data-ad-format="auto"

Ketahui Lebih Dalam Kebiasaan Tidak Sehat yang Dilakukan Saat Puasa

Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam lamanya memang menjadi tantangan yang cukup berat dilakukan saat bulan puasa. Cuaca yang panas dan terik seringkali membuat perjuangan puasa semakin terasa begitu berat. Namun demikian, ketika anda mampu melakukannya dengan ikhlas maka hal ini tidak sebanding dengan pahala yang Tuhan berikan dalam kehidupan ini.

Tantangan menahan lapar dan haus pada dasarnya ada akhirnya. Waktu berbuka dan sahur akan dapat menjadi waktu dimana anda bisa makan dan minum sepuasnya. Akan tetapi, pada dua waktu ini biasanya tidak sedikit orang yang melakukan kebiasaan tidak sehat selama puasa.

Rasa mengantuk karena perut yang dibiarkan kosong seringkali membuat mereka mengisi hari-harinya dengan tidur. Namun sebenarnya hal ini bukanlah tindakan yang baik untuk dilakukan. Bahkan dampak ini akan kurang sehat untuk dijalankan.

Nah, selain beberapa hal tersebut rupanya ada beberapa hal lain yang menjadi kebiasaan tidak sehat yang dilakukan selama puasa. Seperti apa saja? Simak dibawah ini. Artikel lainnya: Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Ketahui Lebih Dalam Kebiasaan Tidak Sehat yang Dilakukan Saat Puasa

Mengetahui hal atau kebiasaan tidak sehat apa saja yang dilakukan selama puasa diharapkan dapat memberikan wawasan pada anda untuk tidak melakukan atau meniru hal yang sama. Agar demikian, puasa yang anda jalani akan menjadi berkah sekaligus memberikan kesehatan yang baik untuk anda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan tidak sehat yang dilakukan saat puasa.

Minum Banyak Air Saat Sahur

Pada saat detik-detik terakhir menjelang imsak anda atau kita semua mungkin pernah dihadapkan pada kebiasaan mengkonsumsi banyak air pada saat ini. Dengan alasan cuaca yang panas membuat anda seringkali merasa haus, kita lantas mengasup cairan kedalam tubuh dengan sekaligus pada waktu sahur.

Asupan cairan yang banyak selama Ramadhan memang bermanfaat untuk menghindarkan dehidrasi pada tubuh. Namun juga terlalu banyak minum pada saat sahur adalah hal yang tidak sehat.

Kondisi ini akan mungkin membuat anda ingin buang air kecil beberapa saat setelahnya. Dimana ketika kondisi ini terjadi maka dehidrasi pada saat siang hari akan lebih besar resikonya.

Beranjak Tidur Setelah Sahur

Tidak sedikit diantara kita bahkan bukan hanya anak-anak namun orang dewasa pun banyak yang mempraktikan kebiasaan buruk ini. Langsung tidur pada saat sahur biasanya dijadikan alasan untuk dapat menikmati waktu subuh dengan tidur lebih lama. Akan tetapi, hal ini ternyata kurang baik untuk kesehatan anda.

Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dan langsung tidur akan berbalik kembali keatas. Kondisi inilah yang akan membuat refluks esofagus terjadi. Bila kondisi ini dirasakan maka dampoaknya akan berakibat pada asam lambung yang menjadi lebih buruk. Terutama untuk penderita maag. Untuk itu, sebaiknya menunggu 1 sampai dengan 2 jam untuk dapat kembali tidur.

Makan Banyak Hidangan Saat Buka

Terkadang rasa lapar yang sudah tidak lagi tertahankan akan membuat seseorang cenderung kalap dengan makan banyak hidangan saat berbuka. Kondisi inilah yang seringkali membuat banyak orang menyiapkan aneka makanan dan menu hidangan berat pada saat buka puasa.

Dan pada saat adzan maghrib tiba mereka akan dengan senang hati menyantap aneka makanan apa saja yang ada dihadapannya. Termasuk makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Namun kebiasaan ini bukanlah hal baik untuk dilakukan sebab dapat membahayakan kesehatan.

Loading...

Follow us