5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil dengan Efektif

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil dengan Efektif – Kulit kepala gatal saat hamil disebabkan karena perubahan hormon. Selain menyebabkan gatal, perubahan hormon juga akan dapat menyebabkan kulit kepala kering. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena ketombe. Seperti yang kita ketahui, ketombe dapat mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri. Tidak hanya itu, hal lainnya yang dapat menyebabkan kulit kepala gatal ketika hamil yaitu karena dehidrasi. Untuk membantu mengatasi kulit kepala gatal saat hamil, beberapa cara ini bisa anda ikuti.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil dengan Efektif

Ketika hamil biasanya ibu akan mengalami berbagai keluhan. Keluhan yang dialami akan membuat ibu merasa tidak nyaman, salah satunya kulit kepala gatal. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal saat hamil.

Memakai Sampo Antiketombe

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil

Apabila gatal kulit kepala yang anda alami disebabkan karena ketombe, maka untuk mengatasinya anda bisa menggunakan sampo antiketombe. Dengan menggunakan sampo khusus antiketombe maka gatal pada kulit kepala yang anda alami akan berkurang.

  • Anda bisa memilih sampo antiketombe yang cocok dengan rambut anda.
  • Selain itu, pilih sampo dengan kandungan seng pyrithione, ketoconazole, selenium sulfida atau asam salisilat untuk membantu mengatasi ketombe dengan ampuh.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil

Mencukupi kebutuhan air putih dalam setiap harinya tentu sangat penting untuk kita perhatikan. Kurang minum air putih akan membuat tubuh dehidrasi dan berbahaya untuk kehamilan. Selain itu, dengan mencukupi kebutuhan cairan akan membuat kulit tetap lembab, termasuk kulit kepala. Bahkan cairan yang cukup akan dapat membantu mengurangi stres serta peradangan pada tubuh kita.

  • Minumlah air putih dengan jumlah yang disarankan.
  • Karena kebutuhan cairan setiap ibu hamil berbeda-beda, maka sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui jumlah kebutuhan air putih sesuai dengan kondisi anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Mencukupi Kebutuhan Istirahat

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil

Beberapa kondisi seperti cemas, depresi dan stres bisa ibu hamil alami. Kondisi tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan kehamilan anda. Anda bisa mengatasinya dengan mencukupi waktu istirahat.

  • Disarankan untuk tidur selama kurang lebih 7 hingga 8 jam setiap malamnya.
  • Agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas, anda juga bisa menciptakan suasana tidur yang nyaman.

Memanfaatkan Minyak Esensial

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil

Minyak esensial akan dapat memberikan beberapa manfaat, selain dapat mengurangi kondisi kulit kepala kering, juga akan membantu ibu hamil mengatasi stres.

  • Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak esensial pada kulit kepala anda.
  • Kemudian berikan pijatan lembut agar aliran darah meningkat.
  • Setelah itu, silakan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air mengalir.

Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal Saat Hamil

Bahan alami seperti minyak kelapa dan jeruk nipis bisa anda manfaatkan untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala kering ketika hamil.

  • Caranya yaitu silakan siapkan minyak kelapa dan jeruk nipis secukupnya saja.
  • Kemudian minyak kelapa silakan oleskan pada kulit kepala dengan merata. Lalu berikan pijatan lembut dan nyaman.
  • Ambil bola kapas. Lalu gunakan untuk mengoleskan air jeruk nipis pada seluruh kulit kepala.
  • Diamkan selama 10 menit. Baru setelah itu, silakan bilas rambut anda hingga benar-benar bersih.

Apabila gatal pada kulit kepala tidak kunjung hilang dan semakin mengganggu, anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal saat hamil dengan mudah dan sederhana. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply