data-ad-format="auto"

5 Kiat Mencegah Bisul Agar Tak Meradang dan Timbulkan Sakit Berlebihan

Kulit yang mulus, halus dan indah tentu menjadi dambaan untuk setiap orang.

Betapa tidak, lewat kulit yang mulus saat ini orang akan dengan mudah memberikan anda predikat cantik dan menawan. Itulah mengapa, tak heran bila banyak orang akan melakukan banyak hal guna mendapatkan kulit tubuh yang telah diimpikan. Mulai dari melakukan perawatan sederhana yang bisa dijalankan dirumah sampai dengan pergi ke dokter kulit dan menjalankan perawatan mahal dengan berbagai prosedur.

Namun apa jadinya bila kulit cantik dan mulus anda tiba-tiba diserang dengan masalah kulit yang akan sangat mengganggu, seperti halnya bisul. Indah dan mulusnya kulit yang anda miliki tentu akan terganggu dengan timbulnya benjolan yang cukup menjijikan tumbuh dibagian tersebut. Bila sudah begini anda tentu akan panik dan dibuat khawatir bila nantinya bekas luka akan bersarang dibagian tersebut dan membuatnya tak lagi semulus dulu.

Bukan hanya itu, bisul yang muncul dibagian kulit tentu akan membuat si penderitanya merasa kepayahan menahan rasa sakit yang ditimbulkan dari kondisi ini. Benjolan merah yang berisi nanah serta perasaan sakit berdenyut yang tak tertahankan pada penderia bisul akan membuat mereka tak nyaman dengan kondisi seperti ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Belum lagi pada saat bisul menyerang dibagian yang tak terduga, seperti misalkan dibagian ketiak. Kondisi ini akan membuat mereka mungkin kesulitan untuk dapat menjalankan aktivitas dan rutinitasnya seperti biasanya. Alhasil, semua hal yang telah direncanakan akan menjadi berantakan dan menhancurkan hari-hari anda untuk beberapa waktu ke depan.

Nah, untuk itu maka mungkin penyakit kulit yang satu ini harus segera anda atasi dengan berbagai cara. Agar demikian anda bisa kembali menjalankan aktivitas anda dan benjolan menjijikan yang menganggu tersebut akan dapat segera menghilang dari kulit mulus anda.

Cara penanganan bisul, sebenarnya tidak terlalu sulit dengan harus mendatangi dokter kulit untuk mengatasi kondisi yang anda alami saat ini. Sebab pada dasarnya penyakit bisul akan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus mendapatkan pertolongan dari dokter.

Akan tetapi masalahnya adalah setiap orang mungkin akan beresiko terserang dengan penyakit ini apabila mereka kurang jeli dalam memperhatikan kebersihan tubuhnya. Untuk itu, langkah pencegahan akan menjadi hal penting sebelum bisul menjangkiti anda lebih cepat.

Akan tetapi sebelum mengetahui bagaimana pencegahan terhadap bisul agar tidak meradang dan menimbulkan perasaan sakit yang berlebihan. Terlebih dahulu sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih itu bisul?


Penyakit Bisul

Bisul merupakan suatu gangguan penyakit kulit yang amat menjengkelkan. Penyakit ini timbul dengan adanya benjolan merah dibagian permukaan kulit yang kemerahan dan berisi dengan cairan juga nanah.

Ketika seseorang terserang dengan penyakti bisul, maka gejala yang akan mungkin dirasakan adalah perasaan nyeri yang berdenyut, peradangan dibagian benjolan yang apabila disentuh akan terasa hangat. Benjolan yang muncul umumnya akan membesar seiring dengan berjalannya waktu dan pada gilirannya bisul akan pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan nanah. Akan tetapi ada pula beberapa bisul yang tidak bisa pecah dan menjadi infeksi dibagian dalam.

Adapun penyebab bisul yang paling umum adalah adanya infeksi akibat bakteri yang masuk kedalam folikel rambut lewat pori-pori kulit. Bakteri yang menginfeksi bagian tersebut adalah jenis bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi pada awalnya akan menyerang bagain akar rambut dibagian bawah kulit. Kemudian akan naik hinga menubuhkan bintik kecil dibagian kulit.

Serangan dari penyakit kulit yang satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa. Bahkan pada beberapa survei menunjukan bahwa penderita bisul lebih banyak menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk itulah, sangat penting untuk kita mengetahui bagaimana pencegahan terhadap penyakit bisul. Simak dibawah ini.

kiat mencegah bisul agar tidak meradang

1. Jangan Stres

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi bisul yang dirasakan agar tidak memburuk adalah menjaga tubuh dan pikiran anda agar tidak stres. Stres umumnya akan menyebabkan gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Yang mana dampak awal dari kondisi perubahan hormon adalah timbulnya jerawat yang kemudian akan mungkin berubah menjadi bisul.

Gangguan pikiran yang berat ini pun akan dapat menimbulkan aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Untuk itu, sebaiknya hindari stres dari tubuh anda dengan menghindari beberapa penyebab stres.

Stres biasanya timbul ketika tekanan pada tubuh dan pikiran anda terlalu besar. Untuk itu cobalah menjadi lebih rileks dengan mengalihkan perhatian anda pada sesuatu yang dapat menenangkan anda seperti mendengarkan musik, bersantai dan lain sebagainya.

2. Mengelola Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat memicu penyebab bisul muncul. Alergi akan dapat menimbulkan bisul karena sistem kerja sel darah putih justru dapat merusak keseimbangan alirah darah dalam tubuh. Salah satu cara mencegah bisul timbul dalam kulit adalah dengan mengelola alergi anda.

Bila anda seringkali mengalami alergi yang dapat menyebabkan bisul, maka hindari produk atau berbagai hal yang akan dapat memicu alergi. Beberapa produk yang bisa memicu alergi diantaranya adalah susu, ikan telur dan jenis makanan lainnya.


3. Cukupi Kebutuhan Mineral Dalam Tubuh

Bisul juga rupanya dapat dicegah dengan mengkonsumsi cukup air mineral. Air merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia akan membutuhkan air untuk dapat menyeimbahkan cairan dalam darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga sistem metabolisme dan juga menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, fungsi cukup air dalam tubuh akan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui ginjal yang kemudian akan disalurkan melalui ureter. Racun yang keluar dari dalam tubuh akan mengurangi kemungkinan bisa muncul bisul.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bisul juga rupanya bisa dilawan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Untuk dapat melakukan hal ini ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. D

imana kandungan tersebut bisa anda dapatkan dari buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan bahan antioksidan yang membuat tubuh mampu meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan baik. Bukan hanya itu, kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan melakukan olahraga atau semacam latihan yang ringan.

5. Kurangi Produk Garam

Untuk anda yang seringkali mengalami bisul yang datang kembali, akan sebaiknya kurangi makanan dengan kandungan garam yang tinggi dan berasa asin. Produk dengan kandungan garam akan dapat meningkatkan resiko bisul yang parah terutama untuk penderita yang mengalami gangguan tiroid. Gangguan ini amat berat karena kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi dengan baik.

Setelah itu, kondisi ini akan dapat menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Untuk itu, maka sebaiknya hindari konsumsi produk garam dengan berlebihan. Selain bisul, mengkonsumsi produk garam yang berlebihan akan dapat meningkatkan terhadap jenis penyakit lain seperti darah tinggi dan stroke.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya bisul yang meradang dan menimbulkan perasaan sakit yang berlebihan. Semoga kiat diatas akan bermanfata untuk anda dan kita semua. 

Loading...

Follow us