data-ad-format="auto"

Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Kenali Penyebabnya

Sakit perut merupakan kondisi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan keadaan ini sudah dianggap sebagai hal biasa dan tidak dianggap terlalu serius.

Sakit yang dirasa di daerah perut itu sendiri biasanya tidak hanya pada satu tempat, karena perut itu sendiri terdiri dari bagian-bagian tertentu, baik itu sebelah kiri, kanan, atas atau pun bawah. Namun, dalam kasus tertentu sakit perut merupakan tanda penyakit yang serius.

Ketika kita merasa sakit pada bagian perut sebelah kiri bawah, biasanya berkaitan dengan sistem pencernaan. Namun, juga bisa berhubungan dengan organ reproduksi, masalah kulit, saluran pencernaan, pembuluh darah dan dinding perut.

Untuk memastikan penyebab pasti sakit perut sebelah kiri bawah, maka akan lebih baiknya jika segera menghubungi dokter. Selain mengetahui penyebabnya, juga untuk mendapatkan perawatan tepat mengenai gangguan ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

SAKIT PERUT KIRI BAWAH

Seseorang yang mengalami sakit perut sebelah kiri bawah biasanya mengalami gangguan atau penyakit yang cukup serius pada sepanjang daerah yang terkena dampaknya.

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab sakit perut sebalah kiri bawah, berikut ini ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi merupakan keadaan dimana penderitanya susah buang air besar yang disebabkan karena sembelit. Yang mana keadaan ini juga bisa menyebabkan sakit perut bagian kiri bawah. Keadaan ini terjadi yaitu karena ketidakmampuan untuk mengeluarkan feses dengan teratur. Biasanya rasa sakit tersebut akan hilang setelah feses berhasil dikeluarkan. Untuk mengatasi keadaan ini diperlukan obat pencahar atau diet tinggi serat serta mengkonsumsi banyak cairan.

Diverticulitis

Gangguan ini biasanya lebih sering menyerang orang yang lebih tua. Rasa sakit pada perut bagian kiri bawah ini biasanya akan muncul dengan tiba-tiba bahkan akan terasa parah, serta memburuk dari waktu ke waktu atau hilang dan timbul. Selain sakit perut bagian kiri bawah, gangguan ini juga akan menunjukan gejala lainnya seperti:

  • Adanya pembengkakan pada perut kiri bawah
  • Perut kembung
  • Demam
  • Merasa mual dan muntah
  • Diare

Dalam kasus ringan, gangguan ini bisa diobati dengan mengatur gaya hidup seperti istirahat yang cukup, perubahan diet, serta minum antibiotik yang disarankan dokter. Sedangkan untuk kasus yang lebih serius memerlukan penanganan yang lebih lanjut atau dilakukan operasi.

Gangguan Usus

Kolitis Ulserativa

Berdasarkan penelitian medis mengungkapkan bahwa gangguan ini merupakan penyebab utama timbulnya rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri bawah. Biasanya penyakit ini mempengaruhi baik itu pria atau wanita.

Kolitis ulserativa merupakan gangguan inflamasi yang terjadi pada usus besar atau kolon. Yang mana gangguan ini kemudian akan mempengaruhi bagian divertikula pada saluran pencernaan.

Gangguan ini biasanya ditandai dengan gejala sakit perut, diare mengandung darah, demam, mudah lelah dan berat badan menurun.

Obstruksi usus

Obstruksi usus merupakan kondisi yang terlihat sebagai akibat karena kurangnya aliran dari makanan atau cairan melalu sistem pencernaan, sehingga dengan begitu akan menyebabkan rasa sakit pada sisi kanan bagian bawah perut.

Orang yang mengalami gangguan ini akan mengalami nyeri perut, muntah, sembelit parah dan gejala penyumbatan lainnya.

Kanker Usus Besar

Meskipun kasus ini jarang terjadi, tetapi sakit perut bagian kiri bawah bisa menjadi salah satu tanda karena adanya kanker usus besar.

Gangguan Saluran Kemih

Batu Ginjal

Rasa sakit pada perut bagian kiri bawah akan timbul ketika batu ginjal melewati saluran kemih, mulai dari ginjal ke kandung kemih. Rasa sakit perut yang timbul akan datang secara mendadak bahkan akan sangat parah. Rasa sakit kemungkinan besar akan menyebar pada daerah-daerah lainnya seperti punggung dan pingang, sakit perut kiri bawah dan pangkal paha. Gejala lain yang terlihat di antaranya yaitu, mual, muntah, demam, adanya rasa nyeri saat buang air kecil, urin berwarna merah atau merah muda, sering buang air kecil dan lain sebagainya.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih sering dikaitkan dengan rasa nyeri ketika buang air kecil atau dorongan untuk terus menerus buang air kecil. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyerang sistem ekresi seperti kandung kemih, ginjal, serta ureter atau uretra. Infeksi bakteri pada kandung kemih ini juga bisa menjadi penyebab rasa sakit pada perut bagian kiri bawah.

Infeksi Ginjal

Infeksi pada saluran kemih juga bisa menyebar ke ginjal kiri dan menyebabkan rasa sakit pada perut bagian kiri bawah serta akan menyebar ke bagian pangkal paha dan pinggang. Rasa sakit tidak muncul secara tiba-tiba, karena sebelumnya penderita akan menunjukan gejala-gejala terlebih dahulu seperti muntah dan demam. Seringnya buang air kecil dan menyakitkan. Bahkan terlihat adanya darah pada urin. Infeksi ginjal harus segera diobati, karena jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi yang lebih luas serta meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada ginjal.

Kondisi Khusus Pada Wanita

Kista Ovarium Kiri

Kista yang terdapat pada ovarium jika terlalu besar akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sakit, bahkan rasa sakit tersebut akan menyebar ke bagian punggung bawah. Selain rasa sakit pada perut bagian kiri bawah, gejala lain yang ditunjukan yaitu terasa mual, muntah, menstruasi tidak teratur, dan lain sebagainya.

Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik juga disebut sebagai kehamilan di luar kandungan, yang mana jika terganggu maka akan menyebabkan rasa sakit pada perut kiri bawah ataupun kanan bawah.

Endometriosis

Endometriosis merupakan gangguan yang mana jaringan rahim tumbuh di luar rongga rahim. Efeknya yaitu akan terasa nyeri pada bagian perut. Selain itu, gangguan ini juga bisa menyebabkan diare, konstipasi, serta terasa nyeri saat buang air kecil atau menstruasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Kiri Bawah?

Mengatasi rasa sakit perut bagian kiri bawah tergantung pada penyebab sakit perut itu sendiri.

Jika anda sering sakit perut kiri bawah, bahkan rasa sakit tersebut sering muncul serta diiringi dengan buang air besar berdarah, muntah darah, perut terasa kaku, pendarahan jalan lahir, terasa lemas dan wajah pucat, maka usahakan untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Namun, jika penyebabnya ringan bisa ditangani sendiri dengan melakukan perawatan di rumah.

Atur Pola Makan

Penyebab ringan sakit perut kiri yaitu karena kebiasaan mengkonsumsi makanan yang buruk atau pola makan yang tidak teratur. Untuk menghindari atau mengatasi sakit perut, maka sangat dianjurkan untuk melakukan diet seimbang. Selain itu, tubuh anda juga harus mendapatkan cairan yang cukup, usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari. Langkah ini akan menghindari masalah sakit perut yang disebabkan karena sembelit atau gas. Hindari juga beberapa makanan yang dapat menyebabkan iritasi seperti makanan asam atau pedas.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Latihan fisik yang tidak terlalu berat seperti yoga sangat membantu merilekskan otot perut. Langkah ini bisa anda lakukan untuk meringankan sakit perut yang disebabkan karena tegang otot. Namun, ketika latihan anda harus menghindari tekanan pada daerah perut yang terasa sakit. Jika rasa sakit semakin parah, anda bisa menghindari latihan fisik ini.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit perut kiri bawah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us