5 Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami – Selama hamil, mungkin banyak keluahan yang dapat dialami oleh ibu hamil. Bahkan ibu hamil rentan terserang oleh penyakit. Dimana salah satu penyakit yang dapat dialami oleh ibu hamil yaitu sinusitis. Nah, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi sinusitis dengan tepat, serta pencegahannya agar ibu hamil dapat terhindari dari masalah kesehatan yang satu ini.

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Mengenal Seputar Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada dinding sinus. Sinusitis juga bisa terjadi di masa kehamilan, pada usia kehamilan trimester berapapun. Gejala yang muncul akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Tentunya kondisi ini jangan ibu hamil spelekan.

Sinus itu sendiri merupakan rongga kecil yang berada di belakang dahi, serta tulang pipi yang isinya udara. Dalam kerangka kepala manusia, terdapat empat pasang sinus, yakni berada di belakang dahi, pada kedua sisi batang hidung, belakang tulang pipi dan belakang mata.

Sinus ini akan menghasilkan mukus atau lendir yang fungsinya untuk menjaga suhu, serta kelembaban udara yang masuk dalam paru-paru. Selain itu, mencegah kuman yang menyebabkan penyakit masuk dalam sistem pernapasan.

Cairan mukus mengalir melewati saluran kecil yang terdapat pada rongga sinus. Jika peradangan terjadi pada saluran tersebut, maka penyumbatan akan terjadi dan membuat cairan mukus tidak bisa mengalir dengan normal. Dimana kondisi inilah yang akan dapat menyebabkan masalah sinusitis.

Baca juga : Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Penyebab dan Gejala Sinusitis Pada Ibu Hamil

Sinusitis yang terjadi di masa kehamilan dapat disebabkan karena beberapa hal seperti berikut ini.

  • Riwayat alergi
  • Selama masa kehamilan hormon progesteron mengalami perubahan
  • Infeksi bakteri, jamur atau virus
  • Adanya pembengkakan pada pembuluh darah, serta selaput dalam hidung

Ketika mengalami sinusitis, ibu hamil akan mengalami gejala. Adapun beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita sinusitis di antaranya yaitu:

  • Hidung mengalami sumbatan
  • Sakit kepala
  • Napas berbau
  • Hidung meler
  • Demam
  • Sakit pada area hidung, dahi, pipi dan area antara mata

Jenis Sinusitis yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan ada dua jenis sinusitis yang dapat terjadi seperti berikut ini:

  • Sinusitis Akut. Pada kondisi ini peradangan pada sinus hanya sementara, biasanya muncul ketika alergi atau udara dingin.
  • Sinusitis Kronis. Sinusitis ini dapat terjadi beberapa minggu atau bahkan bulan.

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami

Jika anda mengalami gejala sinusitis seperti yang sudah disebutkan di atas, maka anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pastikan anda menghindari konsumsi obat tanpa resep dari dokter.

Nah selain mengatasi sinusitis dengan mengonsumsi obat resep dari dokter, anda dapat membantu meredakan gejalanya dengan cara alami dan mudah seperti berikut ini.

Minum Air Putih dengan Rutin

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan cairan dalam setiap harinya adalah hal penting yang harus kita lakukan. Selain mencegah tubuh mengalami dehidrasi, minum air putih dengan rutin juga merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi gejala sinusitis.

  • Anda harus rutin minum air putih.
  • Selain air putih, anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar agar asupan vitamin bertambah dan daya tahan tubuh menjadi kuat, sekaligus mencegah sinusitis dan dehidrasi.

Mencukupi Waktu Tidur

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Mencukupi waktu tidur juga adalah hal yang harus ibu hamil lakukan agar tetap bugar. Selain itu, dengan tidur yang cukup juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga masalah sinusitis akan segera pulih.

  • Usahakan anda tidur dalam waktu yang cukup setiap harinya.
  • Selain itu, sebaiknya anda juga tidur dengan ruangan yang bersih, serta gelap supaya tidur anda nyenyak.
  • Saat tidur anda dapat meninggikan posisi bantal. Gunakan beberapa bantal supaya posisi kepala anda lebih tinggi saat tidur. Dengan seperti itu keluhan yang anda alami akan berkurang.

Kompres Menggunakan Air Hangat dan Dingin

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Cara alami lainnya yang bisa anda lakukan untuk meredakan gejala sinusitis yaitu dengan kompres air hangat dan dingin. Dengan melakukan kompres maka saluran udara pada hidung akan lancar.

  • Anda bisa mengompres area sekitar hidung, dahi dan pipi dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 3 menit.
  • Setelah itu, anda bisa menggantinya dengan air dingin dan diamkan lagi selama kurang lebih 30 detik.
  • Cara ini bisa anda lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali.
  • Proses mengompres ini bisa anda lakukan sebanyak 2 hingga 6 kali dalam per harinya.

Mengonsumsi Sup Ayam

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Hilangnya nafsu makan mungkin akan dialami oleh ibu hamil. Namun, walaupun begitu jangan biarkan kondisi ini. Anda harus tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

  • Mengonsumsi sup ayam bisa menjadi pilihan tepat untuk membantu meredakan gejala sinusitis. Sup akan membantu mengurangi masalah hidung tersumbat, serta peradangan.
  • Tidak hanya itu, anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Pastikan anda makan dengan porsi kecil, tapi sering.

Menjaga Kelembaban Udara

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Dalam ruangan pastikan kelembabannya terjaga untuk membantu mengurangi keluhan sinusitis.

Caranya yaitu dengan memakai alat pelembab udara atau humidifier dalam ruangan. Ini dilakukan untuk membantu udara tetap lembab sehingga masalah hidung tersumbat dapat dicegah, serta proses penyembuhan akan menjadi lebih cepat.

Bagaimana Cara Mencegah Sinusitis Saat Hamil?

Selama hamil sistem imunitas akan turun sehingga ibu hamil akan lebih rentan terserang penyakit. Namun, meskipun begitu bukan berarti ibu hamil tidak dapat mencegah penyakit. Untuk membantu mencegah penyakit sinusitis, ibu hamil dapat melakukan beberapa hal mudah dan sederhana seperti berikut ini.

Jaga Lingkungan Agar Tetap Bersih

Menjaga lingkungan agar tetap bersih harus anda lakukan untuk mencegah sinusitis, terutama bagi ibu hamil yang memiliki alergi. Cara yang bisa anda lakukan salah satunya yaitu berhenti memakai pengharum ruangan.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh juga menjadi cara efektif yang bisa anda lakukan untuk mencegah sinusitis pada ibu hamil. Anda harus rutin mandi dan mencuci tangan.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Tinggi Vitamin C dan Zinc

Konsumsi makanan, seperti makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C dan zinc akan membantu mencegah sinusitis. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya zinc seperti telur, ikan, kacang mete dan roti gandum. Sedangkan untuk vitamin C, anda bisa mendapatkannya dari brokoli, stroberi dan ubi jalar.

Lihat juga : Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Itulah beberapa cara mengatasi sinusitis pada ibu hamil dengan alami dan cara mencegahnya yang bisa anda lakukan. Ketika anda mengalami gangguan kesehatan, termasuk sinusitis sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

 

Leave a Reply