data-ad-format="auto"

Cara Merawat Kehamilan Trimester Pertama yang Menyenangkan

Diawal kehamilan beberapa kondisi yang membutuhkan adaptasi dari calon ibu sangat dibutuhkan, kondisi ini merupakan penyesuaian dari perubahan hormon kehamilan yang terjadi.Mari merawat kehamilan diusia trimester pertama dengan cara yang menyenangkan.

Bagi anda yang pertama kali hamil, pengalaman ini terasa sangat melelahkan.Anda sering merasakan mual, capek, insomnia dan juga mengalami gangguan aktivitas pada saat hamil muda, bahkan berlangsung hingga 3 bulan pertama. Meskipun kondisi ini sangat umum dialami oleh ibu hamil akan tetapi sebaiknya perhatikan kegiatan yang akan mengganggu kesehatan anda.

Pada saat anda hamil anda tidak hanya berdiam diri dan istirahhat dirumah melainkan ada banyak cara yang menyenangkan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Kami akan berbagi tips untuk anda merawat kehamilan di trimester pertama dengan cara yang menyenangkan sehingga anda dapat melewati kehamilan dengan bahagia.

Berikut adalah tips dan cara merawat kehamilan di trimester pertama dengan cara yang menyenangkan:

Manjakan Diri dengan Berbelanja

Wanita sangat senang berbelanja bahkan ketika anda sedang hamil pasti banyak daftar barang baru yang harus anda tambahkan dalam daftar belanjaan anda. Keperluan ini akan diperlukan selama kehamilan,salah satu diantaranya adalah kebutuhan yang sangat mendesak pada usia kehamilan trimester pertama.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Ketika anda mengalami perasaan bingung apa saja yang harus dibeli pada usia kehamilan trimester pertama. Apakah anda harus membeli baju hamil, perlengkapan bayi atau keperluan pribadi ?Nah, untuk menjawab pertanyaan anda sebaiknya anda melakukan daftar belanja berikut ini .

1.Membeli Buku Kehamilan

Urutan yang pertama dalam daftar belanja adalah membeli buku kehamilan. Buku kehamilan sangat diperlukan untuk membantu menambah pengetahuan tentang kehamilan apalagi bila anda memasuki kehamilan anak pertama. Buku ini akan membantu menjadi panduan mengenal perkembangan dan pertumbuhan janin, kesehatan ibu hamil dan juga persiapan menjelang persalinan.

Bahkan buku kehamilan umumnya memberikan panduan mengenai pola makan dan aktivitas yang harus dilakukan oleh ibu hamil sehingga dapat membantu menjaga kehamilan yang sehat setiap usia kehamilan.

2.Celana Hamil

Perut yang akan semakin membesar akan menyulitkan anda beraktivitas. Apalagi bila anda masih menggunakan jeans. Selain akan menimbulkan masalah pada kesehatan kulit selama kehamilan.Ibu hamil akan mengalami sesak sehingga menyulitkan untuk bernafas ketika usia kehamilan semakin membesar.Celana hamil seperti apa yang harus dibeli?

Celana hamil yang dilengkapi dengan waistband extender atau adanya karet tambahan pada pinggul yang dapat mengatur  kelenturan saat digunakan. Celana jenis ini akan digunakan hingga usia kehamilan trimester kedua.

3.Pakaian Dalam

Daftar belanja selanjutnya adalah pakaian dalam. Pada saat hamil perubahan tubuh yang semakin membesar. Salah satunya adalah bra kehamilan. Anda dapat memilih bra yang lebih nyaman dan mengganti bra yang ada kawatnya karena akan membuat ukuran dada yang semakin membesar menjadi terdesak dan sesak nafas.

4.Perawatan Mulut

Pada trimester pertama anda akan mengalami masalah dengan kesehatan mulut sehingga selama hamil anda sering mengalami masalah sariawan atau gangguan gusi. Bahkan pada trimester pertama ini seringkali mulut kering dan dehidrasi.

Daftar belanja selanjutnya adalah perawatan mulut ,apabila anda ragu untuk memilih produk anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Manjakan diri dengan Menggunakan Make Up Saat Hamil

Penggunaan make up saat hamil memang tidak disarankan dengan menggunakan produk berbahan kimia yang berbahaya. Sehingga penggunaan make up yang aman dan minimalis lebih diutamakan untuk ibu hamil ditrimester pertama.

Inilah cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan make up minimalis saat trimester pertama kehamilan:

1.Menggunakan Pelembab

Ibu hamil yang mengalami kulit kering yang dihadapi wanita sedang trimester pertama. Untuk menjaga kelembaban kulit anda dapat menggunakan pelembab yang aman. Pilihlah pelembab yang aman khusus ibu hamil, konsultasikan dengan dokter.

2.Krim dan Foundation yang Aman

Menjaga kesehatan kulit wajah ,ibu hamil dapat menggunakan foundation wajah.Beberapa produk foundation khusus ibu hamil yang aman dan terhindar dari bahan kimia yang berbahaya.BB krim dapat juga menjadi solusi dari pelembab dasar make up yang anda gunakan untuk merawat kulit.

3.Tidak perlu menor

Pada saat sedang hamil gunakan riasan yang sederhana. Pada wanita yang sedang hamil biasanya akan lebih cerah sehingga penggunaan make up minimalis sangat pas untuk ibu hamil.Anda dapat menggunakan bedak yang warnanya tidak terlalu putih dan merona pada bagian kulit wajah.

4.Pilihan warna Lipstik

Warna lipstik yang cocok ditonjolkan untuk ibu hamil.Anda dapat menggunakan warna yang muda seperti warna ungu muda, pink dan warna-warna lainnya. Ibu hamil yang sering mengalami kering pada bagian bibir dapat juga menggunakan lipgloss saja.

5.Make up di Mata

Pilihan warna riasan make up mata disarankan menggunakan warna pastel. Gunakan eye shadow dengan warna cokelat terang atau warna-warna yang lembut. Sehingga untuk menegaskan warna mata anda dapat menggunakan eye liner hitam.

6.Riasan rambut untuk ibu hamil

Ibu hamil yang semakin memiliki perubahan tubuh membesar memerlukan hiasan rambut yang pas.Kesan gemuk seseorang wanita pada saat hamil dapat diimbangi dengan rambut yang tergerai atau menggunakan jepit pada bagian tengah rambut untuk menghindari rambut yang menghalangi wajah.Sehinga lebih tampil feminim, segar dan sehat ketika sedang hamil.

7.Pilihan Baju Hamil

Baju hamil yang pas dan cocok untuk ibu hamil dapat dipadupadakan sesuai dengan acara. Beberapa pilihan baju hamil seperti jump suit, gaun dan juga dress maxi. Gunakan aksesoris yang tepat dengan penampilan anda sehingga menambahkan percaya diri.

Mendokumentasikan Kehamilan

Merencanakan foto saat hamil sangat menyenangkan.Anda tidak hanya akan terpaku pada pakaian yang akan dikenakan melainkan beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada saat foto kehamilan sehingga terlihat cantik.

1.Penampilan Natural

Wanita yang sedang hamil identik dengan kecantikan alami untuk penampilan natural  gunakan make up yang minimalis. Penggunaan lipgloss,alas bedak, dan riasan mata yang ringan sehinggga terkesan segar.Ibu hamil cukup dibuat curly, dicatok, atau malah dikuncir diatas sehingga semakin terbuka aura kecantikan.

2.Kurangi Properti Minimalis

Foto kehamilan dengan properti yang sederhana,usahakan hanya dalam satu atau dua properti untuk menghiasi foto.Sehingga dapat menonjolkan foto kehamilan anda.

3.Perhatikan Angle

Pengambilan angle yang tepat yaitu dari samping agar kehamilan yang jelas saat difoto.Dengan angle foto disamping sehingga memperlihatkan seberapa besar kehamilannya. Hindari mengambil foto kehamilan dari atas karena bagian perut tidak akan terlihat jelas.Bahkan mengambil foto dari jarak jauh ini juga kurang baik karena perut ibu hamil tidak akan terlihat jelas. 

Dengan demikian kehamilan yang menyenangkan di trimester pertama dapat anda ciptakan sendiri dengan kegiatan yang tidak sulit untuk dikerjakan. Terlebih  bagi anda sangat menyenangkan apabila dapat memanjakan diri ketika kehamilan sedang berlangsung dan juga mendapatkan dukungan dari suami tercinta. 

Loading...

Follow us