data-ad-format="auto"

Aturan Puasa Untuk Penderita Penyakit Maag

Penyakit maag terjadi akibat peradangan yang muncul pada bagian lambung. Masalah ini kerap kali terjadi pada mereka yang memiliki pula makan tidak teratur. Bukan hanya itu, maag pun dapat terjadi karena tingkat stress yang tinggi yang juga membuat kondisi perih pada lambung semakin buruk.

Untuk itulah, para penderita maag diharuskan untuk senantiasa memperhatikan pola makannya dengan baik. Makan teratur dan konsumsi makanan sehat menjadi kunci utama dalam menangani kondisi penyakitnya dengan baik. Adapun gejala penyakit maag yang akan dapat dirasakan adalah diantaranya perih pada lambung, mual, lemas dan perasaan yang tidak nyaman pada saat perut diisi dengan makanan.

Lalu bagaimana para penderita maag berhadapan dengan bulan Ramadhan? Tidak sedikit para penderita maag ingin ikut andil dalam menjalankan ibadah puasa. Hanya saja, penyakit maag yang diderita kerap kali menjadi kendala. Lantas bagaimana mensiasati kondisi ini? Tak perlu khawatir mari kita simak aturan puasa untuk penderita maag dibawah ini. Penasaran seperti apa? Mari kita simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Kiat Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan

Aturan Puasa untuk Penderita Penyakit Maag

Penderita penyakit maag memang tidak dilarang untuk dapat menjalankan ibadah puasa. Hanya saja, perasaan perih pada lambung akan mungkin membuat puasa anda terkendala dan menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Oleh karenanya, penderita maag perlu memperhatikan aturan puasa dengan baik. Ingin tahu seperti apa? Mari simak secara langsung aturan puasa untuk penderita penyakit maag dibawah ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berkonsultasilah dengan Dokter

Demi menjaga kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan maka penting sekali untuk para penderita maag dan penderita penyakit lainnya untuk mengkonsultasikan kondisi kesehatannya dengan kemungkinan puasa yang akan dijalani.

Hal ini penting dilakukan dengan baik guna meninjau sejauh dan separah apa penyakit anda. Sehingga demikian, dokter akan memberikan anjuran dan aturan puasa seperti apa yang dapat anda jalankan. Dengan begini maka ibadah puasa yang dijalani akan lebih aman dan lebih menyenangkan.

Untuk itu, bagi anda penderita maag maka penting sekali berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai seberapa parah penyakit maag anda. Sebab beberapa kondisi penyakit maag kronis seringkali dianjurkan untuk tidak mengikuti ibadah puasa. Namun demikian, ketika kondisi tubuh anda memungkinkan maka dokter akan dapat mengizinkan anda untuk dapat melakukannya.

Perhatikan Asupan Makanan Ketika Puasa

Berbuka dan sahur untuk penderita maag ada aturannya. Anda tidak bisa sembarangan mengkonsumsi aneka makanan dengan menu sesuka hati anda. Sebab beberapa jenis makanan akan mungkin dapat menyebabkan masalah lambung kambuh yang cukup menyakitkan.

Perhatikan menu makanan anda selama puasa dan upayakan hindari beberapa menu makanan yang mengandung lemak, berminyak, mengandung kafein yang banyak, pedas dan masih banyak lagi. Beberapa jenis makanan ini akan dapat membuat asam lambung naik dan gejala maag akan sulit untuk dihindari. Jadi perhatikan betul asupan makanan anda selama menjalankan ibadah puasa.

Makan Secara Teratur

Pada saat menjalankan ibadah puasa waktu makan anda mungkin hanya sahur dan berbuka saja. Akan tetapi demikian, bukan berarti anda bisa makan kapan saja dan sesuka hati anda. Mengingat sedikitnya waktu makan pada saat puasa maka penting sekali untuk anda dapat memanfaatkan waktu ini dengan baik.

Pada saat berbuka maka hindari untuk menunda waktu makan dan mendahulukan makanan lain yang kurang baik. Tubuh anda telah kehilangan banyak energi selama seharian menjalankan aktivitas. Untuknya, pasok kembali kebutuhan energi dengan konsumsi karbohidrat, sayur dan buah-buahan.

Begitupula saat sahur, jangan sesekali melewatkan makan sahur hanya karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Luangkan waktu untuk bisa menyantap makanan sehat agar puasa anda menjadi lebih bersemangat.

Hindari Merokok

Merokok selama bulan puasa hanya akan menjadi hal yang memperparah kondisi maag anda. Masalah ini pun akan bisa membuat anda merasa lemas dan lambung yang perih akan cenderung mudah muncul dan kambuh.

Selain itu, merokok selama bulan puasa cenderung membuat nafsu makan anda menjadi berkurang. Hal inilah yang mungkin membuat asupan makanan sehat kedalam tubuh menjadi terganggu. Pada akhirnya perut yang dibiarkan kosong dan ikut menjalankan ibadah puasa akan mungkin cukup menyiksa.

Oleh karenanya, selama bulan puasa upayakan untuk tidak merokok. Nikotin pada rokok pun akan cenderung membuat anda mudah haus saat menjalani ibadah puasa. Yang mana hal ini tentunya akan semakin memperparah tantangan haus selama bulan puasa.

Daripada merokok, anda bisa mengalihkan sementara kebiasaan anda pada konsumsi makanan sehat atau cemilan yang sehat. Misalkan mengkonsumsi buah kurma atau makanan lainnya yang akan dapat memberikan energi untuk tubuh anda.

Konsumsi Obat Lambung

Biasanya ketika berkonsultasi dengan dokter, penderita maag akan dibekali dengan obat lambung. Obat ini diberikan untuk meredakan gejala maag kambuh yang akan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Pengobatan ini akan tentu saja membantu anda untuk dapat terhindar dari gejala maag kambuh pada saat menjalankan ibadah puasa.

Untuknya maka perhatikan kembali untuk tidak melewatkan asupan obat ini kedalam tubuh. Hanya saja, perhatikan kembali umumnya penggunaan obat akan diperuntukan tergantung pada kondisi maag yang anda alami. Ada pengobatan maag yang memang perlu dikonsumsi setiap buka dan sahur. Atau adapula obat maag yang dianjurkan dikonsumsi hanya pada saat maag anda kambuh saja.

Jangan Paksakan Bila Tidak Kuat

Para penderita maag tidak bisa selalu memprediksi kapan maagnya akan kambuh dan seperti apa pengaruhnya untuk aktivitas yang tengah mereka jalankan. Oleh karenanya, pada saat gejala yang anda rasakan tiba-tiba kambuh dan anda merasa tidak dapat mengatasi kondisi ini dengan baik. Maka sebaiknya jangan paksakan untuk melanjutkan puasa.

Apalagi ketika rasa perih yang dialami dampaknya sudah sangat menyakitkan dan tidak lagi bisa ditahan. Maka sebaiknya tidak melanjutkan puasa yang anda jalani. Akan tetapi, ketika anda merasa  gejala yang diakibatkan dari maag masih bisa ditahan maka anda dapat melanjutkannya dengan baik.

Kurangi Aktivitas Fisik

Aktivitas yang dijalani selama bulan puasa akan mungkin memangkas energy yang anda miliki dalam tubuh. Apalagi saat tidak ada asupan makanan kedalam tubuh maka mungkin kondisi ini akan semakin membuat anda terasa lemas.

Nah, untuk menangani kondisi ini maka sebaiknya kurangi aktivitas fisik anda selama bulan puasa. Terutama aktivitas fisik yang akan menguras tenaga dan membuat anda lelah.

Itulah dia beberapa aturan puasa untuk penderita penyakit maag yang penting untuk diketahui dengan baik. Semoga dengan menyimak informasi diatas akan dapat membantu anda para penderita maag dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih banyak dan menyenangkan. Sampai berjumpa kembali pada pembahasan yang lainnya.

Loading...

Follow us