8 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil Agar Tidak Mudah Sakit

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil Agar Tidak Mudah Sakit – Masa kehamilan merupakan momen yang penting untuk calon ibu. Agar kehamilan tetap sehat, berbagai cara tentu akan dilakukan oleh ibu hamil. Sehingga agar anda tidak mudah tertular oleh penyakit, maka dibutuhkan daya tahan tubuh yang kuat.

Saat hamil sistem kekebalan tubuh ibu hamil biasanya akan mengalami penurunan. Padahal sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk melindungi anda dari penyakit, kuman maupun infeksi. Nah, agar kehamilan anda tetap sehat, maka sangat penting untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil yang bisa anda ikuti.

Baca juga : Tips Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Mengonsumsi Camilan Sehat

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil Agar Tidak Mudah Sakit

Wanita yang sedang mengandung rentan terhadap infeksi dan penyakit, maka sangat penting mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh seperti berikut ini.

Mengonsumsi Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang selama masa kehamilan sangat penting untuk dilakukan guna menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu hamil. Ada beberapa makanan sehat yang diketahui dapat membantu meningatkan daya tahan tubuh ibu hamil seperti berikut ini.

  • Anda harus memilih sayuran hijau, bawang putih dan buah jeruk.
  • Anda juga memerlukan asupan makanan seperti ayam, daging, telur, kacang, keju cottage dan biji-bijian.
  • Makanan-makanan ini kaya akan kandungan vitamin A, asam lemak, vitamin B6, vitamin C, vitamin B12 dan vitamin D, serta kandungan mineral lainnya yang akan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Memenuhi Waktu Istirahat

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Istirahat yang cukup dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan segar. Pastikan anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Diketahui tidur yang cukup akan membantu meningkatkan imunitas pada ibu hamil. Jika tubuh anda kurang tidur, maka anda akan rentan terhadap virus, salah satunya flu.

Ketika tidur, protein akan dihasilkan yang disebut dengan sitokin. Dimana beberapa sitokin yang diproduksi tersebut akan dapat melindungi tubuh dari infeksi, peradangan dan efek stres. Apabila anda tidak cukup tidur, maka sitokin, serta organisme yang lainnya yakni antibodi yang berperan untuk menangkal infeksi akan menjadi berkurang sehingga akan membuat anda rentan sakit.

  • Oleh karena itu, sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh pada masa kehamilan, anda harus mencukupi waktu tidur.
  • Selain waktu tidur yang dicukupi, pastikan tidur anda berkualitas selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya.

Berolahraga

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Olahraga menjadi salah satu cara yang juga bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, sebab akan dapat membahayakan kesehatan si kecil dalam kandungan.

  • Pilihlah olahraga atau aktivitas fisik yang ringan, seperti jalan pagi, melakukan gerakan kecil, yoga atau anda bisa mengikuti kelas kehamilan yang melibatkan gerakan tubuh yang dapat membantu anda ketika persalinan nanti. Dengan melakukan aktivitas fisik ini juga akan membuat tidur anda lebih nyenyak.
  • Anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sesuai dengan kondisi kehamilan anda. Anda juga bisa bertanya jenis olahraga ringan apa yang  cocok sesuai dengan kondisi kehamilan anda. Sebab setiap ibu memiliki kondisi kehamilan yang berbeda-beda.

Hindari Konsumsi Junk Food

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Tidak bisa dipungkiri, junk food banyak disukai. Padahal sebenarnya makanan ini tidak sehat. Menurut penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi junk food akan dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Saat sistem kekebalan tubuh anda lemah, konsumsi junk food akan membuat tubuh anda bekerja dengan lebih keras.

  • Oleh karena itu,  sebagai cara meningkatkan sistem imun tubuh, anda harus menghindari konsumsi jenis makanan ini.
  • Lebih baik pilihlah makanan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan anda dan juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hindari Stres

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Stres dapat dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, stres tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk kehamilan.

Di awal masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh anda tentu harus kuat. Stres yang anda alami akan dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh anda yang lemah ketika masa kehamilan.

Jika anda mengalami stres yang disebabkan karena berbagai hal, maka sangat penting untuk mengetahui cara mengelola stres yang baik. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengelola stres yaitu dengan melakukan yoga, meditasi, pijat, membaca buku atau mendengarkan musik favorit.

Mengonsumsi Suplemen

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh anda memerlukan gizi tambahan. Makanan yang anda konsumsi mungkin tidak bisa mencukupi semua kebutuhan mineral dan vitamin yang diperlukan.

Untuk mengatasinya, mengonsumsi suplemen prenatal dapat anda lakukan. Namun, pastikan suplemen prenatal yang anda konsumsi sesuai dengan resep atau anjuran dari dokter.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan agar tubuh terhindar dari masalah dehidrasi atau kekeringan. Dehidrasi akan dapat berbahaya untuk kesehatan.

Nah, selama kehamilan pastikan anda mencukupi kebutuhan cairan untuk mendetoksifikasi tubuh.  Biarkan tubuh anda tetap terhidrasi selama masa kehamilan. Anda bisa minum air putih yang cukup setiap harinya. Untuk mengetahui berapa banyak cairan yang dibutuhkan tubuh anda, tidak ada slaahnya anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter.

Biasakan Rajin Mencuci Tangan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan yaitu rajin mencuci tangan.

Anda harus membiasakan mencuci tangan saat sebelum dan sesudah makan, saat akan beristirahat atau setelah dari kamar mandi. Kebiasaan mudah dan sederhana ini menjadi cara efektif untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika hendak bepergian, anda sebaiknya membawa hand sanitizer.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa makanan lainnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti berikut ini.

  • Buah stroberi. Kandungan vitamin C dan sifat asam buah stroberi dapat membuat penyerapan zat besi meningkat. Ini akan dapat membantu dalam pemeliharaan daya tahan tubuh ibu hamil.
  • Brokoli. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sayuran hijau bagus dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya brokoli. Brokoli kaya akan kandungan mineral dan vitamin. Brokoli mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat dan antioksidan yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Bayam. Selain brokoli, ada juga bayam. Selain kaya akan kandungan vitamin C, bayam juga mengandung zat antioksidan, serta beta karoten yang akan membantu membuat sistem imun tubuh kemampuannya meningkat dalam melawan infeksi.
  • Almond. Kacang-kacangan baik dikonsumsi ibu hamil. Makanan ini akan membantu menangkal virus dan membantu mempercepat pemulihan jika sudah terinfeksi. Almond adalah salah satu jenis kacang terbaik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika ibu hamil mengonsumsi almond, maka akan terhindar dari flu dan pilek.

Lihat juga : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Demikian beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil supaya tidak mudah sakit yang bisa anda ikuti. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply