Bund, Punya Kamar Mandi Kecil? Tips Menata Kamar Mandi Minimalis Ini Bisa Diikuti

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis – Kamar mandi di rumah anda kecil? Jangan khawatir, anda tetap bisa menciptakan kamar mandi nyaman dengan menerapkan desain yang tepat. Dengan mendesainnya sedemikian rupa, kamar mandi anda selain nyaman juga akan nampak lapang.

Klik di Sini —> Gambar Rumah Minimalis Modern

Nah, berikut ini kami hadirkan tips menata kamar mandi kecil agar terkesan lapang dan nyaman yang bisa anda ikuti.

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis Untuk Ruangan Kecil

Setiap rumah tentu memiliki kamar mandi dengan beragam ukuran yang disesuaikan dengan luas bangunan. Bagi anda yang memiliki ukuran kamar mandi luas, anda tentu akan lebih mudah dalam mendesainnya. Lantas bagaimana dengan kamar mandi kecil? Anda tetap bisa mendapatkan kamar mandi nyaman dan terkesan lapang dengan menerapkan beberapa tips ini.

Memilih Warna Cat yang Tepat

Tips pertama kali yang bisa anda lakukan dalam menata kamar mandi kecil yaitu pemilihan cat. Mengaplikasikan berbagai warna cat atau wallpaper dengan aneka campuran warna justru akan membuat ruangan semakin sempit.

Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih satu warna cat saja untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang. Selain itu, pilihlah warna yang akan dapat memantulkan cahaya. Adapun warna yang bisa dijadikan pilihan di antaranya yaitu putih atau hijau. Anda harus menghindari memilih warna gelap di kamar mandi seperti hitam.

Manfaatkan Ruangan dengan Tepat

Memiliki kamar mandi yang nyaman dengan desain yang cantik tentu menjadi dambaan semua orang. Untuk mempercantik kamar mandinya, terkadang banyak orang yang sengaja mendekorasi kamar mandi dengan meletakan aneka macam hiasan atau dekorasi. Padahal sebenarnya, meletakan banyak dekorasi yang tidak diperlukan pada ruangan kecil akan membuat kamar mandi anda semakin sempit.

Anda harus dapat memanfaatkan tempat yang sebelumnya tidak anda duga dengan optimal. Contohnya, anda bisa memanfaatkan tempat di bawah wastafel. Tempat ini bisa anda gunakan untuk meletakan tisu atau barang-barang lainnya yang dibutuhkan.

Penggunaan Lampu

Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan dalam menata atau mendesain kamar mandi yaitu pencahayaan ruangan. Pencahayaan kamar mandi bisa anda dapatkan dari penggunaan lampu. Untuk menciptakan kesan lapang pada ruangan, anda bisa memakai penutup lampu dengan ukuran yang besar namun tidak akan mendominasi ruangan.

Meletakan Aneka Barang Pada Dinding

Karena ukuran kamar mandi yang terbatas, anda mungkin tidak memilki banyak ruang sebagai tempat penyimpanan. Jika pun dipaksakan, tentunya kamar mandi anda akan semakin sempit dan efeknya anda tidak memiliki ruang gerak yang cukup di kamar mandi.

Untuk mensiasati hal ini, anda bisa memanfaatkan dinding untuk menyimpan aneka peralatan kamar mandi yang dibutuhkan. Cara seperti ini akan menjadikan kamar mandi anda lebih luas. Di dinding anda bisa meletakan berbagai barang yang diperlukan seperti alat cukur, gunting dan lain sebagainya. Tata dengan serapi mungkin agar kamar mandi anda terlihat menarik.

Mengaplikasikan Kaca

Kaca menjadi salah satu dekorasi kamar mandi yang paling umum. Kaca biasanya dipasang pada dinding. Fungsinya tentu untuk bercermin, namun selain itu penempatan kaca di kamar mandi juga akan membuat ruangan terasa lebih luas. Anda bisa memilih bentuk dan model kaca sesuai yang diinginkan untuk mendapatkan tampilan kamar mandi yang menarik dan tentunya terkesan luas.

Pilih Jenis Pintu yang Tepat

Hal lainnya yang harus anda perhatikan dalam menata kamar mandi kecil yaitu pemilihan pintu. Memilih jenis pintu yang tepat akan menjadikan kamar mandi minimalis anda terasa luas. Jika anda sebelumnya menggunakan pintu yang dibuka langsung ke depan atau ke belakang, anda bisa menggantinya menjadi pintu geser. Jenis pintu seperti ini tentunya tidak akan memakan banyak ruang dan kamar mandi kecil anda akan terasa lebih luas.

Jangan Memasang Jendela

Dalam sebuah rumah kehadiran jendela adalah salah satu hal yang penting. Jendela sebagai akses cahaya matahari atau udara masuk ke dalam rumah. Keberadaan jendela pun akan membuat rumah terlihat menarik.

Namun, sebaiknya anda menghindari memasang jendela di kamar mandi kecil anda. Karena keberadaan jendela di kamar mandi akan menjadikan ruangan anda semakin sempit. Untuk kebutuhan sirkulasi udara, anda sebaiknya menggunakan jendela berukuran kecil.

Menggantung Perlengkapan Mandi

Di kamar mandi, berbagai perlengkapan mandi tentu akan diletakan, mulai dari handuk, sabun dan lain sebagainya. Nah, perlengkapan ini harus anda tata dengan baik dan benar. Anda bisa menatanya dengan cara menggantungkannya pada dinding supaya tidak terlalu membuat ruangan penuh. Hindari meletakan perlengkapan mandi di dekat wastafel  anda, sebab akan dapat membuat kamar mandi semakin sempit.

Agar kamar mandi anda terlihat lebih rapi, anda bisa menggantungkan perlengkapan kamar mandi pada rak khusus. Ada banyak model rak cantik yang bisa anda manfaatkan.

Ganti Ukuran

Untuk membuat kamar mandi anda lebih luas dan lapang, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan yaitu ukuran bak mandi, bath tub dan closet.  Jika ukurannya terlalu besar, maka akan dapat memakan tempat yang banyak dan akan menjadikan kamar mandi semakin sempit.

Anda bisa memakai closet duduk yang desainnya oval, hindari memilih closest duduk berbentuk kotak atau bulat. Selain itu, anda juga harus memilih closet yang ukurannya minimalis.

Memanfaatkan Belakang Pintu

Cara lainnya yang bisa anda lakukan dalam menata kamar mandi kecil yaitu memanfaatkan pintu bagian belakang. Daripada dibiarkan kosong begitu saja, lebih baik anda memanfaatkannya untuk meletakan aneka perlengkapan mandi atau menyimpan barang-barang yang dibutuhkan untuk kamar mandi.

Memilih Lemari Penyimpanan yang Tepat

Untuk kamar mandi minimalis kecil, sebaiknya memilih lemari penyimpanan yang kecil. Lemari obat bisa dijadikan pilihan sebagai lemari penyimpanan untuk berbagai perlengkapan di kamar mandi anda. Hindari meletakan furniture yang ukurannya besar karena akan menjadikan kamar mandi terasa semakin sempit. Lemari obat ini bisa anda gantungkan pada dinding. Cari lokasi yang tepat agar keberadaan lemari ini di kamar mandi tidak akan menghalangi aktivitas anda saat di kamar mandi.

Hindari Penggunaan Bath Tub

Sebaiknya hindari meletakan bath tub di kamar mandi kecil milik anda. Penggunaan bath tub justru akan membuat ruangan anda semakin sempit. Daripada meletakan bath tub alangkah lebih baik jika anda memakai shower yang bisa digunakan saat mandi. Kemudian anda juga bisa menempatkan kaca bening untuk memberikan ilusi ruangan yang luas.

Apabila bak mandi tetap ingin dihadirkan, maka buatlah bak mandi yang tepat. Anda bisa menghadirkan bak mandi yang memiliki dinding rendah, serta bagian dasarnya datar.

Demikian beberapa tips menata kamar mandi minimalis kecil agar terkesan lapang dan lebih nyaman. Anda bisa mencoba mengaplikasikan tips di atas di kamar mandi anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply