6 Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil dengan Perawatan Sederhana

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil dengan Perawatan Sederhana – Berbagai keluhan dapat ibu hamil alami selama masa kehamilan. Mulai dari mual muntah, nyeri punggung, pegal-pegal hingga sakit bokong. Si kecil dalam kandungan akan semakin besar dan menekan punggung, pinggang serta bokong. Akhirnya rasa sakit tidak bisa anda hindarkan.

Selain akibat tekanan rahim, nyeri bokong saat hamil juga bisa disebabkan oleh hal lainnya seperti panggul terasa linu, wasir dan kontraksi. Untuk membantu meringankan nyeri bokong saat hamil, beberapa cara di bawah ini bisa anda coba.

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil dengan Perawatan Sederhana

Perawatan mudah dan sederhana yang akan membantu mengatasi nyeri bokong saat hamil. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan di bawah ini.

Mengonsumsi Serat

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Memperbanyak konsumsi serat akan dapat membantu mengatasi bokong sakit saat hamil. Konsumsi serat akan membantu meminimalkan sembelit yang mungkin anda alami. Apabila sembelit anda semakin parah, maka wasir juga akan semakin parah. Sehingga efeknya nyeri bokong yang dialami tidak bisa dicegah.

Cara untuk mendapatkan asupan serat yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Ada banyak buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Duduk terlalu lama sebaiknya anda hindari untuk mencegah kondisi sakit bokong yang anda alami semakin parah.

  • Namun jika ingin duduk, caranya yaitu dengan melapisi menggunakan bantalan yang empuk.
  • Pastikan posisi duduk anda juga nyaman.

Jangan Mengangkat Beban Terlalu Berat

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Ibu hamil harus memperhatikan aktivitas yang dilakukannya. Aktivitas berat harus ibu hamil hindari. Selain itu, ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengangkat beban yang berat. Pasalnya, selain menyebabkan bokong sakit, juga sangat berbahaya untuk kandungan.

  • Anda bisa meminta bantuan kepada suami atau keluarga jika akan mengangkat beban berat.
  • Pastikan anda menghindari kerjaan yang terlalu berat.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Minum dalam jumlah yang cukup setiap harinya sangat disarankan. Mengonsumsi air putih yang cukup akan mencegah kita dari masalah dehidrasi. Selain itu, juga akan membantu meminimalkan rasa sakit yang disebabkan karena kontraksi.

  • Menurut banyak pakar menyarankan, konsumsi air putih untuk ibu hamil per harinya yaitu 8 hingga 10 gelas.
  • Namun, sebaiknya anda juga menyesuaikannya dengan kebutuhan anda sendiri.
  • Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui jumlah air putih yang tubuh anda butuhkan. Pasalnya kebutuhan cairan setiap ibu berbeda-beda.

Baca juga : Cara Menjaga Kehamilan Setelah Mengalami Keguguran

Memperhatikan Posisi Tidur

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Posisi tidur yang nyaman akan membuat tidur anda lebih nyenyak dan berkualitas. Selain itu, posisi tidur juga sebaiknya diperhatikan untuk membantu meringankan sakit bokong yang anda alami.

Posisi tidur yang  bisa anda ikuti untuk mengatasi nyeri bokong yaitu dengan posisi miring, kemudian tambahkan bantal di antara kaki.

Peregangan

Cara Mengatasi Nyeri Bokong Saat Hamil

Melakukan peregangan yang aman bagi ibu hamil dapat membantu mengatasi nyeri bokong saat hamil.

Anda bisa melakukan peregangan pada bagian pinggang dan kaki supaya nyeri dapat berkurang.

Mengatasi nyeri bokong saat hamil harus sesuai dengan penyebabnya. Apabila nyeri bokong yang dialami diakibatkan oleh wasir, anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk membantu mengatasinya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi nyeri bokong saat hamil dengan perawatan mudah dan sederhana yang bisa anda ikuti. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply