Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat – Tiga bulan pertama kehamilan bisa menjadi masa-masa yang cukup berat bagi ibu hamil. Akan ada banyak perubahan yang dialami oleh ibu hamil. Berbagai keluhan yang dialami oleh ibu hamil disebabkan karena perubahan hormon yang dialami selama masa kehamilan.

Nah, sangat penting untuk menjaga kehamilan anda agar tetap sehat. Berikut ini tips menjalankan trimester pertama kehamilan dengan sehat dan nyaman.

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Beberapa hal ini harus anda lakukan sebagai upaya menjaga kehamilan trimester pertama agar tetap sehat.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil sangat penting untuk dilakukan. Asupan nutrisi yang cukup tentunya berpengaruh untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Di trimester pertama kehamilan ibu hamil membutuhkan asupan kalori sebanyak kurang lebih 2.200 kalori dalam setiap harinya.

  • Selain itu, penting bagi ibu hamil untuk makan tepat waktu dan teratur.
  • Asupan nutrisi sehat yang harus anda penuhi setiap harinya yaitu kalori, protein dan zat besi dengan takaran yang cukup.

Hindari Makanan Mentah

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Selama hamil anda harus bisa memilah dan memilih makanan dengan baik. Hindari mengonsumsi makanan mentah. Makanan yang anda konsumsi pastikan sudah benar-benar matang agar terhindar dari infeksi bakteri yang dapat membahayakan kehamilan. Daging mentah atau setengah matang bisa saja mengandung parasit toksoplasma atau bakteri salmonella yang bisa menyebabkan keguguran dan menyebabkan kerusakan otak si kecil dalam kandungan.

  • Saat hamil sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan mentah seperti sashimi, sushi dan steak.
  • Selain itu, sebaiknya anda juga menghindari konsumsi beberapa makanan seperti ikan yang mengandung merkuri tinggi, hati dan produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi.

Mencukupi Waktu Istirahat

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Mencukupi waktu istirahat juga sangat penting dilakukan saat masa kehamilan, terutama saat usia kehamilan trimester pertama. Saat trimester pertama energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tidak sedikit. Sehingga tak heran jika di usia kehamilan trimester pertama ibu hamil lebih mudah mengantuk walaupun sudah mencukupi waktu tidurnya.

  • Nah, saat malam hari pastikan anda tidak begadang dan tidur lebih cepat.
  • Kemudian saat siang harinya anda bisa menyempatkan waktu untuk tidur sebentar.
  • Di tengah-tengah aktivitas yang dijalankan jangan lupa untuk beristirahat sejenak.

Hindari Melakukan Kontak dengan Kucing

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Sebenarnya tidak semua kucing dapat menimbulkan efek negatif untuk kehamilan. Hanya saja, secara umum kucing bisa jadi faktor risiko penyakit yang bisa berdampak bagi kesehatan ibu hamil trimester pertama. Toksoplasma dapat menempel pada kotoran kucing.

  • Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari kontak langsung dengan kucing.
  • Jika anda memiliki peliharaan kucing di rumah, sebaiknya mintalah bantuan orang rumah untuk merawatnya atau membersihkan kotorannya selama anda hamil.

Melakukan Aktivitas Fisik dengan Rutin

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Meskipun sedang hamil namun sebaiknya anda tetap aktif bergerak sesuai dengan kemampuan, namun jangan memaksakan. Dengan melakukan aktifitas fisik intensitas ringan dapat mengurangi rasa lelah yang anda rasakan ketika hamil.

  • Anda bisa mencoba berjalan kaki setiap hari selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Lakukan aktivitas ini apabila kondisi anda memang mendukung.
  • Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan untuk mengetahui aktivitas fisik apa yang boleh dilakukan selama hamil, karena kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Hindari Rokok dan Alkohol

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Rokok dan alkohol sebaiknya anda hindari selama hamil. Meskipun anda mungkin tidak merokok, namun bukan berarti anda benar-benar bebas dari asap rokok. Menjadi perokok pasif akan berbahaya untuk janin yang dikandung. Selain itu, alkohol juga dapat membahayakan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

  • Oleh karena itu, anda harus menghindari rokok dan alkohol. Untuk mengurangi terpapar asap rokok, anda bisa menggunakan masker saat berada di luar rumah.
  • Jika ada anggota keluarga yang merokok, anda bisa menjauh atau meminta mereka untuk merokok di luar rumah.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Ketika sedang hamil kebutuhan cairan akan meningkat hingga 2 sampai 3 kali lipat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan. Memenuhi kebutuhan cairan juga akan membuat tubuh tetap terhidrasi.

  • Anda harus minum dengan rutin sesuai dengan jumlah yang disarankan.
  • Jika anda merasa mual atau pahit minum air putih selama hamil, terutama saat usia kehamilan trimester pertama, maka sebagai alternatif anda bisa minum infused water dari buah-buahan segar.

Kendalikan Kondisi Emosional

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Dimasa kehamilan ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang membuat lebih emosional. Hal ini akan membuat suasana hati jadi tidak stabil. Terkadang merasa senang, namun tiba-tiba merasa sedih atau gelisah. Bahkan ketika sedang hamil muda, terkadang ibu merasa cemas akan kondisi buah hatinya. Namun, pastikan hal-hal tersebut tidak menyebabkan ibu hamil stres.

  • Anda harus menikmati setiap proses kehamilan dengan bahagia.
  • Meminta dukungan dari keluarga dan pasangan akan membuat anda lebih tenang dan percaya diri.
  • Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter atau psikolog jika perubahan suasana hati menjadi intensif.

Batasi Waktu Bekerja

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Jika anda bekerja, maka aktivitas yang anda lakukan bisa membuat kondisi semakin parah yang membuat tubuh menjadi mudah lelah. Anda sebaiknya mengurangi mobilitas ketika berada di tempat kerja.

  • Hindari juga bekerja terlalu berat hingga lupa waktu.
  • Cobalah untuk meminta bantuan teman kerja atau anda bisa membuat jadwal baru. Sehingga anda akan memiliki cukup banyak waktu beristirahat.

Mengonsumsi Vitamin dengan Teratur

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Saat usia kehamilan trimester pertama, anda akan diberikan vitamin dan suplemen seperti kalsium, zat besi dan asam folat. Konsumsi vitamin dan suplemen ini sangat penting dilakukan dengan teratur guna memastikan kehamilan sehat dan janin tumbuh baik.

  • Anda harus rutin dan teratur meminum vitamin yang dokter berikan.
  • Selain itu, anda dapat mengkonsultasikan tiap vitamin atau suplemen yang dikonsumsi.

Rutin Periksa Kandungan

Tips Menjalankan Trimester 1 Kehamilan dengan Sehat

Selama hamil sangat penting untuk rutin kontrol kehamilan pada dokter kandungan atau bidan. Anda harus terus memantau kondisi kesehatan bayi dalam kandungan. Perkembangan fisik, berat badan bisa dipantau berdasarkan usia kandungan.

Anda bisa berkonsultasi mengenai semua hal tentang kehamilan, baik keluhan-keluhan yang dialami hingga konsumsi makanan yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Kehamilan muda merupakan waktu dimana kehamilan perlu mendapatkan perhatian khusus. Menjaga kesehatan kehamilan sangat penting dilakukan karena berpengaruh untuk pertumbuhan bayi dan keadaan fisik anda. Nah, beberapa langkah di atas harus anda perhatikan agar tetap sehat selama kehamilan. Jangan lupa untuk rutin periksa kehamilan anda pada dokter ataupun bidan.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons