12 Cara Mengatasi Kaki Pegal Saaat Hamil Agar Lebih Nyaman

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil Agar Lebih Nyaman – Saat hamil, keluhan yang dapat dialami oleh seorang wanita bisa beragam. Selain mual dan muntah, keluhan lainnya yang sering dirasakan oleh ibu hamil yaitu kaki pegal. Kondisi kaki pegal saat hamil itu sendiri biasanya terjadi ketika kandungan yang semakin membesar atau saat usia kehamilan memasuki trimester akhir.

Selain itu, beberapa penyebab kaki pegal lainnya saat hamil yaitu karena bentuk tubuh yang mengalami perubahan, dehidrasi, tekanan pada saraf kaki, sirkulasi darah yang buruk pada kaki, varises dan  pembengkakan kaki.

Meskipun termasuk keluhan kehamilan yang wajar, namun jika dibiarkan akan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil Agar Lebih Nyaman

Beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal saat hamil. Yuk simak di bawah ini.

Mengangkat Kaki

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Cara mengatasi kaki pegal saat hamil bisa dilakukan dengan cara mengangkat kaki. Dengan mengangkat kaki lebih tinggi di atas jantung, maka peredaran darah menuju ke jantung dan paru-paru akan menjadi lebih lancar.

  • Anda bisa mencoba mengangkat kaki sekitar 15 hingga 30 menit di atas jantung.
  • Untuk menahan posisi tersebut anda bisa mengganjalnya dengan menggunakan bantal selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Lakukan cara mengatasi kaki pegal dengan mengangkat kaki beberapa kali dalam sehari.

Hindari Terlalu Banyak Diam

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Kondisi kaki pegal memang mengharuskan anda untuk melakukan istirahat. Namun, jika anda terlalu banyak diam dan tidak melakukan apapun juga itu tidak dibenarkan. Otot kaki bagaikan pompa yang berisi cairan untuk digerakan pada seluruh tubuh anda.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki pegal saat hamil yaitu dengan melakukan latihan kaki, serta pergelangan kaki dengan langkah sederhana. Contohnya, saat berbaring anda bisa meletakan kaki pada dinding. Selain itu, beberapa kali mengubah posisi duduk dalam beberapa waktu juga akan membantu.

Peregangan Kaki

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Melakukan peregangan pada kedua kaki sebelum tidur juga akan membantu mengatasi kaki pegal saat hamil. Dengan melakukan peregangan maka peredaran darah akan menjadi lancar dan kondisi kaki pegal akan menjadi lebih ringan.

  • Anda bisa melakukan olahraga yang disarankan untuk peregangan saat hamil, misalkan yoga hamil.
  • Sebaiknya anda konsultasikan lebih dulu pada dokter sebelum melakukan olahraga karena setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Tidur dengan Posisi Menyamping

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Posisi tidak juga sebaiknya diperhatikan untuk membantu mengatasi kaki pegal saat hamil. Tidur dengan posisi menyamping atau miring diketahui akan dapat membantu mengurangi tekanan di pembuluh vena cava.

Caranya yaitu silakan tidur dengan posisi menyamping. Pastikan posisi anda nyaman agar bisa tidur dengan tenang.

Menjaga Asupan Cairan

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Kondisi kaki pegal ketika hamil yang disebabkan karena pembengkakan akan menjadi lebih buruk jika tubuh mengalami dehidrasi. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga asupan cairan yang akan membantu mengatasi kaki pegal saat hamil.

  • Minumlah dengan rutin untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pastikan anda minum dengan cukup sesuai dengan kebutuhan yang disarankan.
  • Kurangi atau hindari minum kafein karena akan dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat memicu terjadinya kaki pegal.

Memakai Sepatu Nyaman

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Untuk anda yang masih bekerja saat hamil, penggunaan sepatu penting untuk diperhatikan. Anda harus memilih alas kaki yang nyaman.

  • Sebaiknya pilihlah alas kaki atau sepatu yang memiliki tumit lebar, serta tidak mempunyai hak yang tinggi.
  • Pilih juga sol non-selip supaya agar ketika menapak tanah langkah kaki semakin kuat serta tidak mudah tergelincir.
  • Selain itu, anda bisa memilih sepatu model simple, tanpa tali agar tidak merepotkan.

Menerapkan Pola Makan yang Tepat

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Kondisi dehidrasi akan dapat memperparah kaki pegal. Maka dari itu, sangat penting untuk minum yang cukup. Selain itu, anda juga harus mengontrol berat badan dengan baik selama masa kehamilan. Berat badan yang naik berlebih ketika hamil akan menyebabkan kondisi pembengkakan menjadi lebih buruk, serta menyebabkan masalah lainnya yaitu kaki yang cepat pegal.

  • Pastikan anda menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.
  • Hindari mengonsumsi makanan tidak sehat yang akan dapat menyebabkan lonjakan berat badan.

Merendam Kaki dengan Menggunakan Air Hangat

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Anda bisa memanfaatkan air hangat untuk relaksasi otot. Yuk simak caranya berikut ini.

  • Silakan siapkan air hangat. Lalu tuangkan dalam wadah atau baskom.
  • Selanjutnya silakan campurkan air hangat tersebut dengan garam sebanyak kurang lebih 1 hingga 2 sendok.
  • Lalu anda bisa merendam kaki selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Lebih bagus jika sambil memberikan pijatan lembut pada kaki.

Lakukan Latihan Kaki

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Kaki pegal saat hamil akan menjadi reda dengan melakukan latihan kaki, caranya yaitu memutar pergelangan kaki. Dengan melakukan latihan ini akan dapat membuat sirkulasi darah meningkat sehingga pegal akan menjadi reda. Cara melakukannya seperti berikut ini:

  • Silakan anda duduk di atas kursi dengan nyaman.
  • Kemudian salah satu kaki diangkat. Putar pergelangan kaki anda sebanyak 10 kali ke kanan, dan lakukan 10 kali ke kiri.
  • Anda bisa melakukannya pada kedua kaki dengan bergantian. Bisa diulangi sebanyak 10 kali.

Hindari Kebiasaan Menyilangkan Kaki

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Ketika dudu atau berdiri lama, anda sebaiknya hindari melipat atau menyilangkan kaki. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat aliran darah ke kaki menjadi terhambat, efeknya kaki akan menjadi pegal.

Perhatikan posisi anda saat duduk atau berdiri. Jangan menyilangkan kaki ataupun melipatnya. Anda bisa mengganti pada posisi yang lebih nyaman dan aman.

Kompres Es Batu

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Kompres dingin dengan menggunakan es batu juga akan membantu meredakan kaki pegal saat hamil. Anda bisa mengompres kaki dengan es batu dengan cara berikut ini.

  • Siapkan es batu secukupnya saja. Kemudian es batu tersebut silakan dibungkus dengan menggunakan handuk atau kain bersih.
  • Selanjutnya silakan kompreskan pada bagian otot kaki anda yang pegal.
  • Sesekali handuk bisa diusapkan menuju ke tumit supaya peredaran darah menjadi lebih lancar.

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Cara Mengatasi Kaki Pegal Saat Hamil

Saat hamil berjalan santai akan memberikan manfaat yang baik, yaitu membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Akan tetapi, jika anda memiliki riwayat yang mudah linu dan pegal, sebaiknya jangan terlalu lama atau terlalu jauh berjalan.

  • Anda bisa membatasi waktu berjalan santai. Cukup selama 15 menit dalam setiap harinya.
  • Selain itu, anda juga sebaiknya menghindari posisi berdiri dalam waktu yang terlalu lama. Tidak hanya akan memicu pegal saja, namun juga akan menyebabkan anda mengalami dehidrasi.

Lihat juga : Tips Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

Kondisi kaki pegal saat hamil biasanya akan membaik setelah melahirkan. Namun, jika kondisi kaki pegal semakin buruk setelah anda mencoba cara mengatasi kaki pegal saat hamil, bahkan sampai menganggu aktivitas dan waktu tidur, sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

 

Leave a Reply