5 Perawatan Sederhana Meredakan Ambeien Saat Hamil

Ambeien Saat Hamil – Keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil yaitu ambeien. Ini merupakan kondisi saat pembuluh darah yang berada di sekitar anus membengkak. Kondisi ini akan menimbulkan panas, gatal hingga nyeri. Nah, apabila anda mengalami ambeien ketika hamil, terdapat beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan kondisi ini.

Ambeien Saat Hamil

Cara Sederhana Meredakan Ambeien Saat Hamil

Ambeien yang dialami saat hamil tentu sangat mengganggu dan membuat anda tidak nyaman. Nah, untuk membantu meredakannya, anda bisa melakukan beberapa tips perawatan berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Sariawan Pada Ibu Hamil dengan Alami

Memperbaiki Kebiasaan Buang Air Besar

Ambeien Saat Hamil

Jika anda memiliki ambeien, maka kebiasaan saat buang air besar harus anda perbaiki. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Anda harus menghindari mengejan dan menjaga kebersihan anus. Pasalnya, mengejan akan membuat kondisi ambeien anda semakin parah. Jika anda kesulitan buang air besar, cobalah untuk menaikan posisi kaki anda dengan cara berpijak pada bangku yang pendek. Dengan posisi ini maka BAB akan menjadi lebih mudah tanpa mengejan.
  • Selain itu, sebaiknya perhatikan juga kebersihan anus anda. Jika ambeien anda menonjol ke luar, anda harus membersihkan anus menggunakan air mengalir yang pelan. Setelah selesai, anda harus mengeringkannya dengan cara yang benar yaitu menepukkan waslap dengan lembut pada area anus anda.

Berendam Dalam Air Hangat

Ambeien Saat Hamil

Sitz bath yaitu terapi air hangat yang dilakukan dengan tujuan untuk membantu mengurangi iritasi, rasa gatal dan melemaskan otot panggul bagi  penderita ambeien.

  • Anda bisa melakukan cara ini dengan merendam bokong pada baskom yang sudah diisi air hangat, kemudan diletakan pada dudukan WC.
  • Pastikan air hangat yang digunakan memiliki kedalaman cukup, sehingga bisa merendam area anus anda. Agar mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa melakukan terapi ini sebanyak 3 kali dalam sehari atau selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap sesinya.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Ambeien Saat Hamil

Ketika anda mengalami ambeien, sebaiknya hindari duduk dalam waktu yang lama. Pasalnya, posisi ini pada  pembuluh darah  yang berada si sekitar anus akan memberikan tekanan berlebih dan membuat kondisi ambeien anda semakin parah.

Apabila anda harus duduk lama, caranya yaitu dengan memakai bantal hemoroid. Yakni bantal duduk khusus dengan bentuk cincin, sehingga dengan begitu ambeien anda menjadi tidak tertekan.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Ambeien Saat Hamil

Untuk membantu meredakan ambeien, anda harus mencegah terjadinya konstipasi.

  • Caranya yaitu dengan konsumsi makanan berserat supaya feses lunak.
  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Periksa Pada Dokter

Ambeien Saat Hamil

Apabila kondisi ambeien anda tidak juga kunjung membaik, anda harus segera melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan.

  • Jika dokter meresepkan obat, anda harus menggunakannya sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Hindari menggunakan obat tanpa resep dari dokter.

Lihat juga : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Ambeien ketika hamil membutuhkan penanganan yang tepat. Walaupun kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun kondisi ini bisa saja muncul kembali saat anda hamil lagi. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah supaya ambeien tidak muncul kembali.

Leave a Reply