Penyakit Sakit Pinggang | Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya!

Semua orang pasti pernah mengalami penyakit sakit pinggang. Penyakit sakit pinggang yang dirasakan, ditandai dengan munculnya rasa nyeri bahkan kram pada bagian perut depan sampai belakang. Umumnya, sakit pinggang bukanlah suatu penyakit yang mengancam nyawa dan mampu diatasi di rumah saja. Cara mengobati penyakit sakit pinggang sangatlah mudah untuk dilakukan oleh penderitanya.

Penyakit Sakit Pinggang | Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya!

Penyakit sakit pinggang biasanya datang secara tiba-tiba dan dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa hal seperti mengangkat benda yang berat, cedera karena olahraga dapat menyebabkan penyakit sakit pinggang.

Apa yang dimaksud penyakit sakit pinggang?

Sakit pinggang adalah suatu kondisi kesehatan yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sakit yang dirasakan biasanya dimulai dari bawah tulang rusuk atau daerah lumbar. Rasa sakit yang dirasakan pengidapnya dapat semakin kuat, sehingga mampu mengganggu aktivitas sehari-hari. Kaum wanita biasanya lebih sering untuk terkena sakit pinggang, ini disebabkan oleh kelainan wanita atau infeksi pada sistem reproduksi wanita.

Faktor resiko sakit pinggang

Sebagian orang banyak yang mengalami sakit kepala pada usia 30 tahun an. Resiko terjadinya serangan tambahan akan meningkat seiring usia bertambah. Berikut faktor-faktor yang mampu meningkatkan resiko mengalami sakit pinggang.

  • Kelebihan berat badan
  • Sering mengangkat barang-barang yang berat
  • Terlalu lama duduk

Penyebab penyakit sakit pinggang

Penyakit sakit pinggang yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa keadaan. Lantas apa saja penyebab dari sakit pinggang? Berikut rangkuman nya.

Sakit pinggang akut

Sakit pinggang akut adalah rasa sakit yang dapat muncul secara tiba-tiba. Penyakit ini dapat muncul dengan beberapa penyebab seperti:

  • Penyakit radang panggul akut. Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang mampu menyerang organ reproduksi wanita. Jika terjadi, segera periksakan ke dokter untuk diberikan obat antibiotik, menangani infeksi bakteri yang terjadi.
  • Penyakit usus buntuk. Usus buntu adalah kantong sebesar jari yang menghubungkan ke usus besar. Ini akan menghasilkan rasa sakit pada daerah perut bagian bawah di sisi sebelah kanan.
  • Kram usus. Berbagai kondisi yang mampu menyebabkan kram pada usus diantaranya karena tubuh kekurangan serat, penggunaan obat-obatan tertentu serta gangguan pada pencernaan.
  • Kista ovarium. Kista ini dapat terjadi karena adanya kantong yang berisi cairan dan terbentuk pada bagian ovarium. Pada umumnya, kondisi tersebut tidak berbahaya dan dapat hilang dengan tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi, jika kantung tersebut retak, membesar bahkan menutupi darah yang menuju ke ovarium dapat menyebabkan sakit pinggang. Tak jarang kondisi ini harus memerlukan prosedur pengangkatan.

Baca Juga : Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Kenali Penyebabnya

Sakit pinggang kronis

Sakit pinggang kronis ini adalah sakit pinggang yang dapat terjadi dalam waktu 6 bulan atau lebih. Sakit pinggang ini terjadi secara berkelanjutan, umumnya dapat terasa lebih nyeri daripada sakit pinggang ketika sedang haid atau menstruasi. Berikut penyebab munculnya sakit pinggang kronis.

  • Adanya kelainan pada sistem reproduksi wanita, ketika jaringan dan lapisan di dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim.
  • Radang panggul kronis. Penyebab jenis ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Infeksi bakteri tersebut mampu menyerang organ reproduksi wanita. Kondisi ini harus segera diperiksakan untuk pemberian obat antibiotik secara tepat.
  • Sindrom iritasi usus. Kondisi ini umum terjadi pada sistem pencernaan. Kondisi ini mampu menyebabkan kram pada perut, kembung serta diare.

Gejala penyakit sakit pinggang

Gejala sakit pinggang yang dirasakan bergantung pada sumber penyebab dari kondisi tersebut. Rasa sakit yang muncul dapat berkumpul pada satu titik bahkan menyebar. Tingkat keparahan dari sakit pinggang ini dapat bervariasi, mulai dari ringan, menengah, bahkan sampai parah. Penyebaran rasa sakit ini meiputi paha, bokong serta punggung bagian bawah. Rasa sakit yang dirasakan berlangsung lebih dari 3 bulan, ini dianggap sebagai sakit pinggang kronis.

Pengobatan sakit pinggang

Sakit pinggang yang terjadi dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan penanganan dokter. Beberapa cara dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit. Anda bisa mengompres dengan air hangat, mengistirahatkan pinggang, serta mengkonsumsi pereda sakit. Akan tetapi, jika mengkonsumsi obat pereda nyeri dalam waktu cukup lama harus memerlukan resep dokter.

Cara mengatasi sakit pinggang

Untuk mengatasi sakit pinggang yang terjadi dapat melakukan beberapa cara. Bila masih belum ada perubahan serta rasa sakit berlangsung lebih dari 3 bulan, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Berikut cara yang dapat dilakukan dirumah untuk mengatasi sakit pinggang.

Lakukan Olahraga atau Aktivitas fisik

aerobik

Melakukan olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi mampu membuat otot menjadi lentur serta mengurangi resiko terjadinya cedera. Salah satu cara untuk mengatasi sakit pinggang yaitu dengan melakukan olahraga kurang lebih selama 20-30 menit. Anda bisa melakukan olahraga seperti aerobik, fleksibilitas serta latihan kekuatan.

Kompresan dingin dengan kantong pemanas

Kombinasi yang dirasakan dari kompresan dingin dan kantong pemanas, menjadi alternatif untuk mengobati sakit pinggang yang dialami. Setelah menaruh kompresan dingin, anda dapat menaruh kantong pemanas pada daerah pinggang. Ini bertujuan untuk melemaskan otot, meningkatkan peredaran darah, serta mengurangi sakit pinggang.

Kurangi berbaring di tempat tidur

Berbaring di tempat tidur yang lama bukanlah cara untuk mengatasi sakit pinggang yang terjadi. Anda perlu tetap menggerakan tubuh supaya otot tidak menjadi kaku.

Meregangkan otot paha belakang

meregangkan otot belakang

Otot paha belakang yang tegang mampu menjadi salah satu penyebab dari munculnya sakit pinggang. Peregangan pada otot paha belakang yang dilakukan secara perlahan mampu meredakan rasa sakit di pinggang. Peregangan ini dapat dilakukan setidaknya kurang lebih dua kali sehari.

Berdiri sejenak

Postur tubuh yang membungkuk pada kursi saat bekerja, mampu meningkatkan resiko terkena sakit pinggang. Anda sebaiknya dapat berdiri setiap 20 menit, serta mengangkat tubuh. Anda juga dapat mengatur postur tubuh ketika duduk supaya tidak terlalu membungkuk saat bekerja.

Turunkan berat badan

menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih mampu memberikan tekanan yang lebih kepada tuang belakang. Ini dapat menyebabkan sakit pada pinggang. Menurunkan berat badan mampu mengurangi sakit pinggang yang dirasakan oleh penderitanya. Anda dapat melakukan diet dan berolahraga supaya berat badan cepat turun dan kembali ideal.

Lakukan aktivitas yang membahagiakan

Melakukan aktivitas yang membahagiakan mampu meningkatkan suasana hati, serta mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Anda dapat melakukan aktivitas seperti bersosialisasi dengan sahabat, minum teh hangat dan kegiatan lainnya yang menyenangkan.

Kapan harus berkonsultasi ke dokter?

Sakit pinggang pada umumnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Rasa sakit akan hilang dengan melakukan cara sederhana dirumah tanpa ke dokter. Akan tetapi, jika setelah melakukan cara mengatasi dirumah dan rasa sakit tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter. Berikut gejala yang harus diwaspadai:

  • Kehilangan fungsi untuk buang air kecil atau buang air besar
  • Mengalami rasa sakit yang sangat parah dan tidak tertahankan
  • Merasakan sensasi menggelitik pada paha atau kebas
  • Kesulitan untuk berjalan dan menggerakan paha

Jika merasakan tanda-tanda tersebut, segera konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Sakit pinggang merupakan hal yang umum terjadi. Berolahraga secara teratur, melatih postur tubuh yang baik, serta menjaga berat badan dapat mengurangi resiko terkena sakit pinggang.

Semoga Bermanfaat!!

Leave a Reply