Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini 4 Langkah Mengatasinya

Kaki Bengkak Saat Hamil – Selama hamil, seorang wanita akan mengalami banyak perubahan. Nah, salah satu kondisi yang umumnya dialami oleh ibu hamil yaitu pembengkakan. Dimana pembengkakan biasanya sering terjadi pada tangan dan kaki yang disebabkan karena banyaknya cairan pada tubuh.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada kaki saat hamil tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman dan kesulitan untuk bergerak. Untuk membantu mengurangi efek kaki bengkak, ada beberapa kebiasaan yang bisa anda lakukan seperti berikut ini.

Sesuaikan Pola Makan

Kaki Bengkak Saat Hamil

Memperhatikan pola makan saat hamil adalah hal penting yang harus anda lakukan. Nah, pembengkakan yang anda alami pada kaki bisa semakin parah jika anda kekurangan asupan kalium, sering mengonsumsi kafein atau sering mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Oleh karena itu, untuk membantu mengatasinya anda harus menyesuaikan pola makan dengan tepat seperti berikut ini:

  • Anda harus menambah asupan kalium yang bisa didapatkan dari buah melon, pisang, buah-buahan kering, jeruk, kentang, jamur, kacang-kacangan dan ubi.
  • Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan alami dan sebaiknya batasi konsumsi makanan olahan dengan kandungan tinggi garam.
  • Asupan kafein sebaiknya anda batasi.
  • Konsumsi makanan diuretik seperti jahe dan seledri. Ini merupakan makanan yang akan memicu cairan tubuh keluar.

Tubuh Harus Tetap Terhidrasi

Kaki Bengkak Saat Hamil

Dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan akan menyebabkan dampak buruk untuk kesehatan. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi ini usahakan agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, dengan minum air putih yang banyak akan membantu mengatasi kaki maupun tangan yang bengkak ketika hamil. Pasalnya, air akan dapat menarik kelebihan cairan yang tertumpuk pada tubuh, kemudian akan dikeluarkan bersama urin.

  • Nah, sebagai cara mengatasi kaki bengkak saat hamil, anda bisa minum air yang cukup dalam setiap harinya.
  • Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan air dengan berenang, berendam atau hanya sekedar berdiri dalam kolam dangkal. Pada jaringan tubuh air akan memberikan gaya tekan sehingga akan membuat tumpukan cairan dalam tubuh keluar.

Kompres Hangat

Kaki Bengkak Saat Hamil

Kompres hangat bermanfaat untuk membantu mengatasi jari tangan maupun kaki yang bengkak ketika hamil. Panas akan membantu membuat peredaran darah lancar pada area yang dikompres. Sehingga efeknya aliran darah ke jantung akan lancar.

  • Untuk mengompres anda bisa memanfaatkan heating pad ataupun handuk yang sebelumnya telah dibasahi dengan memakai air hangat.
  • Kemudian anda bisa menempelkannya pada bagian tubuh yang bengkak selama kurang lebih 20 menit. Hindari mengompres lebih dari waktu yang ditentukan.

Tidur dengan Menghadap Ke Kiri

Kaki Bengkak Saat Hamil

Ketika tidur, anda bisa memilih posisi menghadap ke arah kiri. Posisi ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh vena cava interior.

Nah, untuk membantu mengatasi kondisi ini anda bisa mencoba berbaring ke arah kiri dan temukan posisi yang nyaman. Tidur ke arah kiri juga akan membantu mengurangi beban perut. Apabila pembuluh vena cava inferior ini terbebas dari tekanan, efeknya akan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar. Efeknya tumpukan cairan berkurang dan kaki tidak akan bengkak lagi.

Artikel menarik lainnya : Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Kondisi jari tangan serta kaki bengkak ketika hamil adalah hal yang wajar dan biasanya akan berkurang setelah anda melahirkan. Hanya saja, jika pembengkakan yang terjadi mendadak yang disertai dengan muntah, sakit kepala dan mengalami masalah penglihatan, maka anda harus waspada. Pasalnya kondisi tersebut adalah gejala preeklampsia. Jika gejala tersebut anda alami sebaiknya segera periksakan kondisi anda pada dokter.

Leave a Reply