5 Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil Menjelang Persalinan – Perasaan cemas menjelang persalinan merupakan hal wajar yang dialami oleh ibu hamil. Perasaan cemas ini biasanya disebabkan karena bayangan akan hal buruk saat persalinan. Namun, jangan sampai hal ini selalu menghantui anda karena akan menghambat proses persalinan. Untuk membantu mengurangi rasa cemas dan takut menjelang persalinan, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Mengatasi rasa cemas menjelang persalinan sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar rasa cemas yang anda alami menjadi berkurang.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Mencari Tahu Penyebab Rasa Takut

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa cemas dan takut menjelang persalinan yaitu mencari tahu penyebab rasa takut yang anda alami. Biasanya rasa takut atau cemas muncul disebabkan karena trauma masa lalu yang memiliki hubungan dengan persalinan atau kehamilan. Selain itu, bisa juga disebabkan karena anda mengalami gangguan kecemasan yang sudah dialami sebelum hamil.

  • Sebagai cara mengetahui penyebab rasa takut muncul yaitu anda bisa menuliskan perasaan yang anda alami di buku harian.
  • Selain itu, anda dapat melakukan konsultasi pada psikolog untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab rasa takut yang dialami, apalagi jika anda memiliki riwayat gangguan kecemasan sebelumnya.

Melakukan Relaksasi

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Dengan melakukan teknik relaksasi, contohnya melakukan meditasi akan dapat membantu mengatasi rasa takut menjelang melahirkan. Efeknya ibu hamil akan merasa lebih tenang saat waktu persalinan sudah dekat.

  • Cara yang paling sederhana dalam melakukan meditasi yaitu dengan memejamkan mata anda dan menarik napas dalam-dalam. Kemudian anda bisa menghembuskannya dengan perlahan.
  • Perhatian anda harus fokus pada proses keluar masuknya udara ketika bernapas, sambil pikiran dikosongkan.

Menceritakan Rasa Takut Pada Pasangan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Sebagian ibu hamil mungkin lebih memilih untuk memendam perasaan takutnya dibandingkan dengan bercerita pada orang lain, termasuk pada pasangannya sendiri. Padahal dengan bercerita dan mengungkapkan rasa takut akan membuat rasa cemas berkurang.

  • Oleh karena itu, cobalah untuk membicarakannya dengan pasangan anda mengenai ketakutan yang anda alami. Dengan begitu pasangan anda akan dapat membantu mencari jawaban dari rasa takut yang dialami.
  • Selain pada pasangan, anda juga bisa bercerita pada dokter. Dokter akan memberikan informasi yang tepat untuk membantu mengatasi kekhawatiran yang anda alami.

Mengikuti Kelas Persalinan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Dengan mengikuti kelas persalinan, rasa takut melahirkan yang anda alami akan berkurang. Ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda yang sering mengalami cemas.

Oleh karena itu, cobalah untuk ikut kelas persalinan. Sebab melalui kelas ini anda akan dilatih dalam mengendalikan sakit ketika bersalin. Selain itu, anda juga akan diberi tahu beberapa metode persalinan yang bisa dijadikan pilihan.

Ketika Melahirkan Bawa Barang yang Akan Membuat Anda Nyaman

Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Ketika masuk ruang persalinan, rasa cemas dan tegang akan semakin bertambah. Padahal hal ini justru akan membuat semakin lamanya proses persalinan.

Caranya agar anda rileks menjelang persalinan yaitu dengan membawa barang yang akan membuat anda merasa lebih nyaman.

Lihat juga : Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Rasa cemas dan takut menjelang persalinan adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Meskipun begitu, ketakutan ini harus diatasi dengan tepat agar proses persalinan menjadi lancar. Nah, untuk membantu mengatasi rasa takut dan cemas melahirkan, anda bisa mencoba mengikuti tips di atas.

Leave a Reply