8 Tips Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil Agar Kehamilan Nyaman

Tips Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil Agar Kehamilan Nyaman – Ketika hamil, tidak jarang wanita mudah merasa cemas karena memikirkan segala hal tentang kehamilannya. Namun, perlu diwaspadai perasaan cemas yang berlebih akan dapat berpengaruh untuk perkembangan buah hati dalam kandungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi perasaan cemas pada ibu hamil.

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Penyebab Cemas Pada Ibu Hamil

Selama kehamilan, stres merupakan kondisi yang sering terjadi. Namun, stres tentunya harus tetap terkendali. Ibu hamil bisa mengalami stres disebabkan karena berbagai hal.

Beberapa wanita merasa cemas dan stres disebabkan karena membayangkan rasa sakit ketika melahirkan nanti. Apabila anda bekerja, pekerjaan anda juga bisa saja menambah tingkat stres. Bahkan beberapa ibu hamil akan merasa cemas ketika memikirkan kesehatan buah hatinya. Tidak hanya itu, hal lainnya yang dapat membuat ibu hamil stres yaitu karena memikirkan masalah keuangan.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil di Musim Hujan

Dampak Stres Pada Ibu Hamil

Kondisi stres yang berlebih akan membuat tubuh mengeluarkan hormon yang dapat memicu terjadinya persalinan prematur atau bahkan dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, jika ibu hamil mengalami stres yang berlebih maka tekanan darah akan menjadi meningkat dengan tidak normal. Hal ini tentunya akan berbahaya bagi janin.

Meskipun kondisi tersebut terjadi apabila ibu hamil mengalami cemas dan stres berat, namun kondisi stres ringan juga sebaiknya jangan diabaikan dan harus diatasi dengan baik dan benar. Namun, jika anda merasa tidak yakin apakah anda sedang mengalami stres atau tidak, beberapa gejala berikut ini dapat memberikan petunjuk bagi anda.

  • Sering merasa sakit kepala
  • Tidak nafsu makan dan sulit tidur
  • Lesu yang berlebihan
  • Secara berlebihan merasa rendah diri
  • Suasana hati mudah marah

Tips Ampuh Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil Agar Kehamilan Nyaman

Rasa cemas yang ibu hamil alami selama kehamilan akan dapat berdampak negatif untuk kesehatan si kecil dalam kandungan. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, anda bisa mencoba melakukan beberapa tips ini untuk mengatasi rasa cemas pada ibu hamil.

Berbagi Perasaan dengan Orang Terdekat

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Jangan simpan rasa cemas yang anda alami sendiri. Anda dapat berbagi perasaan dan ketakutan yang anda rasakan pada orang-orang terdekat.

  • Anda bisa mencoba menceritakan segala sesuatu yang kerap kali membuat anda cemas pada pasangan maupun pada keluarga.
  • Anda juga bisa membicarakan masalah yang anda alami dengan sesama ibu hamil agar dapat saling bertukar pengalaman dan mendapatkan solusi yang tepat.
  • Apabila anda masih belum lega, sebaiknya anda menemui dokter. Kemudian jelaskan apa yang anda alami dan rasakan. Dengan begitu dokter akan memberikan solusi yang tepat bagi anda untuk membantu menenangkan perasaan dan pikiran anda.

Istirahat dengan Cukup

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Setiap harinya ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang cukup. Pasalnya, kondisi kurang tidur akan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami rasa cemas dan stres. Tidak hanya bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh, namun tidur cukup juga akan membuat pemberian nutrisi pada bayi dalam kandungan menjadi optimal.

  • Jika anda merasa kelelahan ketika beraktivitas, anda bisa mengistirahatkan sejenak tubuh anda.
  • Sambil istirahat, anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, menyanyikan lagu untuk buat hati atau mengajak ngobrol si kecil dalam kandungan. Tidak hanya menyenangkan saja, namun kegiatan ini juga akan membantu menjalin kedekatan anda dengan buah hati tercinta.

Selalu Berpikir Positif

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Selalu berpikir positif sangat penting untuk diterapkan oleh ibu hamil. Anda sebaiknya jangan mudah percaya akan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya.

  • Agar terhindar dari pikiran negatif, sebaiknya anda jangan menggali informasi tentang hal yang menyeramkan tentang kehamilan.
  • Anda harus tetap fokus pada kondisi saat ini, apa yang anda anda jalani, serta seperti apa perasaan anda saat menjalankannya.

Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Sangat penting bagi ibu hamil untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam setiap harinya juga bermanfaat untuk membantu mengatasi rasa cemas yang anda alami saat hamil. Selain baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga baik bagi kesehatan fisik maupun psikis ibu hamil.

  • Caranya, selama hamil anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan mineral, vitamin dan asam lemak omega-3.
  • Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya sebanyak 1,5 liter dalam setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama anda hamil.

Melakukan Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Melakukan olahraga akan dapat membantu mengurangi cemas yang anda alami, serta membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

  • Olahraga yang anda pilih tentu harus olahraga yang aman untuk ibu hamil. Olahraga ringan seperti yoga hamil, jalan santai dan berenang bisa anda coba.
  • Namun, alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga. Pasalnya setiap kondisi kesehatan ibu hamil tidak sama.

Bersantai

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Bersantai dapat anda lakukan untuk mengatasi cemas yang dialami saat hamil.

  • Anda bisa mencoba melakukan pijat untuk mengatasi cemas saat hamil.
  • Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan hobi atau kegiatan lainnya yang akan membantu menenangkan pikiran seperti membaca buku, mendengarkan musik dan melakukan perawatan.

Mensiasati Pengeluaran

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Biasanya salah satu penyebab ibu hamil mengalami cemas yaitu masalah keuangan. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba mensiasati pengeluaran.

  • Anda bisa membuat daftar keperluan untuk si kecil, seperti peralatan dan pakaian bayi. Dimana dari daftar yang anda buat tersebut, anda bisa memilih mana yang harus dibeli atau mana yang bisa anda pinjam dari keluarga terdekat. Sebaiknya anda tidak memaksakan pengeluaran jika tidak diperlukan.
  • Begitupun jika anda berencana melakukan persalinan dengan operasi caesar. Anda bisa mencari tahu berapa biaya yang diperlukan. Bertanya pada dokter mengenai hal apa saja yang harus dipersiapkan juga bsa anda lakukan.

Siapkan Mental

Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Selain beberapa cara  di atas, anda juga tentu harus menyiapkan mental untuk mengurus buah hati.

Anda bisa berbagi cerita atau bertukar pikiran dengan ibu, kaka, saudara ataupun teman-teman yang telah memiliki anak. Anda dapat belajar dari pengalaman mereka ketika merawat anak. Dari pengalaman mereka, anda tentu akan banyak menemukan kisah yang menyenangkan yang tentunya akan membuat anda siap merawat buah hati tercinta.

Lihat juga : Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Apabila setres dan cemas yang anda alami tidak juga membaik meskipun sudah melakukan cara di atas, maka anda sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter ataupun meminta bantuan psikolog. Jangan biarkan rasa cemas yang anda alami berlarut-larut karena efeknya akan buruk pada kesehatan buah hati yang dikandung.

Leave a Reply