Apa Itu Kapalan, Penyebab, Gejala dan Penanganannya

 

Lantas Apakah Penyebab Kapalan?

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa salah satu faktor yang memicu timbulnya kapalan adalah diakibatkan oleh adanya tekanan atau gesekan secara berkala dibagian kulit tertentu pada bagian tubuh. Akan tetapi selain beberapa hal diatas, rupanya beberapa pemicu ini mampu meningkatkan resiko terhadap timbulnya kapalan.

Kapalan dapat muncul ketika berat badan menekan secara berlebihan salah satu area dibagian kulit. Kulit yang mengalami tekanan secara berlebihan akan mengalami penebalan. Hal ini dilakukan tubuh untuk melindungi jaringan yang ada dibagian bawahnya. Kondisi ini umumnya akan dapat terjadi dibagian telapak kaki maupun bagian telapak tangan. Reaksi alami tubuh ini akan membuat kapalan muncul pada seseorang.

Dengan demikianlah, semua aktivitas yang menyebabkan tekanan secara berulang dibagian kulit tertentu akan dapat menyebabkan kapalan muncul. Akan tetapi pada beberpa kasus, kapalan juga bisa muncul dibagian tertentu yang dipengaruhi oleh tipe atau jenis kulit seseorang. Orang-orang dengan usia yang lanjut memiliki kemungkinan meningkatkan resiko kapalan, karena jaringan lemak pada bagian kulit mereka sudah perlahan berkurang. Kapalan juga dapat menjadi tanda adanya kelainan tulang.

Beberapa penyebab atau pemicu munculnya kapalan diantara lainnya adalah:

Seringkali Menggunakan Alat Musik Atau Menggunakan Peralatan Tangan

Bermain dengan alat music yang melibatkan tangan, menjalankan beberapa peralatan tangan, atau bahkan menulis dalam waktu yang lama dan terus-menerus akan dapat menyebabkan kapalan mudah muncul. Untuk itu, tidak heran bila pada beberapa orang dengan profesi atau pekerjaan diatas, maka kapalan akan mudah muncul terutama dibagian telapak tangan atau jari-jarinya.

Menggenakan Sepatu yang Tidak Nyaman

Sepatu yang terlau sempit atau sepatu dengan hak yang tinggi dapat menyebabkan tekanan yang cukup besar pada bagian kaki. Demikianpun, ketika memakai sepatu yang terlalu longgar, kaki akan cenderung sering bergesekan dengan jahitan yang ada didalam sepatu.

Untuk itulah, pada kondisi ini kapalan akan mungkin lebih sering terjadi. Bukan hanya itu, untuk seseorang yang mengenakan tidak kaus kaki, kapalan umumya akan lebih sering muncul dibagian tumit kakinya, dimana dibagian tersebut akan muncul pigmen warna kulit yang gelap seiring dengan penebalan kulit yang mulai mengeras.

Tidak Mengenakan Kaus Kaki

Penggunaan kaus kaki akan melindungi bagian kaki dari gesekan yang berlebihan. Tanpa dengan menggunakan kaus kaki, gesekan akan langsung terjadi pada bagian kulit kaki anda. Akan tetapi kaus kaki yang ukurannya tidak sesuai pun akan mungkin menyebabkan kapalan muncul.

Tidak Mengenakan Sarung Tangan

Sama halnya dengan penggunaan kaus kaki, sarung tangan juga mampu melindungi bagian kulit agar terhindari dari gesekan secara langsung yang membuat bagian tersebut mengalami kapalan. Terutama bila anda bekerja dengan menggunakan alat kerja yang terlalu lama tanpa mengenakan sarung tangan. Kondisi ini tentu akan membuat kulit tangan bergesekan dengan alat yang anda gunakan. Semakin lama durasinya, maka akan semakin besar resiko kulit tangan terkena dengan kapalan.

Jari Kaki Palu

Kondisi ini adalah kondisi cacat dimana sendi jari kaki membengkok ke bagian bawah seperti halnya cakar. Kondisi ini akan dapat menyebabkan kapalan timbul pada bagian buku jari yang bergesekan.

Bunion

Kondisi ini adalah kondisi yang terjadi sebab adanya benjolan pada bagian sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang. Bunion juga dapat memicu kulit kaki membentuk kapalan.

Nah, beberapa hal diatas adalah beberapa penyebab yang mampu memicu timbulnya kapalan pada bagian kaki. Akan tetapi bila anda tidak merasa yakin akan apa penyebab kapalan yang menyerang anda, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter ahli kulit agar penyebabnya segera diketahui dengan demikian penanganan yang tepat akan bisa dilakukan dengan segera.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons