8 Cara Mudah Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Cara Mudah Mengatasi Keputihan Saat Hamil – Kehamilan menjadi masa yang paling dinantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Buah hati yang dinantikan akan hadir dan melengkapi keluarga. Nah, saat hamil tubuh wanita akan mengalami berbagai perubahan, termasuk jumlah keputihan yang meningkat. Walaupun tidak selalu berbahaya, namun masalah keputihan ketika hamil harus diperhatikan.

Pada kondisi normal, keputihan warnanya bening atau putih susu, sedikit berbau dan teksturnya cenderung encer. Cara untuk mengatasi keputihan yang utama saat hamil yaitu menjaga kebersihan organ intim. Tidak hanya mampu membantu mengatasi keputihan saja, namun cara ini juga akan mencegah terjadinya infeksi bakteri.

Nah, untuk mengetahui cara mudah mengatasi keputihan saat hamil, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini. Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu penyebab keputihan saat hamil berikut ini.

Keputihan Saat Hamil

Baca juga : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Ketika hamil leher rahim serta dinding vagina akan menjadi lebih lunak dibandingkan biasanya. Hal ini akan membuat tubuh dengan otomatis mengirim banyak aliran darah, serta cairan vagina akan diproduksi lebih banyak untuk melindungi bagian ini. Dimana lendir yang produksinya lebih banyak ini dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen yang tinggi dalam tubuh wanita hamil.

Jika anda mengalami keputihan yang lebih banyak dari biasanya, anda jangan merasa khawatir. Selama keputihan yang anda alami warnanya bening atau warna putih susu, tidak bau menyengat, maka kondisi keputihan tersebut termasuk normal.

Hanya saja, berbeda halnya jika keputihan warnanya mengalami perubahan menjadi hijau, kuning atau abu-abu, baunya tajam, serta disertai dengan gatal dan area vagina mengalami pembengkakan, maka keputihan ini harus anda waspadai karena bisa saja menjadi gejala infeksi atau gangguan kehamilan.

Cara Mudah Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Mengatasi keputihan saat hamil sama saja dengan menjaga kebersihan area kewanitaan anda. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil yang bisa anda terapkan di rumah dengan mudah.

Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Area Kewanitaan

Keputihan Saat Hamil

Menjaga kebersihan tangan sebelum anda menyentuh area kewanitaan adalah hal penting yang harus dilakukan. Ini dilakukan untuk mencegah infeksi dari kondisi tangan anda yang kotor.

  • Cuci tangan anda hingga benar-benar bersih sebelum memegang kewanitaan dengan menggunakan air mengalir.
  • Kemudian jika sudah dicuci, silakan keringkan tangan anda terlebih dahulu.

Hindari Mencuci Vagina

Keputihan Saat Hamil

Douching yaitu tindakan membersihkan vagina dengan menggunakan cairan yang terdiri dari campuran bahan kimia. Cairan douching itu sendiri biasanya mengandung air, cuka, baking soda, pewangi dan antiseptik. Dimana cairan ini dikemas dalam douche, yakni sebuah kantong yang dilengkapi dengan semprotan atau selang yang fungsinya untuk menyemprotkan cairan pada kewanitaan.

Sebagai salah satu cara mengatasi keputihan saat hamil, anda harus menghindari tindakan mencuci vagina atau douching. Tindakan ini akan dapat menyebabkan keseimbangan bakteri pada vagina terganggu. Efeknya keputihan akan menjadi semakin parah.

Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Keputihan Saat Hamil

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil yaitu menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat.

  • Pastikan anda memilih pakaian yang terbuat dari bahan nyaman dan mampu menyerap keringat.
  • Hindari juga menggunakan celana ketat yang terbuat dari bahan sintetis, sebab akan menjadikan area kewanitaan anda semakin lembab. Yang pada akhirnya akan menyebabkan keputihan semakin parah.
  • Jika pakaian dalam anda sudah mulai lembab atau basah, anda harus segera menggantinya. Pastikan anda selalu menjaga area kewanitaan agar tetap bersih dan kering.

Menggunakan Panty Liners

Keputihan Saat Hamil

Panty liners memiliki bentuk yang mirip dengan pembalut namun ukurannya lebih kecil dan tipis. Panty liners itu sendiri biasanya dipakai untuk keputihan.

  • Nah, jika keputihan yang anda alami sudah membuat anda tidak nyaman, maka anda bisa memakai panty liners.
  • Anda sebaiknya mengganti panty liners tiap 3 jam atau segera mungkin jika sudah mulai basah dan lembab. Hindari menggunakan panty liners dalam jangka waktu yang lama karena akan membuat organ kewanitaan menjadi lembab dan memicu tumbuhnya mikroorganisme yang menyebabkan keputihan.

Jangan Menggunakan Pembersih Vagina yang Mengandung Parfum

Keputihan Saat Hamil

Menjaga kebersihan vagina tentu harus senantiasa kita lakukan. Dalam membersihkan vagina, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

  • Sebagai cara mengatasi keputihan ketika hamil, sebaiknya anda hindari penggunaan sabun atau tisu yang mengandung parfum karena akan dapat memicu terjadinya iritasi.
  • Ibu hamil dianjurkan untuk membersihkan kewanitaan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Anda dapat menggunakan air yang suhunya hangat dan pembersih yang mengandung asam laktat. Pembersih ini akan menjaga kadar pH normal kewanitaan dan menjaga kewanitaan dari kuman yang menyebabkan keputihan tidak normal. Diketahui pembersih ini aman untuk janin. Namun, tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Keputihan Saat Hamil

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan saat hamil yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, khususnya makanan yang bagus untuk kewanitaan.

  • Beberapa makanan tertentu dapat menjaga pH kewanitaan supaya tetap stabil, seperti bawang-bawangan, tempe, yoghurt dan pisang. Jika pH vagina ideal maka bakteri baik atau flora normal pada vagina akan berperan positif. Sedangkan jika pH vagina tidak ideal, maka pada vagina flora normal akan menyebabkan masalah.
  • Anda juga harus menghindari konsumsi makanan yang tinggi gula seperti makanan cepat saji, kue manis atau makanan kalengan. Gula menjadi sumber makanan untuk bakteri. Jika gula terlalu banyak, maka bakteri pertumbuhannya akan menjadi subur. Dimana hal ini akan dapat menyebabkan keputihan dan menyebabkan aroma tidak sedap.

Bersihkan Vagina dengan Benar

Keputihan Saat Hamil

Membersihkan vagina harus anda lakukan dengan baik dan benar, terutama setelah selesai buang air kecil.

  • Basuh vagina anda setelah buang air kecil dari depan ke belakang
  • Kemudian jika sudah anda harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk atau lap bersih dengan arah yang sama.

Jangan Berendam Terlalu Lama

Keputihan Saat Hamil

Bagi ibu hamil berendam dengan menggunakan air panas atau pada kolam yang mengandung klorin terlalu lama sebaiknya dihindari. Pasalnya kegiatan ini akan dapat menyebabkan vagina kering sehingga infeksi akan dengan mudah terjadi.

Mengetahui seperti itu, sebagai cara mengatasi keputihan pada ibu hamil sebaiknya anda jangan lakukan kegiatan ini terlalu lama.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Itulah beberapa cara mudah mengatasi keputihan saat hamil.  Keputihan dapat dalami oleh setiap ibu hamil dan merupakan kondisi yang normal. Namun, meskipun begitu apabila keputihan yang anda alami warnanya kuning atau kehijauan, serta aromanya tidak sedap dan disertai dengan gejala lainnya yang mengganggu, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan.

 

Leave a Reply