data-ad-format="auto"

Tips Menjaga ASI Tetap Deras dan Berkualitas Meski Puasa

Setelah melewati beberapa konsultasi dan akhirnya dokter memperbolehkan ibu menyusui untuk dapat menjalankan ibadah puasa maka hal ini akan mungkin menjadi kabar gembira untuk sebagian ibu menyusui yang memang mendambakan bisa ikut menjalankan ibadah yang satu ini dengan baik.

Akan tetapi demikian, meski diperbolehkan menjalani puasa terkadang memang ada persyaratan tertentu dan kondisi yang perlu diperhatikan dengan baik oleh ibu menyusui. Hal ini dilakukan agar produksi ASI tetap lancar dan kualitasnya tetap terjaga.

Lantas mengapa demikian? Pada umumnya selama proses menyusui seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang banyak dan berlimpah dari aneka jenis makanan yang sehat. Tentunya, dengan menjalani puasa maka kegiatan mengasup makanan dan nutrisi kedalam tubuh ini bisa mungkin terkendala.

Sehingga demikian, derasnya dan kualitas ASI bisa mungkin terkendala saat ibu menyusui kurang mampu memperhatikan beberapa hal penting tersebut. Nah, untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan membantu anda untuk tetap dapat menjaga produksi ASI tetap lancar dan menjaga kualitas ASI tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Ingin tahu seperti apa saja tips menjaga ASI tetap deras dan berkualitas selama menjalani ibadah puasa? Maka mari kita simak beberapa informasi menariknya yang akan kami sampaikan dibawah ini. Baca juga: Menjaga Kesehatan Kehamilan Trimester Pertama Saat Berpuasa

Tips Menjaga ASI Tetap Deras dan Berkualitas Meski Puasa

Menjalani ibadah puasa sambil menjalankan kewajiban menyusui si buah hati yang masih begitu kecil memang menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang. Namun demikian, sebenarnya pengasupan nutrisi kedalam tubuh akan tetap dapat berjalan dengan baik tatkala ibu menyusui mampu memanage asupan gizi kedalam tubuhnya dengan baik.

Sehingga demikian, produksi ASI tetap deras dan kualitasnya tetap dapat terjaga dengan baik. Nah, untuk membantu anda menjaga ASI dengan baik. Maka tak perlu khawatir mari kita simak beberapa informasi yang akan kami berikan kali ini.

Penuhi Kebutuhan Serat

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, lambung akan cenderung mudah melonjak dan menyebabkan rasa yang tidak nyaman, baik pada bagian perut ataupun pada bagian mulut. Kondisi ini terkadang akan seringkali membuat mulut terasa asam atau bahkan pahit. Perut yang terasa panas pun lagi-lagi akan menjadi hal yang memperburuk kondisi ini.

Nah, menghadapi kondisi diatas ibu menyusui akan mungkin terkendala untuk dapat menikmati makanan dengan baik. Jangankan untuk dapat mengasup segala macam makanan sehat, nafsu makan saja seringkali sulit didapatkan.

Namun melewatkan mengasup tubuh ibu dengan makanan sehat akan mungkin berpengaruh terhadap produksi ASI yang terkendala. Sehingga demikian, kondisi ini akan mungkin membuat anda rugi. Untuk itulah, perhatikan asupan makanan sehat kedalam tubuh. Terutama asupi kebutuhan serat dengan baik. Selain itu, asupan beta karoten, vitamin A dan zat antioksidan lainnya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Banyak Minum Air

Kurangnya asupan cairan kedalam tubuh selama bulan puasa mungkin menjadi hal yang wajar. Akan tetapi dampak dari kondisi ini bisa sangat merugikan untuk ibu menyusui. Kurangnya asupan cairan bisa mungkin mempengaruhi produksi ASI yang ibu hasilkan. Hal ini pun akan mungkin membuat ibu menyusui mengalami dehidrasi yang berat.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini maka perhatikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh dengan baik. Asupi setidaknya kebutuhan cairan yang dianjurkan, minimal sebanyak 8 gelas air mineral dalam satu hari. Takaran jumlah ini akan dapat anda bagi kedalam beberapa waktu. Yakni pada saat berbuka, sahur dan sebelum tidur.

Minum Susu

Susu dan produk olahan lainnya akan dibutuhkan oleh ibu menyusui yang ikut menjalani ibadah puasa. Protein dan zat baik lainnya yang ada didalam susu akan dapat bermanfaat baik untuk stamina dan kebugaran ibu menyusui. Oleh karenanya, pertimbangkan untuk mengasup kebutuhan susu kedalam tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Selain protein, kandungan kalsium yang ada didalamnya pun akan baik untuk perawatan jaringan tubuh dan beberapa fungsi fisik lainnya yang penting. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri memasukan menu minuman ini pada menu buka dan sahur anda selama puasa.

Dapatkan Waktu Istirahat yang Cukup

Terlalu lelah menjalankan aktivitas harian akan mungkin membuat produksi ASI dalam tubuh ibu menyusui menjadi terkendala. Hal ini akan mungkin membuat si kecil tidak mendapatkan cukup ASI yang mereka butuhkan. Oleh karenanya, ibu menyusui perlu mendapatkan solusi agar produksi ASI-nya tetap lancar dan kualitasnya tetap terjaga.

Untuknya, dapatkan waktu istirahat yang cukup agar tubuh anda bisa tetap memproduksi ASI dalam jumlah yang dibutuhkan. Sehingga kebutuhan ASI untuk menunjang tumbuh kembang si buah hati pun tetap berjalan dengan baik.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu istirahat adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Hal ini pun akan dapat menghindarkan ibu dari kemungkinan stress karena tekanan dan kurangnya waktu tidur yang akan  berdampak pada stress yang sulit untuk dihindarkan.

Makan Tiga Kali Sehari

Meskipun ikut berpuasa namun bukan berarti ibu menyusui dapat mengabaikan jadwal dan waktu makan anda. Justru sebaliknya, ketika masa menyusui anda akan membutuhkan asupan gizi untuk dapat menunjang produksi ASI dalam tubuh dengan lebih baik.

Oleh karenanya, tetap jaga waktu makan anda sebanyak 3 kali dalam satu hari bahkan ketika anda menjalankan ibadah puasa. Waktu ini akan dapat anda bagi pada saat berbuka, beberapa saat sebelum pergi tidur dan pada saat sahur. Hal ini akan membantu tubuh memproduksi ASI dengan lebih banyak.

Hanya saja perhatikan dengan baik agar kualiatas ASI anda terjaga dengan baik maka asupan makanan yang didapatkan sebaiknya diperoleh dari aneka jenis makanan sehat. Untuk itu, pada saat menyantap makanan jangan lupakan menu sayur dan buah didalamnya.

Kurangi Aktivitas

Sebagai seorang ibu menyusui, istri dan sekaligus ibu rumah tangga. Terkadang peran ini membuat anda bekerja begitu keras didalam rumah. Hanya saja selama puasa aktivitas yang terlalu padat bisa mungkin membuat anda terkendala dalam menghasilkan ASI yang deras. Untuknya, kurangi aktivitas fisik yang berat selama menjalankan ibadah puasa.

Apalagi pada saat bulan puasa umumnya tidak ada kegiatan makan dan minum di siang hari. Nah, waktu inilah yang akan dapat anda manfaatkan untuk beristirahat sebelum nantinya pada sore hari ibu akan dihadapkan pada kewajiban menyiapkan makanan untuk berbuka dan aktivitas rumah tangga lainnya.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari tips jaga ASI tetap deras dan berkualitas selama puasa. Pada intinya mengasup kebutuhan gizi seimbang dari makanan sehat tidak akan menghalangi produksi ASI yang bermasalah. Justru sebaliknya, hal ini akan dapat membuat puasa yang dijalani lancar dan kegiatan memberikan ASI tetap berlangsung dengan baik.

Loading...

Follow us