5 Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil dengan Mudah dan Alami

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil – Meskipun keluhan rambut rontok saat hamil sering dialami, namun keluhan ini hanya sementara. Kondisi rambut rontok saat hamil ini disebabkan karena hormon progesteron meningkat yang dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering, rontok atau mudah patah.

Selain disebabkan karena perubahan hormon, kondisi rambut rontok saat hamil juga dapat disebabkan karena stres, kurang vitamin atau mineral, karena penyakit tertentu misalkan PCOS atau gangguan tiroid atau efek samping karena pemakaian obat tertentu.

Nah, untuk membantu mengatasi rambut rontok saat hamil dengan langkah mudah dan alami, beberapa tips berikut ini bisa anda lakukan.

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil dengan Mudah dan Alami

Untuk membantu mengurangi rambut rontok saat hamil, ada beberapa perawatan yang dapat anda lakukan seperti berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Menggunakan Sampo yang Tepat

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Untuk membantu mengatasi rambut rontok saat hamil, anda harus menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Untuk membantu menemukan produk yang tepat, simak tips berikut ini:

  • Anda harus memakai sampo dan kondisioner yang memiliki kandungan lembut, serta tidak membuat iritasi.
  • Ketika memilih sampo maupun kondisioner, anda harus memilih produk dengan kandungan biotin dan silika. Kandungan tersebut diketahui efektif dan aman untuk membantu mengatasi rambut rontok.

Jangan Menyisir Rambut Saat Basah

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Ketika dalam keadaan basah, rambut biasanya cenderung lebih rapuh. Oleh karena itu, sebagai langkah mengatasi rambut rontok saat hamil, anda harus menghindari menyisir rambut saat basah, apalagi menggunakan sisir dengan gigi rapat.

  • Sebagai cara menyisir yang benar, anda dapat menyisir rambut basah terlebih dahulu dengan menggunakan jari tangan.
  • Selain itu, sebaiknya anda hindari terlalu sering menyisir rambut.

Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Anda sering gerah sehingga lebih nyaman mengikat rambut? Padahal jika mengikat rambut terlalu sering justru akan memicu rambut mudah patah.

Oleh karena itu, sebagai langkah mengatasi rambut rontok saat hamil, anda disarankan lebih sering menggerai rambut.

Jangan Melakukan Perawatan Rambut Tertentu

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Beberapa perawatan rambut mungkin sering anda lakukan, seperti memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut, sering meluruskan atau menggunakan pengeriting rambut hingga mewarnai rambut dengan bahan kimia keras akan menyebabkan kondisi rambut rontok saat hamil semakin parah.

  • Apabila memang anda harus menata rambut dengan perawatan di atas, anda sebaiknya memakai  pelurus atau pengering dengan suhu yang rendah.
  • Selain itu, hindari mengecat rambut ketika hamil.

Mengonsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat disarankan. Buah dan sayur memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Pada kedua jenis makanan ini terkandung antioksidan serta flavonoid. Dimana kandungan ini diketahui akan membuat rambut yang tumbuh lebih kuat, serta mampu melindungi folikel rambut sehingga efeknya rambut menjadi tidak mudah rontok.

Untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut guna menjaga kesehatan rambut, anda bisa mengonsumsi buah dan sayur seperti berikut ini:

  • Stroberi
  • Tomat
  • Kubis
  • Bayam dan brokoli
  • Selain itu, antioskidan juga akan anda temukan pada teh hijau dan cokelat hitam.

Lihat juga : Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Kondisi rambut rontok yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil umumnya hanya sementara. Keluhan ini dapat menghilang sendirinya setelah ibu hamil melahirkan. Hanya saja, jika anda merasa terganggu dengan keluhan rambut rontok, anda bisa melakukan beberapa cara di atas atau melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat.

Leave a Reply