Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit – Dibandingkan kondisi normal, di masa kehamilan daya tahan tubuh ibu hamil lebih rentan, terutama ketika musim hujan seperti sekarang ini. Di musim hujan, jika tidak melakukan upaya pencegahan maka risiko ibu hamil sakit akan menjadi lebih besar.

Beberapa penyakit yang rentan dialami ketika musim hujan di antaranya yaitu batuk, flu atau penyakit musiman yang menular. Nah, agar anda dan kehamilan tetap sehat saat musim hujan, anda bisa ikuti beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil di musim hujan seperti berikut ini ( Baca juga : Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil )

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

Untuk menjaga kesehatan, selain memperhatikan asupan makanan beberapa tips ini harus anda lakukan agar tetap sehat di musim hujan.

Memperhatikan Asupan Cairan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Ketika cuaca sedang dingin di musim hujan, biasanya kita jadi jarang minum, tidak seperti saat musim panas. Padahal sebenarnya, meskipun cuaca sedang dingin dan sering turun hujan seperti sekarang ini, asupan cairan tetap dibutuhkan. Terutama bagi ibu hamil, asupan cairan tidak boleh terlupakan. Jika tidak memperhatikannya, maka tidak jarang ibu hamil mengalami masalah dehidrasi ketika musim hujan.

  • Oleh karena itu, sebagai tips menjaga kesehatan ibu hamil di musim hujan, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya.
  • Anda juga harus waspada terhadap gejala dehidrasi seperti mual, sakit kepala dan pingsan.
  • Selain minum air putih yang cukup, anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah yang mengandung banyak air.

Perhatikan Asupan Gizi Seimbang

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Asupan dengan gizi seimbang tetap penting untuk diperhatikan dan diikuti, terlebih lagi ketika sedang musim hujan. Untuk mencegah penyakit cara terbaik yang bisa anda lakukan yaitu dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Cara meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang.

  • Anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein, mengonsumsi banyak sayur yang mengandung serat dan banyak mengonsumi sup hangat.
  • Selain memperhatikan jenis asupannya, anda juga harus memperhatikan higienitas dari makanan ataupun minuman yang anda komsumsi.

Jangan Jajan Sembarangan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Melihat banyaknya jajanan yang saat ini tengah populer terkadang membuat kita tergiur untuk mencobanya. Jika anda ingin jajan di luar, pastikan higienitas makanan diperhatikan.

  • Agar anda tidak terinfeksi oleh penyakit, langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari jajan sembarangan.
  • Jika ingin makan makanan atau jajanan tertentu, alangkah lebih baik jika anda membuat dan mengolahnya sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri di rumah, anda jadi bisa memperhatikan kebersihan dari bahan makanan yang anda gunakan.

Menggunakan Baju yang Nyaman

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Ketika musim hujan, udara akan terasa sangat dingin. Nah, ketika udara sedang dingin pastikan anda menggunakan pakaian yang nyaman.

  • Sebaiknya hindari memakai pakaian yang akan dapat menyebabkan gatal, ruam atau membuat anda merasa tidak nyaman.
  • Menggunakan pakaian yang hangat disarankan, akan tetapi pastikan anda tetap mendapatkan ruang pas untuk tubuh, terutama pada bagian perut.

Mandi dengan Rutin

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Mandi menjadi langkah kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Ketika hamil, mandi tidak boleh anda lewatkan, meskipun itu di musim hujan sekalipun.

  • Jika mandi dengan menggunakan air biasa membuat anda kedinginan, anda bisa mandi dengan menggunakan air yang sedikit hangat, namun pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas.
  • Selain itu, beberapa hari sekali anda bisa mencoba mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Selain mandi dengan rutin, anda juga sebaiknya rutin mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas, terlebih lagi setelah anda melakukan aktivitas seharian di rumah. Cuci tangan anda dengan menggunakan sabun hingga benar-benar bersih di bawah air mengalir.
  • Pakaian dan rumah juga pastikan kebersihannya tetap terjaga.

Menjaga Jarak Dari Orang Sakit

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Ketika musim hujan, beberapa orang rentan sakit. Menjaga jarak dari orang yang sakit sangat dianjurkan bagi ibu hamil saat cuaca tidak menentu seperti sekarang.

Apabila anggota keluarga atau orang di sekitar anda sakit dengan penyakit yang mudah menular, misalkan flu, maka sebaiknya anda menjaga jarak dengannya untuk melindungi anda agar tidak ikut terserang.

Kesehatan Hewan Peliharaan Harus Diperhatikan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Untuk anda pecinta hewan, anda mungkin memiliki banyak hewan peliharaan. Tingkahnya yang lucu akan membuat anda dan keluarga senang.

  • Nah, sebagai langkah menjaga kesehatan anda dan keluarga, sebaiknya anda rutin untuk memeriksa kesehatan hewan peliharaan anda tersebut. Jika hewan peliharaan anda terjangkit oleh penyakit, maka dapat menularkan patogen pada anda ataupun anggota keluarga lainnya.
  • Kotoran hewan juga sebaiknya anda bersihkan dengan benar dan rutin. Jangan sampai menyebabkan penyakit dan membahayakan kesehatan anda.

Memakai Alas Kaki Tertutup

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Saat anda sedang hamil, infeksi bisa muncul darimana saja, termasuk kaki. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan alas kaki yang digunakan.

Jika anda biasanya menggunakan alas kaki terbuka, ketika musim hujan pastikan alas kaki yang anda gunakan tertutup. Ini dilakukan untuk mencegah air dijalanan mengenai kaki anda. Selain itu, anda harus rajin mencuci kaki dengan menggunakan air hangat sebagai langkah menjaga kesehatan dan kebersihan kaki.

Istirahat yang Cukup

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Ibu hamil harus mencukupi waktu istirahatnya. Sebab kurang istirahat akan dapat mengganggu kesehatan.

Nah, saat anda merasa daya tahan tubuh menurun, segeralah istirahat. Jika waktu istirahat cukup akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta membuat tubuh hangat.

Waspada Akan Keberadaan Nyamuk

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Musim hujan biasanya sering menjadi musim nyamuk. Saat musim ini, jenis nyamuk tertentu biasanya akan berkembang biak lebih banyak, bahkan rentan memasuki rumah. Oleh karena itu, anda harus waspada akan keberadaan nyamuk di rumah maupun di sekitar rumah anda.

  • Anda harus mengawasi genangan air yang terdapat di area rumah anda. Pasalnya, di tempat ini nyamuk berkembang biak.
  • Ketika sedang tidur, anda bisa menggunakan selimut atau kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk.

Pergi Ke Dokter Jika Mengalami Gejala Sakit

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Apabila di musim hujan ini, flu atau demam sudah terlanjur di alami oleh wanita hamil, maka anda harus segera pergi ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Anda harus waspada terhadap gejala-gejala yang anda alami.
  • Jika anda merasa tidak enak badan, hindari meminum obat tanpa resep dari dokter. ( Lihat juga : Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil )

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil di musim hujan untuk cegah penyakit. Yuk bun jaga kesehatan selama masa kehamilan, terutama saat cuaca seperti ini. Anda juga sebaiknya rutin melakukan konsultasi kesehatan pada dokter.

 

Leave a Reply