13 Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan – Saat sedang hamil, menjaga kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kehamilan tetap sehat hingga melahirkan nanti.

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Kesehatan anak didapatkan sejak si kecil dalam kandungan. Agar janin selalu sehat, anda dapat memperhatikan beberapa hal ini.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Ketika sedang hamil sangat penting untuk memperhatikan asupan pola makan untuk menunjang pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Anda harus mulai menghindari makanan yang tidak sehat.

Pilihlah makanan yang mengandung vitamin, nutrisi dan mineral. Jika mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, maka anda dan si kecil dalam kandungan akan senantiasa sehat dan lahir dengan sehat.

Mengonsumsi Makanan Matang

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi ketika hamil harus dilakukan. Hindari mengonsumsi makanan mentah atau makanan setengah matang. Anda dianjurkan mengonsumsi makanan matang.

  • Hindari ikan atau daging mentah selama anda hamil sebab dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dan infeksi bakteri.
  • Ketika memasak pastikan masakan diolah dengan tepat dan benar-benar matang.

Hindari Asap Rokok

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Jika anda seorang perokok aktif, maka saat hamil anda harus berhenti melakukan kebiasaan ini. Pasalnya hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan anda dan bayi yang dikandung. Selain itu, jika anda perokok pasif anda harus mencoba menghindari asap rokok. Asap rokok akan dapat membuat kehamilan berisiko.

  • Sebaiknya anda meminta suami menjauh ketika ia akan merokok sehingga anda dan si kecil dalam kandungan aman dari asap rokok.
  • Ketika berada di tempat umum, anda juga sebaiknya menghindari asap rokok. Anda bisa menggunakan masker saat berada di tempat umum.

Mengonsumsi Asam Folat

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Asam folat diperlukan untuk pembentukan sel-sel, serta sistem saraf janin dalam kandungan. Apabila kebutuhan asam folat tidak bisa terpenuhi, maka cacat bawaan pada janin risikonya akan lebih besar.

  • Anda bisa mendapatkan asam folat dari suplemen yang diresepkan dokter atau bidan anda.
  • Selain itu, asam folat juga dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pisang, jeruk dan alpukat, serta sayuran hijau.

Memperhatikan Asupan Zat Besi

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Zat besi yang diperlukan selama hamil meningkat untuk pembentukan plasenta dan sel darah merah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Jika kekurangan zat besi maka akan meningkatkan risiko perdarahan saat melahirkan dan menyebabkan berat badan bayi lahir rendah.

  • Kebutuhan zat besi bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan daging.
  • Selain mendapatkannya dari asupan makanan, zat besi juga bisa anda dapatkan dari suplemen zat besi yang diresepkan dokter.

Meningkatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Asupan kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang, gigi, saraf, hati dan otot janin. Sedangkan vitamin D diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Oleh karena itu, selama hamil pastikan vitamin D dan kalsium kebutuhannya tercukupi.

Melakukan Pemeriksaan dengan Rutin

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk rutin melakukan konsultasi pada dokter. Ini dilakukan supaya dokter bisa membantu anda mempersiapkan apa yang harus dilakukan saat masa kehamilan, serta menjelang persalinan. Selain itu, juga dapat mengantisipasi kemungkinan yang bisa terjadi dimasa kehamilan.

  • Anda harus rutin untuk melakukan konsultasi pada dokter.
  • Anda bisa berkonsultasi mengenai hal-hal tentang kehamilan.

Olahraga dengan Teratur

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Olahraga selama masa kehamilan memiliki banyak manfaat seperti membangun daya tahan tubuh dan kekuatan, membantu meringankan nyeri saat hamil, mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah dan lain sebagainya.

  • Anda harus memilih jenis olahraga yang tentunya aman untuk ibu hamil. Beberapa jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil seperti renang, jalan cepat, pilates, yoga dan senam kegel.
  • Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan anda. Jangan memaksakan diri atau menyebabkan tubuh kelelahan.
  • Hindari jenis olahraga yang berisiko untuk ibu hamil.
  • Alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga karena setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Mencukupi Waktu Istirahat

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Pada beberapa bulan pertama kehamilan, anda akan mengalami rasa lelah yang disebabkan karena kadar hormon kehamilan tinggi dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi aktivitas.

  • Jika saat malam hari anda mengalami sulit tidur, maka saat siang harinya anda bisa meluangkan waktu untuk tidur sebentar saja atau sekedar beristirahat selama 30 menit.
  • Apabila anda mengalami keluhan sakit punggung yang menyebabkan sulit tidur, anda bisa tidur dengan posisi miring kiri dan lutut ditekuk. Selain itu, untuk membantu meringankan punggung tegang selama kehamilan anda juga bisa  meletakan bantal di bawah perut.
  • Anda juga dapat melakukan teknik relaksasi yang aman dilakukan selama masa kehamilan seperti latihan pernapasan, peregangan, pijat ibu hamil atau yoga. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan kegiatan ini.

Minum Air Putih yang Cukup

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air putih. Air putih  bermanfaat untuk mencegah dehidrasi serta memperlancar sistem pencernaan. Tidak hanya itu, namun juga akan melancarkan aliran darah ibu ke janin melalui plasenta.

Cukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih. Hindari minum minuman yang tidak sehat.

Hindari Stres

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Agar janin tetap sehat, maka ibu harus selalu merasa bahagia. Sangat penting untuk menghindari stres karena akan dapat mempengaruhi kesehatan, dan juga dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.

  • Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik. Jika anda sedang kesal atau sedih, anda bisa menceritakannya pada suami atau keluarga. Jika anda memendam perasaan terlalu lama maka risiko depresi akan meningkat.
  • Tidak hanya itu, anda juga dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan dan hal-hal yang disukai untuk membantu meringankan stres seperti membaca buku, menonton film dan lain sebagainya.

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Tips lainnya supaya janin sehat yaitu ibu hamil harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.  Ketika anda sedang mengandung, maka perubahan hormon akan terjadi yang dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Dimana jika tidak ditangani akan dapat membuat perkembangan si kecil terganggu.

  • Oleh karena itu, anda harus rutin menjaga kebersihan dan kesehatan gigi denganmenggosok gigi setidaknya sebanyak dua kali sehari.
  • Setelah  menyikat gigi, anda bisa membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss  atau bisa berkumur dengan obat kumur yang aman bagi ibu hamil.

Perhatikan Produk Kecantikan yang Dipakai

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Ketika sedang hamil, anda tidak boleh menggunakan produk kecantikan dengan sembarangan. Anda harus memperhatikan kandungan yang ada pada produk yang digunakan. Tidak semua produk kecantikan aman dipakai saat hamil.

Anda harus menghindari produk dengan kandungan asam salisilat, retinoid, hidrokuinon, merkuri, phthlates dan formaldehida.

Menjaga kehamilan penting dilakukan agar kehamilan tetap sehat. Nah, agar janin dalam kandungan tetap sehat, maka anda juga perlu menjaga kesehatan.  Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter tentang kehamilan anda. Anda juga harus melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin. Itulah beberapa tips agar janin sehat dalam kandungan.

Baca juga : 6 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Saat Hamil

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons