Sering Buang Air Kecil Saat Hamil, Atasi dengan 5 Cara Ini

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil – Sering buang air kecil merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini tentunya akan mengganggu aktivitas ibu hamil karena harus terus menerus ke toilet.

Baca juga : Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan sering buang air kecil pada ibu hamil, yang dibedakan berdasarkan trimester kehamilan.

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

  • Saat usia kehamilan trimester I, keluhan sering buang air kecil dapat disebabkan karena hormon HCG yang meningkat.
  • Usia kehamilan trimester II. Usia kehamilan yang bertambah akan dapat membuat ukuran rahim semakin besar yang dapat membuat semakin tertekannya kandung kemih. Hal ini akan membuat ruang penampungan berkurang, efeknya urine akan menjadi mudah keluar.
  • Usia kehamilan trimester III. Saat usia kehamilan trimester III, darah akan banyak mengalir pada organ panggul, begitupun ginjal. Darah akan lebih banyak disaring ginjal dan produksi urine akan menjadi meningkat. Karena kondisi ini kandung kemih akan cepat penuh dan ibu hamil akan lebih sering buang air kecil.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Nah, untuk mengatasi sering buang air kecil saat hamil, beberapa cara berikut ini bisa anda lakukan.

Memperhatikan Cara Berkemih

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Memperhatikan cara ketika anda berkemih harus dilakukan guna membantu untuk mengosongkan kandung kemih sehingga keluhan yang anda rasakan, yaitu sering buang air kecil saat hamil dapat diminimalkan.

  • Ketika buang air kecil, anda harus usahakan bersandar ke depan dan topangkan lengan bawah anda pada lutut.
  • Teknik double pee juga bisa anda coba, yakni mencoba buang air kecil lagi setelah selesai.

Perhatikan Jenis Minuman yang Dikonsumsi

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Perhatikan jenis minuman yang anda konsumsi. Pasalnya, beberapa jenis minuman tertentu akan dapat memicu sering buang air kecil.

  • Ketahui minuman apa saja yang bisa memicu sering buang air kecil sehingga anda bisa menghindarinya.
  • Salah satu minuman yang harus anda hindari yaitu minuman dengan kandungan kafein seperti teh, kopi, minuman berenergi, soda dan coklat. Kafein akan dapat menarik cairan dalam tubuh. Sehingga jika anda mengonsumsi minuman maupun makanan yang mengandung kafein, maka sering buang air kecil yang anda rasakan akan menjadi semakin parah.

Hindari Stres

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Berbagai hal dapat menyebabkan anda stres ketika hamil. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab kenapa wanita hamil sering buang air kecil. Jika anda mengalami gangguan kecemasan atau stres, anda harus dapat mengelolanya dengan baik.

  • Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti meditasi, melakukan hobi atau mendengarkan lagu kesukaan.
  • Namun, jika stres yang anda alami tidak kunjung hilang, anda harus segera melakukan konsultasi pada psikolog.

Kurangi Minum Pada Waktu-Waktu Tertentu

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Keluhan sering buang air kecil ketika malam hari tentu akan mengganggu waktu tidur anda. Untuk mencegah hal itu, anda sebaiknya tidak terlalu banyak minum saat malam atau sebelum tidur.

  • Perlu anda ingat, hanya menjelang waktu tidur saja anda mengurangi minum.
  • Mengurangi minum jangan dilakukan sepanjang waktu. Pasalnya akan dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya untuk ibu ataupun janin yang dikandung.

Melakukan Senam Kegel

Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Senam kegel merupakan gerakan yang dilakukan sebagai cara melatih otot dasar panggul. Jika otot anda terlatih, anda bisa mengontrol kencing dengan baik. Tidak hanya itu, senam kegel juga akan mencegah rahim turun.

Nah, sebagai cara mengatasi sering buang air kecil saat hamil, anda bisa mencoba melakukan senam kegel di rumah.

Artikel menarik lainnya : Tips Tetap Cantik Saat Hamil Agar Lebih Percaya Diri

Pada umumnya sering buang air kecil adalah keluhan kehamilan wajar. Namun, meskipun begitu anda harus waspada karena disisi lain keluhan yang satu ini bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Anda harus waspada jika disertai dengan gejala lainnya seperti panas atau nyeri ketika berkemih, demam, terdapat darah pada urine, kencing berbusa atau baunya menyengat. Kondisi tersebut bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih.

Leave a Reply