4 Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil – Mudah merasa lelah saat hamil adalah keluhan yang umum terjadi pada ibu hamil, terutama saat usia kehamilan trimester pertama. Namun, meskipun begitu keluhan ini juga dapat dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilan trimester kedua ataupun trimester ketiga.

Mudah merasakan lelah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Walaupun ini merupakan kondisi ringan, namun sering kali membuat ibu terganggu bahkan dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu. Adapun beberapa penyebab ibu hamil mudah lelah seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

  • Morning sickness. Ini merupakan kondisi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini dapat dialami saat pagi, siang, sore ataupun malam hari. Karena kondisi ini ibu hamil dapat kehilangan nafsu makan dan energi, sehingga efeknya ibu hamil akan merasa mudah lelah. Kondisi morning  sickness ringan tidak berbahaya.
  • Perubahan hormon. Berbagai perubahan akan dialami oleh wanita saat hamil, termasuk perubahan hormon estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini akan dapat menimbulkan efek samping dimana persendian dan ligamen pada tubuh akan melemah. Hal ini akan membuat ibu hamil merasa lelah.
  • Anemia. Apabila kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, maka ibu hamil memiliki risiko mengalami anemia. Tidak hanya menyebabkan lelah saja, namun kondisi anemia juga akan membuat anda mengalami gejala lainnya seperti mata berkunang-kunang, kulit pucat dan pusing.
  • Perasaan cemas dan khawatir. Mudah lelah juga dapat disebabkan karena kondisi psikologis ibu hamil, misalkan karena rasa cemas dan khawatir.

Baca juga : Tips Mudah Meningkatkan Kualitas Tidur Saat Hamil

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Supaya keluhan mudah lelah terasa lebih ringan, anda dapat mencoba melakukan cara-cara berikut ini.

Membatasi Aktivitas

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Beberapa aktivitas mungkin tidak bisa anda tinggalkan meskipun sedang hamil. Padahal melakukan banyak aktivitas akan dapat menyebabkan ibu hamil merasa lelah.

  • Oleh karena itu, sebagai cara mengatasi mudah lelah pada ibu hamil, maka anda harus dapat membatasi waktu saat beraktivitas atau bekerja.
  • Jika diperlukan, anda dapat meminta kepada suami atau keluarga anda yang lainnya untuk membantu mengerjakan tugas rumah atau mengurus anak.

Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi sangat penting dilakukan saat anda sedang hamil. Anda harus menjaga asupan makanan, hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan akan berpengaruh buruk untuk kehamilan anda.

  • Nah, untuk melawan lelah yang sering dialami, maka disarankan pada ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Adapun beberapa makanan yang dapat dikonsumsi yaitu telur, ikan, keju, susu, serta aneka sayuran dan buah.
  • Sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji dan roti tawar putih. Karena konsumsi makanan ini justru akan membuat anda ngantuk. Untuk gantinya, anda dapat memilih konsumsi roti gandum sebab di dalamnya terkandung nutrisi yang baik.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Malam Hari

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Melakukan aktivitas fisik sesuai kemampuan disarankan bagi ibu hamil. Rutin melakukan olahraga akan membuat energi tubuh meningkat, serta membantu mengatasi rasa lelah.

  • Diketahui ada beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan, seperti jalan-jalan dalam rumah, yoga atau senam hamil.
  • Namun, sebelum melakukan olahraga pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter karena kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Untuk mencegah masalah dehidrasi, ibu hamil harus mengonsumsi cairan lebih banyak. Selain itu, minum air putih juga akan meringankan gejala morning sickness yang biasa dialami oleh ibu hamil. Selain itu, jika kebutuhan cairan tercukupi, ibu hamil akan merasa lebih segar dan terhindar dari kondisi mudah lelah.

Cara untuk mencukupi kebutuhan cairan, anda dapat minum air putih yang cukup dengan jumlah yang disarankan dalam setiap harinya.

Leave a Reply