4 Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil Tua

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil  – Sesak napas biasanya ibu hamil alami saat usia kehamilan trimester ketiga. Sesak napas merupakan salah satu kondisi yang membuat ibu hamil khawatir karena berkaitan dengan penyakit serius. Namun, umumnya kondisi sesak napas saat hamil tua bukan disebabkan karena hal berbahaya.

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Penyebab Sesak Napas Saat Hamil Tua

Sesak napas saat hamil salah satu penyebabnya yaitu karena kadar hormon progesteron dalam tubuh mengalami peningkatan. Kondisi ini terbilang normal dialami saat masa kehamilan. Progesteron itu sendiri merupakan hormon alami yang memiliki peran menjaga perkembangan bayi dalam kandungan.

Baca juga : Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Tidak hanya disebabkan karena hormon progesteron yang mengalami peningkatan, namun sesak napas saat hamil juga dapat disebabkan karena rahim yang membesar. Rahim akan semakin bertambah ukurannya sesuai pertumbuhan bayi. Kondisi rahim yang besar akan dapat membuat otot bagian bawah paru-paru tertekan dan menjadikan ibu hamil kesulitan bernapas. Sesak napas yang dialami oleh ibu hamil, setelah si kecil lahir akan berkurang.

Meskipun begitu, anda juga perlu waspada karena sesak napas saat hamil juga dapat menjadi gejala adanya masalah kesehatan lain. Jika sesak napas yang anda alami berat  atau disertai dengan gejala lainnya seperti batuk terus-terusan, nyeri dada, demam, pucat, merasa akan pingsan, denyut nadi dan detak jantung cepat, jari tangan, bibir dan jari kaki menjadi membiru atau mengalami bengkak pada bagian tubuh tertentu, anda harus segera melakukan pemeriksaan pada dokter.

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil Tua

Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi sesak napas saat hamil tua yang bukan disebabkan karena kondisi medis tertentu.

Posisi Tubuh Harus Benar

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Memperhatikan posisi tubuh sangat penting untuk dilakukan. Pastikan anda duduk ataupun berdiri dengan posisi yang tepat dan nyaman seperti berikut ini.

  • Ketika duduk atau berdiri, usahakan posisi anda tetap tegak.
  • Hindari membungkuk karena akan menyebabkan tekanan di paru-paru dan membuat anda sulit bernapas.

Menggunakan Penopang Ketika Tidur

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Ketika hendak tidur, anda tentunya akan mencari posisi yang nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak. Nah, untuk membantu menangani sesak napas yang dialami, anda harus meletakan penopang saat tidur.

Caranya yaitu, saat akan tidur pakai bantal sebagai penopang tubuh anda bagian atas. Dengan seperti ini tekanan pada paru-paru akan menjadi berkurang yang berasal dari rahim.

Jangan Panik dan Bersantai

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Mengalami masalah kesehatan tertentu ketika hamil tentu akan membuat anda panik. Padahal semakin anda panik atau gelisah dengan kondisi yang anda alami, maka kemungkinan sesak napas akan semakin memburuk.

Oleh karena itu, sebagai cara membantu mengatasi sesak napas yang dialami, anda harus mengambil waktu untuk bersantai. Ketika anda merasa butuh, anda harus istirahat atau tidur.

Melakukan Olahraga Untuk Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Olahraga yang dilakukan saat hamil tentu saja berbeda dengan olahraga seperti sebelum anda hamil. Jenis olahraga yang dilakukan pun harus olahraga khusus yang aman untuk ibu hamil.

  • Nah, anda bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga, berjalan atau berenang untuk membantu pernapasan ibu hamil.
  • Ketika anda merasa lelah, anda harus istirahat dan menyudahinya.
  • Selain itu, sebelum melakukan olahraga anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Anda bisa meminta saran jenis olahraga yang aman sesuai dengan kondisi anda, karena setiap ibu hamil memiliki kondisi kehamilan yang berbeda.

Lihat juga : Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Sesak napas ketika usia kehamilan tua yang tidak disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu biasanya tidak akan berat dan tidak akan membuat aktivitas anda terganggu.  Jika anda merasa sesak napas yang dialami diikuti dengan gejala lainnya, bisa saja mengalami kondisi medis tertentu seperti asma, anemia, preeklampsia dan pneumonia. Kondisi tersebut tentunya harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter.

Risiko sesak napas saat hamil tua pada dasarnya bisa dikurangi dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air dan menjaga berat badan. Jika sudah mencoba cara di atas namun sesak napas tidak kunjung mereda, sebaiknya anda memeriksakan kondisi anda pada dokter.

Leave a Reply