Kategori: Ruang Konsultasi

Jawaban-jawaban dari kami jangan dijadikan acuan utama, jadikanlah sebagai masukan saja, karena kami memberikan jawaban tanpa didukung oleh pemeriksaan. Hasil Konsultasi ke dokter atau bidan secara langsung itu merupakan acuan utama, karena hal tsb telah berdasarkan hasil pemeriksaan. Ruang konsultasi ini kami gunakan hanya untuk yg bersifat informatif dan edukatif, bukan untuk dijadikan sebagai hasil diagnosa, perawatan atau pengobatan.

Test Kehamilan

4.6/5 (5) Hi, Bu bidan salam kenal ya….saya mau tanya nih????pertama saya sudah telat haid 2 minggu, waktu saya telat 1 minggu saya mencoba untuk tes kehamilan menggunakan test pack tapi hasilnya negatif, selanjutnya setelah 2 minggu telat saya mencoba lagi dengan merk test pack yg sama tapi hasilnya tetap negatif, saya melakukan tes sesuai [Baca selengkapnya…]

Haid Pasca Melahirkan

4/5 (5)  prima sadaka wrote: Salam KenalSaya ayu,umur 25 thn, br mempunyai anak 1,seorang bayi cantik umur 5 bln.Seiring bayi saya yg berumur 5 bln,saya jg mulai mendapat haid I setelah melahirkan.Saya mw tanya,apakah haid saya ini terlalu cepat datangnya atau lambat?Kemudian haid I ini cukup banyak, bahkan melebihi kuantitas haid biasanya,apakah ini normal?Atas jawabannya [Baca selengkapnya…]

Konsumsi Yang Beresiko Selama Kehamilan

hamil

Originally Posted by slytherin s 
Trus makanan yg tidak boleh di konsumsi selama semester pertama itu pa ja yah

di kasi tau keluarga dan temen2 sieh

-nangka= ntar babynya lahir banyak getah di tubuhnya *sempat ngidam ini tp ga dibolehin
-air kelapa= bikin kandungan lemah *sekali ajah abis itu ga dibolhin lg
-sate= banyak bakteri * sempat beberapa kali makan
-air es= bikin baby besar dalam janin *tp saya ampir tiap hari minum, gerah sieh
-makanan instan= banyak pengawetnya * padahal sesekali kan pingin makan jg
– semacam pep*i co*ca co*a = terlalu keras * tp kemaren habis satu botol
mohon pencerahannya ya bu bidan…

Masa Subur dan Sperma

dear ibu bidan..

bu saya mau tanya saya mulai haid 5/04/09 dan selesai 9/4/09 kira2 masa suburnya tgl berapa??karna kata orng masa subur itu 14 hr setelah mens??tp saya hitung di www.bidanku.com tdk ada 14 hr??
dan satu lagi,mohon maaf agak kasar?setelah saya berhubungan sex dengan suami saya, kenapa cairan spermanya selau menetes ketika saya hendak  padahal saya tidak langsung berdiri berdiri,apakah itu karna spermanya encer??atau memang seperti itu??

mohon ibu bidan bisa membantu,

terima kasih

Kehamilan Lewat Bulan

Originally Posted by nizar1030
bos,,mo nanya,,mengenai proses kehamilan istri saya yang sudah masuk usia 41 minggu dan belum ada tanda-tanda…kemarin jum’at akhirnya menurut keputusan dokter mesti diinduksi,,,akhirnya,,oklah saya terima saran dokter mengenai induksi,,dan setelah diinduksi melalui infus,,sampe habis botol pertama,tetap tidak ada tanda2 kontraksi apapun sama sekali,,hanya perut yang terasa mules saja…akhirnya setelah selsai atau habis satu boitol infus induksi,,tetap tidak ada tanda2,,,maka saran dokter mesti diberikan induksi ke2,dan kata dokter,apabila induksi ke-2 tidak berhasil,,maka harus di operasi caesar…?akhirnya saya memutuskan untuk istri saya agar tidak diberi induksi ke-2,dab saya memilih untuk mengajak pulang istri kerumah,,menunggu hiongga ada tanda21 kontraksi,,,dan sebelum pulang istri saya diperiksa keadaan bayinya,dan test ctg,,dan semuanya katanya sejauh ini baik2 saja…maka saya memutuskan untuk pulang kerumah,,,pertanyaan saya,apakah menunda untuk dicaesar tersebut dengan usia kehamilan 41 minggu ini beresiko..,sedangkan sejauh ini keadaan bayi dan ibunya baik2 saja..?mohon penjelasannya..

Melakukan Perjalanan Jauh dan Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil

bu bidan yang baik,saya umur 28 thn, siklus mens saya tidak teratur, seringnya 1 bulan 2x dan biasanya datang awal bulan dan pertengan bulan, alhamdulillah saya hamil, karena sebelumnya sy sempat khawatir akan hal ini, sy terakir mens selesai juli tgl 31 (benar2 bersih tidak ada flek coklat) tapi tgl pertama mens sy tidak  ingat, [Baca selengkapnya…]

Jenis Kontraksi Persalinan Abnormal

Originally Posted by debyaten 
………….
eh iya bu aku mau tanya lagi nih, apa sih sebenernya yg menyebabkan kehamilan itu tidak memiliki kontraksi alami? aku temuin ada beberapa teman2ku yg ngalamin hal ini akhirnya semua either caesar ya induksi. aku ga ngeyangin tuh bu jaman dulu waktu belon ada induksi….ngeluarin bayinya pakai apa yah? oh iya history operasi caesar pengecualian ya bu….thx…..

Bolehkah ASI diganti dengan Susu Formula?

Originally Posted by shennez 
bu bidan, ikutan nanya dunk..
saya punya baby 10.5bln, sampai sekarang masih ASI ekslusif..
gimana ya caranya supaya babynya mau nyusu dari botol dan pakai susu formula? so far kalau nyusu selalu dari sumbernya.. (bukan dari botol).

Dulu udah pernah coba dikasih susu baik ASI maupun susu formula pakai botol susu, tapi baby nya tidak mau.. (apa tetap harus dipaksa..?)

thanks sebelumnya..

Placenta Previa (Letak Abnormal Plasenta)

Originally Posted by bundanyaalif 
bu bidan yang baik,

tgl 9 maret sore saya pendarahan ( saya sedang hamil anak ke 2, 12 minggu), tidak banyak sekali tapi juga tidak sedikit (bukan bercak), seperti darah haid, perut juga mules.
Pas ke bidan, dilihat denyut jantung bayi masih bagus. saya disarankan bedrest 3 hari.

besoknya ke dokter kandungan, di usg, ter indikasi placenta previa jenis placenta rendah.
dokter menyarankan bedrest lagi nambah 3 hari.

selama tgl 9-tgl 16 masih tetap keluar darah….tapi kuantitasnya mulai berkurang.
saya mengkonsumsi obat penguat duphaston&vit asam folat.( dari bidan&dokter kandungan)

bagaimana agar saya ngga pendarahan lagi ya bu bidan? trus supaya placenta bisa kembali ke posisi normal, biar saya bisa melahirkan secara normal apa yg harus saya lakukan ya?

sekarang sudah ngga keluar darah, tapi masih suka keluar cairan bening putih kalo saya bergerak terlalu aktif/terlalu banyak hal yg saya lakukan.

terima kasih banyak bu bidan 

Secondary Infertility

Originally Posted by ADITA 
Ibu bidan yang baik, sya mau tanya, saya menikah, umur 30 tahun, saya ingin sekali punya bayi, pada thn 2004 saya mengalami keguguran, sampai sekarang belum hamil lagi, yg saya tanyakan kenapa durasi mens saya sebentar sekali hanya 3-4 hari sudah bersih, sya takut telur saya kecil, jadi sekarang saya minum folic acid 5 gr dan clomid, agar cepat hamil, apakah obat itu tepat untuk kesuburan, sebelumya saya ucapkan banyak terima kasih 

Bayi Kuning

Originally Posted by nd0w3h4 
halo Bidanku..salam sukses untuk anda

……Nah sekarang sudah 2 minggu usia anak saya…… Namun kok masih saja PUP-nya [] warnanya kuning pucat, dari referensi katanya kalo terkena PENYAKIT KUNING itu -nya berwarna kuning pucat.
nah pertanyaannya,
1. apakah dengan kondisi seperti itu apa anak saya masih terkena KUNING? ato haruskah bayi semungil dan secantik dia *halah * di tusuk lagi untuk diambil darahnya untuk kepastian sembuh tidaknya dia?
2. Apa yang harus saia lakukan untuknya, karena tiap hari dia sudah saia jemur sebelum jam 8 pagi dan sesudah jam 4 sore?
3. selain ASI apalagi yang harus dikasih oleh ibunya? masa saia sudah ngalah selama beberapa lama tapi masih belum sembuh juga

thanks bidan [dot] com

Tanda-Tanda dan Penyebab Keguguran

Pertanyaan

dear bu bidan..
saya mau nanya nih, saya dtg haid selalu maju 2-3 hari, saya jelasin dr bulan agustus, sya dpt haid bln agustus 2008 tgl 20, september tgl 23, nah pas bln oktober jd mundur tgl 26, trs bulan november maju lg tgl 23, bulan desember tgl 21, bulan januari 2009 meleset maju jd tgl 15, bu bidan pada bulan feb 2009 saya blm dpt2 jg sampe tgl 18, perut saya jg nga enak, badan mudah lemas. kemudian saya tes pek tgl 19 lalu hasilnya positif kemudian hr sabtunya saya minum jamu kunyit kencur pas pagi2 (hr minggu) sya keluar darah, kemudian saya ke bidan terdekat dan dikatakan positif hamil lalu di kasih obat penguat, darahnya tidak keluar selama 2 hari (senin-selasa) lalu rabu saya keluar darah lagi dan di sertai sakit perut yg sangat hebat…lalu saya kekamar mandi lalu keluar darah gumpalan berwarna merah tp telah di selimuti/disarungi warna putih, jadi yg keluar gumpalan yg berwarna putih meskipun merahnya keliatan dikit, kemudian saya kedokter dan di nyatakan keguguran..

bidan ku, benarkah saya hamil dan keguguran, gimana caranya agar janin saya sehat, saya kuat, masalahnya saya berangkat kerja selalu boncengan motor dan tidur saya di lt 2, saya ingin sekali punya bayi, tlg saya bu bagaimana agar saya punya momongan kembali dan tops2 sehatnya utk ibu hamil..

terimakasih bu bidan..

(bungkusnasii)

Makanan Pedamping ASI dan Bintik Merah pada Bayi

bu bidan….mo nanya neh…anakku kan baru 4 bulan, kira2 boleh ga kalo dikasih MPASI? soalnya tiap kali liat kita makan, kayaknya dia tertarik banget pengen ikutan makan…trus suka masuk2in benda apapun yg dipegang ke mulutnya… trus satu lagi…di kulit wajahnya tumbuh bintik2 kaya jerawat yg lumayan banyak….kasian banget deh…gimana ya cara ngilanginnya? makasih ya… (Vuy) [Baca selengkapnya…]

Tips Melepas Kebiasaan ngempeng Pada Anak

Pertanyaan Hallo Bu Bidan, saya Susan mempunyai anak laki-laki bulan maret ini usianya 2 tahun. Anak saya tidak bisa lepas dari empeng ( dot ), saya ingin anak saya tidak ketergantungan ama dotnya lagi. Dotnya ini pernah saya cemplungkan ke jamu hitam yang pahit tapi tidak mempan, saya cemplungkan ke air belimbing wuluh juga gak [Baca selengkapnya…]

Efek Hormonal Terhadap Siklus Mens

Pertanyaan

hai bidanku….
ada yg mo aku tny….
mengenai siklus mens…
pas jan 07 aku pergi ke dktr kandungan mo program pny anak,aku n suami dinytakan baik2 aja… stlh kira2 4 kali dtg, dktr bilang kita coba aja suntik buat pemecah sel telur (dengan harapan supaya jadi) krn abis suntik itu malamnya kita disuru senggama , krn itu udah di itung n pas bgt dg masa suburnya(itu terjadi pas maret 07)…
nah stlh suntik itukita gak pernah dtg lg ke dktr… tp siklus mens sy jd berubah…
Dl sebelum disuntik sy mens teratur per 3 mggu andgn lama mens 1 mggu (7hari)..
nah setelah disuntik siklus mens sy jd per 4 mggu (malah kadang lebih jd 4 mggu lebih lah) dg lama mens ya kira2 3 harian (sebentar bgt) krn sblm suntik itu sy mens 1mggu an br bener2 bersih…
yg mo di tny in.. apakah dg kondisi itu sy berbhaya? krn smp skr sy jg blm pny anak…
sy jd takut dg ky gt hormon sy terganggu n jd tambah susah pny anak…
apa yg sy harus lakukan ??
spy bs jd normal sediakala lg???
umur sy sekarang 25thn. wkt ikut program itu umur sy 23 thn…
thx

By Sun

Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Bu,saya novi umur 26th saya sedang hamil jalan 9bln anak pertama, saya punya keluhan tentang kehamilan saya akhir-akhir ini saya sering sakir perut bagian bawah sebelah kanan klo lagi tidur pa karna terlalu miring tdr saya jadi si janin merasa terjepit sehingga perut saya sakit, tapi yang sebelah kiri nya ngga tu knp ya bu [Baca selengkapnya…]