3 Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Pada minggu-minggu awal kehamilan, sakit kepala ketika hamil kondisinya dapat memburuk. Kondisi ini akan mengganggu saat usia kehamilan trimester awal. Namun, meskipun begitu anda jangan merasa khawatir karena tidak akan memberikan pengaruh pada janin yang dikandung. Saat hormon sudah stabil lagi, kondisi ini biasanya akan membaik atau menghilang dengan sendirinya.

Penyebab sebagian ibu hamil mengalami sakit kepala belum diketahui dengan pasti. Diduga salah satu pemicunya karena produksi, serta aliran darah meningkat di awal kehamilan. Selain itu, pemicu lainnya yaitu karena mendadak diberhentikannya konsumsi kafein, stres, depresi, dehidrasi, kelaparan, kelelahan, sinus dan alergi.

Jika dibiarkan, kondisi ini tentu akan menganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman. Nah, untuk membantu mengatasi sakit kepala saat hamil dengan aman, langkah berikut ini bisa anda coba.

Baca juga : Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil Tua

Sakit Kepala Saat Hamil

Cara Alami dan Mudah Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Untuk membantu meringankan kondisi sakit kepala pada ibu hamil, beberapa cara berikut ini bisa anda lakukan.

Pijat

Sakit Kepala Saat Hamil

Memijat kepala akan dapat membantu meringankan sakit kepala yang anda rasakan. Dengan melakukan pijat akan membuat anda lebih nyaman.

  • Pijat bagian kepala anda yang sakit dengan lembut.
  • Selain itu, anda bisa meminta bantuan pasangan untuk memijat bagian leher dan pundak anda untuk mengurangi ketegangan.
  • Pilihan lainnya, anda bisa melakukan pijat kehamilan di tempat pijat profesional supaya mendapatkan pijatan pada semua bagian tubuh. Pastikan terapis pijat mengetahui anda sedang hamil.

Istirahat

Sakit Kepala Saat Hamil

Istirahat menjadi salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala. Selain membantu meringankan sakit kepala, istirahat juga akan membuat tubuh anda kembali berenergi.

  • Caranya yaitu, silakan berbaring dengan nyaman di tempat tidur dalam kondisi ruangan yang tidak berisik dan gelap.
  • Agar tubuh dan kepala anda terasa lebih rileks, anda bisa memejamkan mata.

Kompres

Sakit Kepala Saat Hamil

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat hamil yaitu dengan melakukan kompres. Perhatikan beberapa tips ini.

  • Silakan  rendam handuk lembut dalam air hangat.
  • Kemudian anda bisa mengompres mata, wajah dan jidat.
  • Atau anda juga bisa melakukan kompres pada belakang leher dengan handuk dingin.

Ketika hamil sebaiknya hindari mengonsumsi obat sakit kepala tanpa resep atau rekomendasi dari dokter.

Bagaimana Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Hamil?

Untuk membantu mencegah sakit kepala pada bumil, langkah-langkah berikut ini bisa anda lakukan.

  • Konsumsi air putih yang cukup.
  • Anda harus bisa mengelola stres dengan baik.
  • Mencukupi waktu tidur, dan usahakan setiap harinya tidur pada  waktu teratur.
  • Anda juga harus rutin melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, atau melakukan olahraga yang membuat tubuh rileks, contohnya yoga.
  • Hindari konsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya sakit kepala seperti makanan dengan kandungan pemanis buatan dan MSG, makanan yang difermentasi, ikan asap. Selain itu, sebaiknya hindari juga asap rokok, aroma menyengat, cahaya silau, suara bising atau cuaca dingin dan panas berlebih.

Artikel menarik lainnya : Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Kondisi sakit kepala yang ibu hamil alami di awal kehamilan adalah hal normal. Namun, meskipun begitu anda harus waspada apabila kondisi ini dialami saat akhir kehamilan. Sakit kepala yang anda alami di akhir masa kehamilan dapat menjadi gejala hipertensi. Apabila kondisi ini tidak ditangani maka akan dapat berkembang menjadi preeklampsia. Apabila sakit kepala yang anda alami belum juga mereda atau justru semakin parah, sebaiknya anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply