Diare Saat Hamil, Atasi dengan 4 Cara Ini

Diare Saat Hamil – Salah satu keluhan yang dapat dialami oleh wanita di masa kehamilan yaitu diare. Masalah pada sistem pencernaan yang satu ini tentu akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Diare terus menerus akan menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan, oleh karena itu sangat penting untuk minum air yang banyak. Selain itu, diare saat hamil juga akan membuat air ketuban volumenya berkurang dan membuat perkembangan si kecil dalam kandungan terganggu.

Walaupun biasanya diare tidak berbahaya, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat akan berdampak serius.

Diare Saat Hamil

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Apa Penyebab Diare Saat Hamil?

Masalah diare saat hamil merupakan keluhan ibu hamil yang umum dialami, terlebih lagi saat usia kehamilan trimester ketiga. Dimana ini tandanya yaitu HPL akan tiba. Namun, selain itu diare saat hamil juga bisa disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

Hormon yang Mengalami Perubahan

Ketika hamil hormon dapat mengalami peningkatan. Dimana salah satu hormon yang mengalami peningkatan tersebut dapat menyebabkan lambannya sistem pencernaan sehingga akan menyebabkan ibu hamil mengalami konstipasi. Namun, sebaliknya hormon tersebut juga akan membuat kecepatan pencernaan meningkat sehingga membuat anda diare.

Pola Makan yang Mengalami Perubahan

Ketika hamil saat asupan makanan mengalami perubahan dengan signifikan, hal ini akan dapat membuat perut bergolak dan memiliki potensi mengalami diare.

Sensivitas Makanan

Beberapa jenis makanan yang biasanya tidak berpengaruh apapun, bisa saja ketika hamil akan dapat memicu reaksi pada perut anda. Seperti misalkan diare, sakit perut atau kembung.

Konsumsi Vitamin Kehamilan

Konsumsi vitamin kehamilan bermanfaat bagus untuk kesehatan dan janin dalam kandungan. Meskipun begitu, terkadang usus akan bereaksi dan menyebabkan ibu hamil mengalami sakit perut bahkan mengalami diare.

Cara Mengatasi Diare Saat Hamil

Untuk membantu mengatasi diare saat hamil, beberapa langkah berikut ini bisa anda coba lakukan.

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Diare Saat Hamil

Biasanya pada kebanyakan kasus diare akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Terlebih lagi jika penyebabnya karena bakteri, virus atau keracunan makanan.

  • Hal yang paling penting di masa ini yaitu tubuh anda harus tetap terhidrasi.
  • Agar tubuh tetap terhidrasi anda harus minum cukup air putih.

Jangan Mengonsumsi Makanan yang Menyebabkan Diare

Diare Saat Hamil

Beberapa makanan dapat menyebabkan diare. Maka dari itu, anda harus menghindari konsumsi makanan ini karena akan menyebabkan diare semakin parah. Adapun makanan penyebab diare di antaranya seperti berikut ini:

  • Gorengan
  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan bercita rasa pedas
  • Produk olahan susu

Periksa Ke Dokter

Diare Saat Hamil

Jika diare yang anda alami tidak kunjung berhenti setelah 2 atau 3 hari, anda harus lebih waspada. Anda jangan membiarkan kondisi ini.

Anda harus memeriksakan kondisi anda pada dokter supaya bisa ditangani dengan tepat dan cepat.

Ganti Obat

Diare Saat Hamil

Jika diare yang anda alami disebabkan karena vitamin ataupun obat kehamilan, jika tubuh terbiasa dengan konsumsi obat tersebut, maka biasanya  diare akan berhenti.

Hanya saja, jika diare tidak kunjung berhenti langkah yang harus anda lakukan yaitu  meminta vitamin dan resep obat yang lain pada dokter.

Lihat juga : Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Masalah kesehatan yang anda alami saat hamil tentu akan membuat anda khawatir. Anda dapat berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan langkah dan penanganan yang tepat. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply