dengan injeksi steroid.

Pengobatan Mata Ikan dengan Obat

Saat ini sudah ada banyak obat-obatan mata ikan yang dijual bebas di apotek. Ragam dari jenis obatnya pun cukup bervariasi seperti salah satunya adalah obat yang cair. Obat jenis ini bersifat kertolitik yaki akan mengikis secara perlahan bagian kulit yang menebal dibagian kulit yang terserang mata ikan.

Akan tetapi cara ini tergolong lambat dalam menghilangkan mata ikan, bahka jika salah dalam menggunkannya akan merusak kulit yang sehat. Sangat tidak cocok untuk mata ikan yang besar.

Pengobatan Mata Ikan dengan Tindakan Medis

Tindakan medis sebagai solusi paling akhir untuk mengatasi mata ikan yang dirasakan adalah dengan melakukan tindakan bedah atau operasi.

Operasi mata ikan adalah cara yang paling cepat dan paling ampuh untuk mengatasi mata ikan yang dialami oleh si penderita. Tindakan ini dilakukan dengan mengeluarkan inti mata ikan atau eksis total. Hanya saja, banyak yang takut menjalani tindakan bedah ini. Padahal operasi ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan. Ketakutan yang ada dalam benak penderita yang enggan melakukan hal ini datang karena mereka belum mengalaminya.

Padahal sama dengan tindakan bedah lainnya, metode ini dilakukan dengan memberikan bius lokal pada si pasien. Adapun rasa sakit akan mungkin dirasakan pada saat obat bius mulai mneghilang, namun kondisi ini pun dapat diringankan dengan pemberian resep obat-obatan yang diberikan.

Selain itu, rasanya akan lebih baik merasaakan sakit sebentar saja dan masalah bisa dituntaskan, daripada merasakan sakit yang terus menerus sebagai dampak dari mata ikan yang tak kunjung sembuh.

Untuk metode pembedahan ada dua metode utama yang dapat dilakukan yakni diantaranya adalah:

  • Operasi Bedah Minor dengan Pisau
  • Operasi dengan Kauterisasi.

Demikianlah beberapa metode yang dapat dilakukan sebagai tindakan pengobatan untuk menangani masalah mata ikan yang dirasakan. Bila tidak segera diatasi, kondisi ini akan mungkin menyebabkan perasaan sakit yang terus menerus dan berlangsung lama. Semoga penjelasan diatas memberikan cukup informasi untuk anda bisa mengatasi mata ikan yang dirasakan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply