5 Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi Menjelang Melahirkan

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi Menjelang Melahirkan – Setelah 9 bulan lamanya mengandung, akan tiba waktunya ibu hamil melahirkan buah hatinya ke dunia. Waktu yang dinantikan sekaligus mendebarkan bagi ibu.

Ketika akan melahirkan, rasa nyeri umum dialami oleh ibu. Dimana rasa nyeri yang dialami oleh ibu hamil berbeda-beda. Rasa nyeri yang muncul disebabkan karena kontraksi rahim.  Rasa nyeri yang muncul menjelang persalinan itu sendiri bisa terasa pada perut, pangkal paha dan punggung. Nah, Untuk membantu mengurangi nyeri kontraksi menjelang persalinan, cara-cara berikut ini bisa anda lakukan.

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi Menjelang Melahirkan

Rasa nyeri kontraksi akan menjadi ringan jika anda dapat mengelolanya dengan baik. Untuk membantu meredakan nyeri kontraksi, anda bisa melakukan beberapa cara alami dan mudah berikut ini.

Membuat Diri Lebih Nyaman

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi

Membuat diri dalam keadaan nyaman merupakan cara sederhana untuk membantu mengurangi nyeri kontraksi menjelang persalinan.

  • Sebelum bersalin, anda bisa menyempatkan waktu sejenak untuk mandi dengan air hangat. Pada area yang terasa nyeri anda bisa menempelkan kompres hangat maupun dingin.
  • Tempat yang anda gunakan untuk berbaring pastikan kondisinya nyaman dan empuk.
  • Untuk membuat tubuh dalam keadaan rileks, anda dapat menghirup wewangian yang anda sukai.

Memijat Lembut Area Tubuh Tertentu

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi

Cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri kontraksi menjelang persalinan yaitu dengan memberikan pijatan lembut pada bagian tubuh tertentu.

  • Anda bisa meminta pasangan untuk memijat tangan, pelipis, kaki atau bagian tubuh yang lainnya untuk mengalihkan rasa nyeri dan membuat tubuh anda lebih rileks.
  • Apabila pijatan yang diberikan membuat tubuh anda tidak nyaman, anda dapat meminta pasangan untuk memberikan sentuhan lembut yang akan membuat anda merasa lebih nyaman dan rileks.

Banyak Bergerak

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi

Banyak bergerak dan mengubah posisi tubuh selain dapat membantu mengurangi nyeri kontraksi, juga akan menyesuaikan posisi janin dalam kandungan anda. Gerakan yang dilakukan akan mendorong kepala janin untuk menuju ke jalan lahir. Hal ini tentunya akan membantu proses kelahiran menjadi mudah.

  • Cobalah untuk jalan kaki, jongkok, duduk di tepi tempat tidur atau bertumpu di kedua tangan dan kaki.
  • Selain itu, anda juga dapat bergerak-gerak dengan menggunakan birthing ball.
  • Sebaiknya hindari posisi tidur telentang, sebab akan menyebabkan kontraksi lebih lama dan terasa sakit.

Baca juga : 5 Perawatan Sederhana Meredakan Ambeien Saat Hamil

Rileks

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi

Cara mengurangi sakit akibat kontraksi selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu membuat diri merasa rileks. Ketika anda merasa takut sakit, maka tubuh anda tegang. Kondisi ini akan membuat rasa sakit yang dialami semakin buruk, efeknya anda akan merasa semakin tegang.

Untuk itu, sebagai cara mengurangi rasa sakit yaitu dengan rileks. Anda harus berupaya untuk selalu berpikir positif dan lebih tenang.

Meminta Orang Terdekat Menemani

Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi

Kehadiran seorang pendamping ketika persalinan akan membuat anda menjadi lebih tenang dan merasa aman. Sehingga proses persalinan akan lebih cepat dan mudah jika anda terus diberi dukungan oleh orang-orang di sekitar.

Mintalah bantuan pasangan, ibu atau kerabat terdekat anda untuk mendampingi saat proses persalinan.

Proses melahirkan akan terasa sakit, namun anda tidak perlu khawatir atau takut. Dengan melakukan langkah sederhana di atas, akan dapat membantu mengurangi nyeri kontraksi yang muncul. Pastikan harus tetap tenang dan berpikir positif dalam menghadapi persalinan. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Dokter mungkin akan memberikan tips lainnya supaya rasa nyeri dapat berkurang.

Leave a Reply