Mengenal Penyakit Scabies (Kudis/Gudik), Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Bila anda pernah mengalami gatal-gatal pada kulit yang begitu menganggu dan terutama gejala ini seringkali dialami pada malam hari, serta pada saat yang bersamaan ada anggota keluarga atau teman satu kamar anda yang mengalami hal serupa, maka kemungkinan kondisi ini mengindikasikan adanya penyakit kulit scabies atau kudis.

Penyakit kudis memang sudah sejak dulu menjadi salah satu peyakit kulit yang banyak dialami oleh sebagian besar masayarakat. Bahkan penyebaran penyakit ini bisa sampai mewabah pada masanya. Banyak orang yang terjangkiti dengan penyakit ini dan mengeluhkan rasa gatal yang mengganggu.

Belum lagi kondisi gatal yang dialami bisa sampai memburuk dan membuat si penderitanya tidak tahan menahan gatal yang terasa panas dan tidak nyaman. Akibatnya para penderita penyakit kudis seringkali menghadapi masalah dengan kondisi kulit yang terluka akibat goresan atau garukan yang dilakukan pada saat gejala gatal-gatal menyerang.

Lantas apa sebenarnya penyebab dari kondisi ini? Bagaimana penyebarannya? Seperti apa saja gejalanya dan bagaimana penanganannya? Nah, pada artikel dibawah ini kita akan kupas lebih dalam dan mempelajari seperti apa penyakit scabies pada manusia dan mengetahui bagaimana pengobatannya yang mana diharapkan agar penyakit yang menimbulkan gatal beramai-ramai ini bisa segera dikenali dan diobati dengan baik sehingga penyebarannya bisa diminimalisir.

Apa Itu Penyakit Scabies (Kudis)?

Penyakit kudis atau scabies adalah penyakit gatal yang menyerang bagian kulit yang penyebabnya acap kali disebabkan oleh tungau atau kutu kecil yang disebut dengan Sarcoptes scabies varian hominis. Pada penderita yang terserang dengan penyakit ini umumnya mereka akan mulai mengalami beberapa gejala yang menganggu seperti halnya gatal, terutama kondisi ini akan dialami pada malam hari dan mudah menular melalui kontak langsung atau tidak langsung bersama dengan orang yang sehat.

Penyakit scabies banyak diderita di masyarakat kita, maka tak heran bila banyak orang menyebut penyakit ini dengan banyak sebutan seperti gudik (gudikan), kudis (kudisan), gatal agogo, budukan dan lain sebagainya.

Mengingat kondisinya tidak hanya terjadi pada si penderita saja dan penularannya yang cukup cepat, maka sebaiknya saat anda mulai mengalami beberapa gejala dari scabies, segera konsultasikan masalah tersebut ke dokter agar anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begini penularan dari penyakit ini akan sedikitnya bisa dicegah serta tubuh anda pun dapat dihindarkan dari kemungkinan terburuk penyakit yang satu ini.

Leave a Reply