Kategori: Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Kategori artikel yang berisi informasi seputar tips bagi ibu menyusui dalam menjalankan ibadah puasa, termasuk menu nutirisi saat sahur dan berbuka, tips menjalani puasa. Diharapkan meskipun menjalankan puasa, ibu dan anak tetap sehat

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa Ramadhan?

Bolehkah ibu menyusui berpuasa Ramadhan

5/5 (11) Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa Ramadhan? – Bulan Ramadhan segera tiba, dengan penuh suka cita umat Muslim di dunia menyambut kedatangan bulan suci yang sangat dinanti-nanti. Di bulan Ramadhan, umat Muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Begitu juga dengan ibu menyusui, meskipun diperbolehkan tidak ikut berpuasa tapi banyak ibu yang ingin ikut menjalankan puasa. Di [Baca selengkapnya…]

Tips Menjaga ASI Tetap Deras dan Berkualitas Meski Puasa

5/5 (2) Setelah melewati beberapa konsultasi dan akhirnya dokter memperbolehkan ibu menyusui untuk dapat menjalankan ibadah puasa maka hal ini akan mungkin menjadi kabar gembira untuk sebagian ibu menyusui yang memang mendambakan bisa ikut menjalankan ibadah yang satu ini dengan baik. Akan tetapi demikian, meski diperbolehkan menjalani puasa terkadang memang ada persyaratan tertentu dan kondisi [Baca selengkapnya…]

Tips Nutrisi Terjaga Untuk Ibu Menyusui yang Ikut Puasa

Kepuutusan untuk menjalankan puasa pada saat menyusui memang ditentukan oleh beberapa hal. Akan tetapi, pada akhirnya pilihan tersebut ada ditangan para ibu. Umumnya tidak sedikit wanita yang masih dalam tahapan menyusui atau memberikan ASI pada bayi memilih untuk dapat menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan dinanti oleh seluruh umat muslim di [Baca selengkapnya…]

Tips Memilih Menu Berbuka bagi Ibu Menyusui

menu-buka-puasa.jpg

Pada dasarnya kesehatan setiap individu berbeda sehingga untuk anda yang sedang menyusui dan memutusan untuk berpuasa ada baiknya untuk mengetahui kondisi kesehatan anda dan bayi dengan bantuan dokter sehingga menjalankan puasa tanpa adanya gejala yang mempertinggi resiko gangguan kesehatan.

Prinsipnya, berpuasa dalam islam bagi anda yang sedang hamil dan menyusui merupakan suatu hal yang tidak menjadi keharusan jika dikhawatirkan akan menggangu kesehatan bayi dan anda. Bagi anda yang akan melakukan ibadah puasa silahkan saja asalkan bisa menjaga asupan nutrisi selama berpuasa dalam produksi air susu. Pada saat menyusui penting untuk menjaga pola makan yang seimbang. Dalam memasuki bulan ramadhan dan memutuskan untuk mengikuti puasa maka anda harus tetap menjaga pola makan tersebut untuk nutrisi yang dibutuhkan di dalam produksi asi dalam memberikan kualitas dan kuantitas asi terbaik untuk bayi anda.

Cara Memilih Menu Sahur Bagi Ibu Menyusui

memilih-waktu-yang-tepat.jpg

Dalam hukum agama islam bagi ibu hamil dan menyusui diberikan kelulasaan untuk memilih apabila dirinya mampu dalam berpuasa dan tidak menimbulkan pengaruh buruk saat berpuasa dengan kondisi kesehatan bayi tidak terganggu maka anda boleh berpuasa.

Akan tetapi jika kesehatan anda dan bayi tidak mendukung untuk menjalankan puasa, kondisi sakit atau gangguan lain-lainnya. Maka agama telah memberikan keringanan untuk tidak berpuasa terlebih jika dapat memperburuk keadaan anda dan bayi. Sebelum anda memutuskan untuk berpuasa anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang mendukung anda untuk berpuasa. Meskipun umumnya ibu menyusui memutuskan untuk berpuasa di usia bayi mencapai enam bulan akan dengan alasan nutrisi yang didapat bayi tidak lagi tergantung dalam pemberian asi. Setelah dokter memberikan kiat-kiat untuk anda dalam menjalankan puasa tanpa mengalami gangguan kepada bayi, anda juga harus memperhatikan kesehatan anda dan bayi selanjutnya.

Memilih Waktu yang Tepat Berpuasa Disaat Menyusui

memilih-makan-sahur.jpg

Setelah proses yang dialami anda selama sembilan bulan dalam menjaga janin di dalam kandungan kini saatnya masa persalinan dimana kehadirann buah hati semakin dekat. Kesempurnaan yang hadir di tengah-tengah keluarga anda merupakan sebuah kado istimewa.

Tentu saja belum cukup hingga masa pesalinan setelah itu masa-masa indah akan anda alami dengan melihat tumbung kembang bayi dari bulan ke bulan. Pada masa perkembangannya membutuhkan asupan nutrisi berupa sari-sari makanan. Banyak Penelitian yang menemukan bahwa dengan menyusui  maka sari makanan yang diperoleh bayi dapat memenuhi kebutuhan asupan gizinya, keistimewaan air susu ibu dapat memberikan pertumbuhan maksimal bagi bayi anda.

Menjaga Kelancaran Asi Selama Berpuasa

menjaga-asupan-makanan-menyusui.jpg

Bulan istimewa yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim dunia untuk meningkatkan keimanan selama tiga puluh hari penuh. Mereka berlomba lomba dalam mencari pahala di bulan yang penuh ampunan.

Momen yang penting ini terasa terlewati oleh anda yang sedang menyusui. Proses alami menyusui tidak bisa ditinggalkan mengingat bayi anda sangat tergantung pada nutrisi yang dihasilkan dari asi. Bolehkah ibu menyusui berpuasa? Boleh ketika bayi anda memang tidak tergantung dengan asi sehingga waktu yang tepat untuk memutuskan puasa adalah di usia bayi sudah memasuki diatas enam bulan, ketergantungan asi sudah mulai berkurang dengan pemberian MPASI.

Kiat Menjaga Asupan Gizi Ibu Menyusui Ketika Berpuasa

menjaga-kelancaran-ASI.jpg

Dalam menjalankan berpuasa di bulan ramadhan bagi anda yang sedang menyusui dapat dilakukan ketika pemeriksaan dokter menyatakan kesehatan anda dan bayi mendukung puasa selama ramadhan. Pertimbangan ini penting untuk memberikan pemberian asi terbaik kepada bayi mengingat bayi sangat rentan terhadap perubahan kondisi.

Menyusui idealnya diberikan pertama kali saat bayi terlahir, pada usia 6 bulan atau lebih intensitasnya bisa dikurangi karena telah diberikan MPASI. Kualitas asi masih harus anda jaga agar memberikan gizi yang mencukupi tumbuh kembang bayi anda. Kualitas asi dapat anda peroleh dari makanan yang anda konsumsi. Menjaga asupan gizi yang baik selama anda berpuasa merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda dan bayi.

Tips Menjaga Kualitas ASI Selama Berpuasa

menjaga-kualitas-asi.jpg

Selama sebulan penuh memenuhi kewajiban berpuasa ramadhan memiliki banyak manfaat selain dari segi rohani untuk kesehatan juga memiliki banyak manfaat untuk anda.Puasa ramadhan dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan dalam pengendalian stress seperti penyakit hipertensi, kasdiovaskular, kanker dan juga ginjal.

Selama anda menjalankan puasa lebih kurang 14-15 jam tidak mendapatkan suplai makanan dari luar. Sehingga pada waktu itu cadangan energi dapat digunakan ketika anda melakukan aktivitas. Secara keseluruhan puasa sangat menguntungkan bagi yang menjalankannya. Keuntungan berpuasa terkadang ingin anda raih ketika anda sedang menyusui.

Bagaimana dengan manfaat berpuasa untuk anda yang sedang menyusui? Apakah manfaat yang didapat sama dengan yang laiinya? Jelas saja ibu menyusui mempunyai perbedaan baik dari segi kebutuhan nutrisi dan juga aktivitas. Sehingga banyak pertimbangan dalam melakukan puasa ramadhan, meskipunn agama kita telah memberikan sebuah kelonggaran untuk anda yang sedang menyusui untuk tidak berpuasa.

 

menjaga-kualitas-asi.jpg

Cara Terbaik Berpuasa Ketika Sedang Menyusui

cara-berpuasa-terbaik-saat-menyusui.jpg

Menyusui merupakan proses alamiah yang secara tidak langsung telah mempererat ikatan batin antara anda dan bayi. Produksi air susu akan keluar setelah adanya rangsangan yang dikirim ke otak sehingga memicu timbulnya hormon prolaktin yang dapat merangsang sel-sel kelenjar payudara dalam proses produksi asi. Bukti penelitian menunjukan bahwa gizi terbaik didapatkan dari asi. Bahkann dengan susu formula mahal sekalipn gizi asi tidak akan terkalahkan. Ketika memasuki bulan ramadhan dan anda sedang menyusui, bolehkah berpuasa?

 cara-berpuasa-terbaik-saat-menyusui.jpg

Berpuasa pada ibu menyusui tidak menjadi keharusan karena agama islam memberikan kelonggaran untuk hal ini. Mengingat bayi masih rentan dengan beberapa masalah kesehatan sehingga yang terbaik adalah dengan menjaga kesehatan bayi melalui nutrisi ASI. Bayi yang masih di bawah enam bulan masih sangat tergantung dengan asi sehingga sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika ingin berpuasa.

Tips Menyusui Lancar Meski Sedang Berpuasa

menyusui-sehat-saat-puasa.jpg

Aktivitas menyusui merupakan suatu hal terpenting dalam memberikan asupan gizi bagi bayi apalagi dalam bulan pertama hingga ke enam kelahirannya. Pada saat menyusui gizi yang diperoleh bayi melebihi nutrisi yang luar biasa dalam perkembangan bayi selain itu dengan menyusui kedekatan batin anda dan bayi semakin erat. Kedekatan anda dengan kulit kepala bayi melepaskan hormon oksitosin yang membuat bayi anda merasa tenang dan terlindungi. Selain itu kandungan hormon koleksitokinin yang terdapat dalam air susu ibu (ASI) memberikan waktu tidur yang berkualitas. Pada bayi yang belum mendapatkan nutrisi tambahan dari makanan pendamping maka sumber nutrisi satu-satunya adalah asi, penting untuk anda memperhatikan asupan makanan sehingga menyediakan sari makanan yang mencukupi kebutuhan gizi.

Tips Berbuka Puasa yang Sehat Untuk Ibu Menyusui

Banyak yang memperdebatkan bahwa berpuasa saat ibu menyusui tidak dianjurkan karena akan mengakibatkan nutrisi berupa sari makanan untuk bayi terganggu. Meskipun demikian tidak sedikit yang melakukan puasa wajib di bulan ramadhan meskipun sedang menyusui. Pada saat menyusui nutrisi yang dibutuhan bayi memang sangat tergantung pada asupan makanan anda, akan tetapi untuk usia bayi yang sudah diberikan makanan pendamping asi, maka tidak perlu cemas karena nutrisi tercukupi. Lantas apakah boleh ibu menyusui berpuasa?

 

Dalam agama islam, ibu yang sedang hamil dan menyusui diberikan pengecualian sehingga diperbolehkan tidak berpuasa apabila mengakibatkan kondisi kesehatan janin atau bayi terganggu. Bagi anda yang memberikan asi ekslusif selama 6 bulan tidak dianjurkan untuk berpuasa dahulu, secara medis hal ini karena nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sangat tergantung pada pemberian ASI.

5 Tips Sahur Sehat Untuk Ibu Menyusui

Sebagai umat muslim kedatangan bulan ramadhan sangat ditunggu-tunggu dengan meningkatkan keimanan melalui puasa wajib dan ibadah lainnnya yang bisa dilakukan. Anda yang sedang menyusui pada bulan ramadhan diperbolehkan puasa jika kesehatan anda dan bayi memungkinkan untuk melakukannya. Agama kita sudah memberikan kemudahan untuk anda yang sedang hamil dan menyusui untuk tidak mengikuti puasa jika akan memperburuk kondisi bayi. Bagaimana jika anda tetap memaksakan diri untuk berpuasa? Boleh saja asalkan terlebih dahulu anda mempertimbangkan kondisi bayi, jika bayi anda dalam keadaan sehat dan telah bayi memasuki usia 6 bulan, maka ketergantungan dengan ASI tidak terlalu tinggi . Makanan pendamping bisa memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi anda.

Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa Bagi Ibu Menyusui

Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia tidak terkecuali untuk anda yang sekarang sedang mengalami kehidupan baru dalam mengamati perkembangan bayi anda, meskipun agama kita sudah memberikan kelonggaran untuk ibu yang sedang menyusui untuk tidak berpuasa. Sebagian ibu tetap menjalankan puasa ketika sedang menyusui, apakah tidak akan menggangu perkembangan bayi anda? Ibu yang sedang menyusui diperbolehkan puasa ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, pada masa ini makanan pendamping ASI (MPASI) sudah diberikan sehingga asupan nutrisi tidak lagi tergantung pada pemberian ASI. Pertimbangan kesehatan bayi juga menjadi alasan apakah anda boleh menjalankan ibadah puasa atau tidak. Meskipun sudah diberikan MPASI akan tetapi jika mengalami masalah berat badan yang kurang diusianya, maka disarankan untuk tetap memberikan ASI dan MPASI dengan jenis yang lebih bervariatif.

Tips Menyusui Selama Puasa

menyusui

4.83/5 (30) Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, termasuk juga ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu dan membayar fidyah. Pada saat Ramadhan, kita rata – rata berpuasa 14 jam, dan tubuh masih dapat mengkompensasi kekurangan saat berpuasa tersebut pada [Baca selengkapnya…]