Mengenal Penyakit Scabies (Kudis/Gudik), Penyebab, Gejala dan Penanganannya

4/5 (4)

Kulit adalah bagian organ tubuh paling luar pada manusia.

Bagian ini mengambil peranan yang cukup penting dan cukup vital dalam melindungi organ dalam pada tubuh manusia. Haya saja, fungsinya yang sebagai pelapis organ dalam tubuh inilah yang seringkali membuat kulit rentan terkena dengan masalah dan gangguan penyakit.

Masalah yang menyerang bagian kulit tentu tidak bisa dianggap remeh atau bahkan dianggap sepele. Karena salah-salah kondisi tersebut akan menyebar dan berubah menjadi semakin parah. Akibatnya bila penanganannya terlambat atau tidak tepat maka bukan tidak mungkin masalah yang menyernag kulit akan dapat berubah menjadi masalah besar atau bahkan berujung pada timbulnya komplikasi kesehatan dalam tubuh.

Selain itu, rasanya kurang bijak pula bila anda dan kita semua seringkali meremehkan suatu kondisi kesehatan hanya karena masalahnya masih terlihat kecil atau sepele. Seberapa kecilnya suatu masalah kesehatan atau penyakit akan fatal akibatnya bila tidak segera diatasi.

Untuk itu, sebaiknya periksakan keluhan anda ke dokter. Dengan begini dokter akan mulai melakukan pemeriksaan guna mendeteksi gangguan penyakit yang anda alami. Bila diagnosa dari penyakit sudah ditemukan, maka akan lebih cepat untuk penanganan dapat dilakukan. Yang mana artinya, setidaknya kemungkinan terburuk dari kondisi tersebut akan bisa diatasi.

Masalah yang menyerang bagian anggota tubuh terluar ini memang cukup beragam, mulai dari masalah yang sepele sampai dengan masalah yang berbahaya. Akan tetapi pada umumya, hampir semua jenis penyakit kulit akan cenderung membuat si penderita yang mengalaminya dibuat tidak percaya diri dengan adanya gangguan atau masalah pada kulitnya. Hal ini dikarenakan penyakit yang menyerang bagian kulit umumnya akan sering menimbulkan bekas luka. Yang mana dengan begini si penderita akan kemungkinan mengalami krisis percaya diri sebab bagian kulitnya tak lagi terlihat semulus dulu.

Belum lagi stigma yang terlanjur terbentuk dalam masyarakat yang menyatakan orang-orang yang memiliki masalah dengan kesehatan kulit seringkali dinilai kurang mampu dalam merawat dan menjaga kesehatan tubuhnya. Meski anggapan tersebut tidak selamanya benar, karena tidak semua masalah penyakit kulit terjadi akibat kurang menjaga kesehatan tubuh.

Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri kesehatan tubuh memang menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar terhindar dari kuman, bakteri dan kotoran yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Nah, salah satu masalah kesehatan tubuh yang saat ini sudah banyak ditemui dimasyarakat adalah timbulnya penyakit scabies atau yang biasa disebut dengan kudis atau gudik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel