data-ad-format="auto"

Tips Mengetahui Kehamilan Bermasalah 'Kehamilan Anggur'

Kehamilan yang membahagikan kini menjadi duka kareana didalam rahim wanita tidak tumbuh janin atau sering disebut kehamilan anggur.Bagaimana cara mengetahui kehamilan anggur?

Penyebab Hamil Anggur

Kehamilan yang membahagiakan kini berubah menjadi kehamilan yang tidak diharapkan,salah satunya kehamilan yang bermasalah adalah kehamilan anggur. Kehamilan anggur menurut penelitian dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab  hamil anggur mungkin disebabkan karena 2 atau 3 faktor yang berada di daam diri .

Beberapa penyebab hamil anggur dapat disebabkan karena faktor kondisi kesehatan wanita. Wanita yang pernah mengalami keguguran dikehamilan sebelumnya memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kehamilan anggur. Hal ini dikarenakan adanya sisa jaringan dari keguguran yang tertinggal didalam rahim .

Selain itu kehamilan anggur juga dikarenakan golongan darah. wanita dengan golongan darah A dan juga AB memiliki kemungkinan risiko kehamilan anggur yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang memiliki golongan darah B atau O .

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Begitupula dengan wanita yang mengkonsumsi pil Kb dalam kurun waktu yang cukup lama maka akan berisiko tinggi  mendapatkan kehamilan anggur. Kehamilan anggur ini juga sering terjadi pada wanita yang hamil diusia lebih dari 35 tahun. Sehingga dokter menyarankan untuk merencanakan kehamilan sebelum usia 30 tahun .

Hamil anggur yang mungkin terjadi pada wanita adalah hamil anggur jenis partial molar pregnancy.Kondisi ini akan berbeda dengan jenis hamil anggur complete molar pregnancy. Meskipun sumber masalahnya adalah kromosom pada pembuahan. Pada kehamilan ini penggandaan pada kromosom pria didalam proses pembuahan.Hanya saja pada kasus partial molar pregnancy keterlibatan dari pihak wanita yang masih hadir didalam pembuahan .

Sedangkan untuk kehamilan anggur jenis complete molar pregnancy didalam pembuahan yang berperan hanya kromosom pria saja.Pada pembuahan kromosom yang ibu dan ayah tetap terjadi hanya saka kromosom ibu tiba-tiba menghilang dan tidak berperan dalam pembuahan. Selanjutnya, kromosom dari ayah mengganda didalam dirinya sendiri . Sehingga kehamilan yang normal tidak mungkin terjadi.

Bahkan diduga kehamilan anggur ini merupakan tumbuhnya mole alias jaringan yang berbentuk gerombolan anggur yang terjadi pada rahim . Jaringan pada awalnya bernama hydatidiform mole sebagai penyebab kanker.Basic mole dibedakan berdasarkan stagesnya. Pada stages pertama partial mole ,complete mole, persistent gestational trophoblastic disease dan juga choriocarcinoma.

Cara Mengetahui Kehamilan Anggur

Kehamilan normal umumnya ditandai dengan datang bulan yang terlambat dan terjadinya morning sickness.Sedangkan untuk tanda-tanda kehamilan anggur. Wanita mengalami pendarahan dari vagina yang kemudian disertai dengan rasa sakit yang berlebih . Untuk memastikan pendarahan normal sebagai tanda kehamilan atau merupakan pendarahan yang hebat sebagai tanda hamil anggur, anda dapat berkonsultasi dengan dokter.Hal ini disebabkan karena masing-masing individu memiliki perbedaan kondisi kesehatan.

Pendarahan yang dialami oleh wanita yang hamil anggur dapat terputus-putus atau berkelanjutna dengan ciri berwarna merah terangb hingga coklat tua yang terjadi pada usia kehamilan 6 sampai 16 minggu. Selain itu pada wanita hamil anggur ditandai dengan mual dan muntah. Bagaimana membedakannya ?

Mual dan muntah yang dialami oleh wanita hamil anggur disertai dengan gejala lain yaitu hyperthyroidism yaitu cepat lelah, keringat berlebih dan detak jantung yang tidak teratur. Bahkan kehamilan anggur akan menyebabkan plasenta tumbuh lebih cepat dari keadaan normal.

Anemia merupakan jumlah sel darah merah yang rendah sebagai tanda adanya kehamilan anggur.Anemia disebabkan karena pendarahan yang berlebih sehingga membuat anda lebih cepat lelah. Selain anemia, wanita yang mengalami hamil anggur rawan terkena preeklamsia.

Wanita yang menderita preeklamsia lebih berisiko tinggi terkena hamil anggur.Preeklamsia ini ditandai dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan protein yang terdapat didalam urin.Kondisi kehamilan normal, umumnya wanita berisiko preeklamsia pada usia kehamilan akhir.Sedangkan pada kehamilan anggur preklamsia terjadi lebih cepat.Untuk memastikannya hubungi dokter tes darah dengan kadar hormon HCG.

Bagaimana menghindari kehamilan anggur ?

Pemicu kehamilan anggur yang paling utama adalah ibu pernah mengalami keguguran sebelumnya. Pastikan melakukan penanganan yang tepat dalam membersihkan sisa-sisa keguguran pada rahim. Sehingga rahim bersih akan mengurangi risiko terjadinya kehamilan anggur yang menakutkan wanita hamil.

Setelah dokter membuang jaringan abnormal didalam rahim penyebab hamil anggur kemudian sebelum wanita berencana hamil lagi disarankan untuk melakukan treatment. Setelah pilihan treatment yang  cocok maka akan dilakukan pemeriksaan ulang pasca treatment.

Test yang dilakukan adalah level HCg yang semakin menurun mencapai angka 0 maka treatment berhasil .Sedangkan sebaliknya apabila menunjukan penurunan dan justru naik maka akan menunjukan bahwa jaringan molar yang berada didalam rahim anda masih bermasalah.

Ahli medis akan menyarankan anda untuk melakukan treatment ulang untuk membuang jaringan molar yang masih tertinggal didalam rahim. Tindakan operasi juga dapat dilakukan untuk membersihkan secara menyeluruh dan rahim benar-benar bersih.

Bahkan dukungan dari keluarga dan suami sangat diperlukan. Kekecewaan yang dirasakan ketika kehamilan anggur sangat mendalam pada seorang wanita dimana akan menimbulkan efek stres, dan kehilangan kepercayaan diri.

Kesehatan mental dari wanita yang pernah mengalami kehamilan anggur harus dapat dilakukan pemulihan melalui terapi dan dukungan dari suami.Hal ini untuk mengurangi terjadinya risiko post partum depression yang menganggu wanita secara berkelanjutan.

Kesimpulan Cara Mengetahui Kehamilan Anggur Pada Wanita Hamil

Dengan demikian ciri-ciri dari kehamilan anggur dapat diketahui dari ibu hamil yang mengalami tanda hamil diluar kehamilan normal.Pada setiap ibu hamil umumnya menderita gangguan seperti mengalami kondisi mual dan muntah, bercak darah, cepat lelah dan lemas, berisiko anemia dan preeklamsia.Hanya saja bagi wanita yang mengalami kehamilan anggur kondisi tersebut akan dua kali lebih besar.

Pertama ibu hamil akan mengalami kondisi mual dan muntah yang dua kali lipat, kemudian mengalami bercak darah. Bercak darah bahkan meningkat karena adanya risiko pendarahan yang lebih besar. Bahkan kondisi ini akan meningkat dan menyebabkan wanita hamil mengalami anemia. Kondisi anemia yang kritis akan membuat ibu hamil lemah, lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Selanjutnya adalah terjadinya preeklamsia, preeklamsia adalah kondisi dimana ibu hamil mengalami gangguan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat umumnya dialami oleh ibu hamil ditrimester terakhir akan tetapi pada ibu hamil dengan kahamilan anggur maka akan menyebabkan preeklamsia di usia kandungan yang masih muda .

Apabila menemukan tanda-tanda kehamilan tersebut sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dugaan kehamilan anggur. Dokter atau bidan akan melakukan test pemeriksaan melalui USG. Apabila ditemukan kondisi abnormal maka akan dilakukan tindakan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga masa pemulihan untuk dapat merencanakan kehamilan kembali. Treatment tersebut harus diikuti oleh ibu hamil sampai tuntas sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kehamilan anggur kembali .

Loading...

Follow us