data-ad-format="auto"

Tips Mengatasi Perubahan Suasana Hati (Mood Swing) Saat Hamil

Setiap ibu hamil seringkali diganggu oleh perasaan yang tidak nyaman. Perubahan suasana hati ini akan mempengaruhi emosi dan aktivitas ibu hami, inilah tips dan cara mengatasinya.

Masa kehamilan bukan merupakan masa yang mudah yang dilalui oleh wanita, perubahan hormon dan fisik yang akan mempengaruhi aktivitas ibu hamil. Beberapa diantaranya ibu hamil mengalami sensitif, rewel bahkan keluhan lainnya yang menyebabkan ibu hamil kurang produktif di rumah ataupun di tempat kerja.

Kondisi ketidaknyamanan pada ibu hamil sudah mulai diawali pada trimester pertama kehamilan yang ditandai dengan perubahan hormon kehamilan, ibu hamil mengalami morning sickness yaitu kondisi mual dan muntah. Selain itu lebih sensitit terhadap bau sehingga menghindari beberapa makanan tertentu.

Ketidaknyamanan pada ibu hamil akan berlangsung hingga masa kehamilan menjelang persalinan tiba. Kondisi dimana wanita hamil mengkhawatirkan penampilan.Kemudian setelah perut yang semakin membesar ,keluhan ibu hamil disebabkan karena faktor fisik yaitu susah tidur dan pegal-pegal.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Untuk membuat ibu hamil lebih nyaman dari mulai trimester pertama hingga menjelang persalinan dibutuhkan tips khusus yang akan membantu ibu hamil.

Sama halnya dengan kondisi ibu hamil yang mengalami perubahan suasana hati yang dialami oleh ibu hamil pada awal trimester pertama dan menjelang persalinan. Berikut ini penjelasan dan tips mengatasi perubahan suasana hati saat hamil :

Perubahan Suasana Hati Pada Ibu Hamil,Normalkah ?

Ketika ibu hamil mengalami depresi ,sedih dan tiba-tiba senang ini merupakan reaksi yang sulit untuk diterima oleh diri sendiri. Bahkan beberapa ibu hamil merasakan keterasingan, kurang percaya diri hingga bingung untuk melakukan tindakan ketika sedang hamil.

Perubahan emosi yang dialami oleh ibu hamil merupakan kondisi yang normal.Meskipun merupakan kondisi yang normal akan tetapi apabila dibiarkan akan membuat ibu mengalami frustasi. Sehingga ibu hamil memerlukan cara untuk memahami perasaan yang tidak biasa dirasakannya ini.

Suasana hati yang mudah berubah pada awal kehamilan.Dirasakan kembali pada ibu hamil usia kehamilan trimester akhir. Perasaan cemas dan kurang percaya diri menjelang persalinan ini membuat ibu merasa terbebani dan membutuhkan motivasi dari orang terdekat, termasuk suami.

Dengan demikian perubahan suasana hati pada ibu hamil dianggap normal karena merupakan perubahan hormon yang sama halnya dengan wanita yang sering mangalami perubahan suasana hati menjelang menstruasi.

Nah, untuk lebih jelasnya kami akan memberitahu beberapa faktor yang menyebabkan perubahan suasana hati pada ibu hamil.

Penyebab Perubahan Emosi Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan yang merupakan tantangan bagi ibu hamil dimana terjadinya perubahan saat hamil, yang lebih emosional dan sensitif dimana kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan perubahan emosi pada ibu hamil:

1.Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil didukung oleh American Pregnancy Association dimana tingkat hormon yang berubah sering berdampak pada perubahan suasana hati lebih emosional.Suasana hati akan lebih cepat berubah dibandingkan pada wanita yang tidak hamil.Perubahan emosional terjadi hebat pada trimester awal kehamilan dimana kadar estrogen dan juga progesteron meningkat.

2.Faktor Luar

Selain perubahan suasana hati yang disebabkan karena faktor biologis, faktor lain yang disebabkan karena adanya faktor luar yang menambah emosional. Pemicu ini terkait dengan pengalaman selama kehamilan yang berhubungan dengan kerjasama dengan pasangan,hubungan sosial dan juga faktor ekonomi.

Bahkan kecemasan ibu hamil terhadap kelahiran bayi disaat bayi mengalami gangguan fisik atau perkembangan abnormal yang menyebabkan  ibu hamil mengalami emosi yang negatif seperti kesedihan atau kecemasan pada awal kehamilan.

3.Test Selama Kehamilan

Bagi ibu hamil mengalami kemurungan, khawatir atau kecemasan akibat beberapa test yang harus dijalani. Kondisi ini dialami oleh ibu hamil pada minggu ke-15 hingga minggu ke-20 dimana dokter menandai diskrining.Beberapa ibu khawatir akan mengalami kondisi yang buruk untuk janin seperti cacat tabung saraf dan juga syndrom down.

Kekhawatiran ibu semakin terasa ketika ibu menjalani test trimester kedua dengan menggunakan USG. Dimana ibu hamil mencemaskan tumbuh kembang janin, kesehatan ibu dan juga kondisi genetik pada janin. Beberapa test ini yang membuat ibu menjadi cemas dan gugup mengenai hasil dari rangkaian test diatas. Sedangkan apabila dengan hasil  yang baik untuk ibu dan janin maka dapat meredakan kecemasan dan emosi yang positif untuk ibu hamil.

3.Kecemasan Menjadi Ibu Baru

Selanjutnya yang berhubungan dengan mental ibu hamil ketika membesarkan dan merawat bayi setelah persalinan. Kondisi ini seringkali membuat perubahan suasana hati, cemas dan juga membingungkan.

Perasaan cemas yang semakin meningkat, dimana ibu harus mengalami pengalaman baru dan membebani pikiran ibu selama beberapa minggu setelah persalinan. Sehingga ibu hamil mengalami kekhawatiran dan pola asuh yang membuat ibu hamil merasa tidak siap.

4.Depresi Selama Kehamilan

Perubahan emosional,depresi dan stres selama kehamilan akan menurunkan percaya  diri sendiri dan juga komunikasi dengan pasangan.Dengan demikian ibu hamil harus senantisa berbagi dengan cara menjalin komunikasi dengan pasangan.Sehingga dapat membantu mengurangi stres yang mempengaruhi perubahan suasana hati.

Tips Mengatasi Perubahan Suasana Hati Pada Ibu Hamil

Setelah anda mengetahui faktor penyebab perubahan suasan hati yaitu perubahan hormon dan lingkungan ibu hamil. Maka kami akan berbagi tips untuk anda dalam mengatasi perubahan suasana hati/mood swing :

1. Mengisi waktu luang ibu hamil dengan membaca buku , salah satunya buku seputar kehamilan yang akan membantu ibu hamil dalam mengatasi perubahan yang terjadi selama kehamilan .

2.Berjalan-jalan sehingga menjadi lebih menyenangkan

3.Memiliki banyak waktu untuk beristirahat.

4.Mengikuti berbagai kegiatan khusus ibu hamil seperti kelas meditasi, yoga dan juga pijat yang akan melemaskan otot-otot  selama kehamilan.

5.Nonton film dengan pasangan

6.Mengatur kegiatan sehingga tidak membuat anda merasa terbebani

7. Konsumsi makanan secara teratur dengan pola makan yang sehat dan seimbang

Dengan demikian perubahan yang dialami oleh ibu hamil selama trinester pertama hingga menjelang persalinan dapat diatasi dengan bantuan orang terdekat terlebih utama adalah suami. Pastikan juga anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kesehatan anda dan janin selama kehamilan.

Perubahan suasana hati yang dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama dianggap sebagai kondisi yang normal dialami oleh ibu hamil karena dipengaruhi oleh hormone dan juga perubahan fisik. Sedangkan perubahan suasana hati pada trimester akhir disebabkan karena ibu hamil mengalami kurang percaya diri sehingga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan bantuan yang utama dari suami.

Apabila ditemukan perubahan suasana hati yang menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan ibu hamil sebaiknya ibu hamil melakukan beberapa penanaganan. Diantaranya adalah dengan berkonsultasi dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan pada bidan ,psikologi atau dokter sehingga membantu dalam mengurangi kondisi yang mengganggu aktivitas anda.  

Loading...

Follow us