Jerawat Di Wajah | Pengertian, Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya!

Masalah jerawat di wajah tidak hanya dialami oleh ABG saja. Kini orang dewasa, bahkan orang tua juga dapat mengalaminya. Jerawat di wajah sangat mengganggu bagi penderitanya. Membasmi jerawat di wajah memang bukan suatu hal yang mudah. Perawatan yang mahal pun tidak akan berhasil, jika kebiasaan sehari-hari dan pola makan yang buruk masih dilakukan.

Jerawat Di Wajah | Cegah Dengan Cara Ini!!

Apa itu jerawat?

Jerawat atau acne adalah gangguan yang terjadi pada kulit, yang berhubungan dengan berlebihnya produksi minyak atau sebum pada. Jerawat dapat terjadi ketika tersumbatnya folikel atau tempat tumbuhnya rambut oleh minyak dan sel kulit yang mati. Hal tersebut mampu menyebabkan peradangan serta pri-pori kulit menjadi tersumbat. Peradangan yang muncul ditandai dengan adanya benjolan kecil yang kadang-kadang berisi nanah di atas permukaan kulit.

Gangguan kulit ini sebenarnya tidak hanya muncul pada area wajah saja, di bagian tubuh lainnya pun dapat terjadi. Seperti di bagian leher, dada, punggung serta area lainnya yang mempunyai kelenjar minyak tinggi. Jerawat yang muncul dapat memperlihatkan gejala bagi penderitanya. Lantas apa saja gejala yang diakibatkan oleh jerawat tersebut? Berikut rangkuman nya.

Gejala Jerawat

Gejala yang dapat dirasakan oleh setiap orang tentu berbeda, namun ada beberapa gejala yang umum dirasakan. Yuk kita simak point-point berikut.

  • Terdapat benjolan kecil yang berwarna kemerahan atau kuning (ini karena mengandung nanah).
  • Sensasi panas dan terbakar akan terjadi akibat adanya peradangan kulit.
  • Pada benjolan terasa gatal.

Penyebab jerawat di wajah

Membasmi jerawat memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Perawatan yang mahal pun tidak akan berhasil, jika kebiasaan buruk sehari-harinya masih dilakukan secara tidak sadar. Kebiasaan yang buruk jika masih dilakukan sehari-harinya mampu menyebabkan jerawat bermunculan. Sebaiknya anda hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat, berikut ulasan nya.

Baca Juga : Alaminya Kunyit Mampu Hilangkan Jerawat

Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor menjadi kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Bakteri yang menempel pada tangan mampu menempel juga di kulit, serta pori-pori menjadi tersumbat. Hal tersebut mampu membuat kulit wajah menjadi rentan terkena jerawat.

Selain tangan yang kotor menyentuk wajah, benda-benda yang menempel pada wajah juga akan beresiko menyebabkan jerawat. Seperti handpone, alat makeup, bahkan keringat sekalipun dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk menghindarinya, sebaiknya anda kurangi kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor. Jika ingin menyentuh area wajah sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa tangan benar-benar bersih.

Rambut yang kotor

Tidak semua orang melakukan keramas setiap hari secara rutin. Terlepas dari seberapa sering melakukan keramas, penting sekali bagi anda untuk keramas secara rutin. Apalagi jika anda mempunyai rambut yang panjang, tipis dan berponi. Faktanya, jarang melakukan keramas tidak hanya membuat rambut menjadi bau dan lepek saja.

Kotoran yang menempel pada rambut akan ikut menempel juga pada wajah anda. Akibatnya, kulit wajah menjadi rentan terkena jerawat.

Terlalu sering mencuci wajah atau melakukan eksfoliasi (scrub)

Salah satu kunci untuk mempunyai kulit yang bebas dari jerawat adalah menjaga kebersihan wajah. Oleh karena itu, mungkin selama ini anda menjaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah sesering mungkin. Akan tetapi, mencuci wajah dengan sering ternyata akan membuat jerawat rentan terjadi.

Faktanya, mencuci wajah dengan sering mampu membuat kulit menjadi iritasi dan sensitif. Sebenarnya, minyak yang ada pada wajah berfungsi sebagai pelembab dan pelindung wajah. Dengan mencuci wajah berkali-kali akan memperlambat produksi minyak, dan akhirnya wajah menjadi kering.

Selain itu, bahan kimia yang terkandung didalam pembersih wajah mampu membunuh bakteri baik yang secara alami mampu melindungi kulit wajah dari bakteri jahat. Ini dikarenakan cairan pencuci wajah tertentu tidak dapat membedakan mana bakteri jahat dan mana bakteri baik. Sebaiknya anda ubah kebiasaan mencuci wajah dengan cukup 2 kali sehari saja. Jika jerawat terjadi pada wajah anda, hindari penggunaan scrub wajah yang akan membuat iritasi kulit wajah.

Sering mengorek dan memencet jerawat

sering mengorek dan memencet jerawat

Kebiasaan ini hampir semua orang melakukannya. Sebaiknya anda hindari kebiasaan tersebut. Memencet jerawat tidak mampu menghilangkan nya, ini malah menimbulkan kerusakan pada kulit wajah. Saat anda mengorek dan memencet jerawat, kulit anda akan melunak dan jaringan kulit akan mudah robek.

Memakai kosmetik yang salah

Pemilihan kosmetik yang salah dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat, serta komedo akan menumpuk. Hal ini yang tentunya akan memicu jerawat muncul. Jika anda mempunyai kulit yang rentan terkena jerawat, sebaiknya pilihlah kosmetik yang berlabel khusus jerawat dan berminyak.

Stres

Tanpa kita sadari, bergabai tuntutan dalam pekerjaan serta masalah pribadi mampu menyebabkan stres. Stres dapat memicu munculnya jerawat, bahkan jerawat akan lebih memburuk.

Bagaimana cara mencegah jerawat?

Upaya untuk mencegah jerawat pada kulit dapat anda lakukan dengan sederhana dirumah. Berikut cara mencegah jerawat muncul di wajah.

  • Rajinlah mencuci tangan. Setiap kali anda akan melakukan kontak dengan kulit wajah, pastikan tangan anda sudah benar-benar bersih. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
  • Bersihkan wajah dengan benar. Gunakan pembersih wajah yang ringan saat pagi dan malam hari. Hindari pembersih wajah yang berbentuk scrub, ini dikarenakan bukan cara menghilangkan jerawat secara alami. Pembersih yang mengandung scrub akan memperburuk jerawat yang terjadi pada kulit.
  • Hindari mengorek dan memencet jerawat. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya flek pada kulit nantinya.
  • Hindari paparan dari sinar matahari. Beberapa obat jerawat mampu menyebabkan kulit akan mudah terbakar. Hal ini akan memperburuk kondisi jerawat.
  • Menghindari semua makanan yang mampu menyebabkan jerawat muncul.

Makanan penyebab jerawat muncul

Munculnya jerawat ternyata bukan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk saja. Apa yang kita konsumsi juga mampu menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui apa saja makanan yang mampu menyebabkan jerawat muncul.

Produk olahan susu

Orang yang secara teratur mengkonsumsi susu dan ice cream empat kali lipat akan muda terkena jerawat.

Makanan cepat saji

makanan cepat saji

Jerawat sangat dipengaruhi oleh pola makan kaya akan kalori, lemak, serta karbohidrat olahan. Makanan cepat saji merupakan makanan yang mampu meningkatkan resiko jerawat. 

Makanan kaya lemak omega-6

lemak omega 3 dan 6

Diet yang mengandung lemak omega-6 mampu meningkatkan peradangan pada jerawat. Ketidak seimbangan asam lemak omega-3 serta omega-6 mampu mendorong tubuh pada kondisi peradangan. Ini mampu memperburuk tingkat keparahan jerawat.

Lemak trans

Makanan yang mampu menyebabkan jerawat selanjutnya adalah lemak trans. Lemak trans yang dapat ditemukan pada minyak sayur yang digunakan untuk bahan memasak. Lemak ini juga terdapat pada olahan makanan seperti kue dan mentega. Lemak trans mampu menyumbat pembuluh arteri yang ada di jantung, serta pembuluh darah kecil pada kulit. Lemak ini juga mampu memicu peradangan sehingga menumbuhkan jerawat pada wajah.

Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply