Bayi Kuning

Tanggapan Bidanku.com

Kuning atau istilah medisnya disebut ikterus betul disebabkan oleh penumpukan bilirubin (merupakan hasil pemecahan sel darah merah).
Perlu diketahui ikterus ada dua macam yaitu fisiologik dan patologik.
ikterus fisiologik sering terjadi pada bayi prematur dan bayi normal berumur 2-14 hari dimana kuning tampak tidak sampai telapak tangan atau telapak kaki. Ikterus fisiologik tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus, cukup dengan disusui ASI lebih sering dan berjemur setiap hari selama 1/2-1 jam.
Ikterus patologik dikenal sebagai “hiperbilirubinemia” yang dapat mengakibatkan gangguan susunan saraf pusat. Ikterus patologik ini sangat berbahaya bagi bayi, bisa sampai menyebabkan kematian. Tanda dari ikterus ini adalah timbul kuning pada hari pertama (<24 jam) atau lebih dari 14 hari setelah lahir. Kuning tampak sampai telapak tangan atau telapak kaki (diperiksa di bawah sinar matahari dan kulit yg diamati sedikit ditekan). Tanda lain adalah tinja berwarna pucat seperti warna dempul. Jika mengalami salah satu tanda tersebut, lakukanlah pemeriksaan serius ke dokter.

Nah sekarang sudah 2 minggu….
Namun kok masih saja PUP-nya [] warnanya kuning pucat 

Gan, sebaiknya periksakan serius bayi anda ke dokter, dan ikuti betul petunjuk dokter…..mumpung pup-nya masih kuning pucat sebelum warna pupnya pucat beneran

salam
bidanku[dot]com

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel