Mengenal Penyakit Scabies (Kudis/Gudik), Penyebab, Gejala dan Penanganannya


Gejala Penyakit Scabies

Penyakit kudis atau scabies memiliki masa inkubasi sekitar 30-60 hari sebelum muncul timbulnya rasa gatal atau ruam dibagian kulit. Akan tetapi bila anda pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, maka waktu kemunculan gejala ini akan lebih cepat.

Pada anak-anak, ruam tempat tungau bersarang seringkali muncul atau menyerang bagian kulit kepala, wajah, telapak tangan, leher dan juga dibagian telapak kaki. Sementara pada orang dewasa, bagian atau area tubuh yang seringkali terserang dengan tungau diantaranya adalah dibagian sela-sela jari, pergelangan tangan, sekitaran selangkangan, siku, telapak tangan dan kaki, bokong, sekitaran organ intim dan bahkan sampai kebagian payudara dan bagian putingnya.

Tungau penyebab scabies akan terus berkembang biak didalam lapisan kulit si penderita bila tidak segera ditangani dengan baik atau bila penanganannya keliru. Perlu diketahui tungau penyebab kudis ini tahan terhadap air hangat atau bahkan dengan menggunakan sabun.

Sehingga demikian, meski anda seringkali mandi dengan meggosok seluruh tubuh dengan keras atau merasa telah bersih, kutu atau tungau ini tidak akan dapat diberantas. Penderita akan tetap membutuhkan penanganan medis untuk dapat mengatasi serangan kuman atau tungau tersebut.

Gejala yang dialami dari penyakit scabies diantaranya adalah timbul ruam dan gatal yang memburuk pada malam hari. Rasa gatal ini timbul sebab adanya rekasi alergi terhadap masuknya tungau dalam jaringan kulit. Nah, selain beberapa gejala diatas, gejala lain yang juga meliputi timbulnya kudis dalam kulit bisa juga menimbulkan beberapa gejala dibawah ini.

  • Gatal dibagian garis bra
  • Gatal dibagia irgan intim (pada pria)
  • Gatal yang timbul dibagian ketiak
  • Gatal yang timbul dibagian perut dan pusar

Kondisi kudis bukan hanya menyerang orang dewasa, remaja dan anak-anak saja. Bila tidak waspada, kondisi ini akan mungkin menyerang anak bayi sekalipun. Melihat gejala yang cukup mengkhawatirkan, anak-anak bayi tentu akan dibuat tidak nyaman dan rewel dengan kondisi yang satu ini.

Untuk itu sebaiknya cegah dengan baik kondisi ini sebelum tersebar dan menyerang anda. Sebab umumya bila satu orang dalam anggota keluarga mulai terserang dengan penyakit ini, biasanya semua orang yang ada dirumah akan ikut terserang dengan penyakit ini. Untuk itu, maka sebaiknya lebih waspada agar jangan sampai resiko mengkhawatirkan dialami oleh bayi dan anak-anak anda.

Leave a Reply