4 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil dengan Mudah

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil dengan Mudah – Perkembangan janin dalam kandungan, serta ukuran rahim yang semakin membesar akan dapat menimbulkan berbagai perubahan pada ibu hamil. Salah satu kondisi yang sering dialami yaitu kram perut. Kondisi ini akan dapat membuat ibu hamil khawatir, padahal kondisi kram perut saat hamil dianggap wajar, namun perlu diwaspadai jika diikuti dengan gejala atau tanda lainnya.

Kram perut saat hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya yaitu karena ukuran rahim yang mengalami perubahan, adanya tekanan pada sendi, otot dan pembuluh darah, adanya gas yang berlebih dalam perut, posisi rahim dan setelah melakukan hubungan suami istri.

Kondisi kram perut saat hamil akan membuat anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk membantu mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Berikut ini cara mengatasi kram perut saat hamil.

Baca juga : Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil dengan Mudah

Ketika kram perut melanda dan membuat anda tidak nyaman, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk membantu mengatasinya.

Jangan Melakukan Gerakan Tiba-Tiba

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Cara mengatasi kram perut yang pertama saat hamil yaitu jangan bergerak dengan ditiba-tiba. Yuk perhatikan tips berikut ini.

  • Ketika kram perut anda rasakan, sebaiknya hindari bergerak dengan tiba-tiba.
  • Untuk membantu meredakan rasa nyeri yang anda rasakan, sebaiknya bungkukan badan anda ke arah sumber rasa sakit.
  • Selain itu, anda sebaiknya jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup. Pasalnya kondisi dehidrasi akan dapat menyebabkan munculnya kontraksi palsu.

Menggerakan Tubuh Atau Olahraga Ringan

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Apabila rasa sakit yang timbul disebabkan akibat adanya gas berlebih di saluran pencernaan, anda bisa melakukan langkah yang satu ini.

  • Anda dapat mencoba menggerakan tubuh anda atau melakukan olahraga ringan.
  • Setelah itu, anda bisa mengakhirinya dengan mandi menggunakan air hangat.
  • Jangan mengonsumsi minuman ataupun makanan yang dapat menghasilkan gas berlebih. Beberapa makanan yang dimaksud di antaranya yaitu kubis, kacang dan minuman bersoda.

Berbaring Untuk Meredakan Nyeri

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Kram perut yang anda alami ketika hamil, terlebih lagi saat usia kehamilan trimester akhir bisa disebabkan karena kontraksi palsu.

  • Jika anda mengalami  kram perut pada usia kehamilan ini, untuk meredakan nyeri anda bisa berbaring.
  • Apabila rasa nyeri yang timbul muncul di kiri, anda bisa berbaring ke kanan, begitupun dengan sebaliknya.
  • Kemudian anda dapat memposisikan kaki anda lebih tinggi dari posisi kepala. Gunakan bantal untuk pengganjal.

Tetap Rileks

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Ketika mengalami kram perut, terlebih lagi saat hamil tentu akan membuat anda khawatir. Segala keluhan yang dialami ditakutkan akan berpengaruh terhadap kehamilan anda.

Namun, sebagai cara mengatasi kram perut saat hamil, sebaiknya anda tidak panik. Anda harus tetap rileks saat merasakan kram perut agar kondisinya tidak semakin parah.

Lihat juga : Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Kram saat hamil biasanya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, meskipun begitu bukan berarti kondisi ini harus dianggap sepele. Gejala yang muncul saat kram perut sebaiknya anda waspadai, seperti misalkan kram perut tidak hilang dan rasanya sangat berat, sakit ketika buang air kecil, keluar cairan, darah atau flek dari vagina, demam, muntah dan menggigil. Kondisi kram perut yang diiringi dengan gejala tersebut harus segera mendapatkan penanganan dari dokter.

 

Leave a Reply