data-ad-format="auto"

5 Tips Sahur Sehat Untuk Ibu Menyusui

Sebagai umat muslim kedatangan bulan ramadhan sangat ditunggu-tunggu dengan meningkatkan keimanan melalui puasa wajib dan ibadah lainnnya yang bisa dilakukan. Anda yang sedang menyusui pada bulan ramadhan diperbolehkan puasa jika kesehatan anda dan bayi memungkinkan untuk melakukannya. Agama kita sudah memberikan kemudahan untuk anda yang sedang hamil dan menyusui untuk tidak mengikuti puasa jika akan memperburuk kondisi bayi. Bagaimana jika anda tetap memaksakan diri untuk berpuasa? Boleh saja asalkan terlebih dahulu anda mempertimbangkan kondisi bayi, jika bayi anda dalam keadaan sehat dan telah bayi memasuki usia 6 bulan, maka ketergantungan dengan ASI tidak terlalu tinggi . Makanan pendamping bisa memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi anda.

Dalam kondisi lain hal yang harus anda perhatikan adalah berkonsultasi dengan dokter, bagaimanapun dokter mengetahui riwayat kesehatan anda dan bayi sehingga sebelum memutuskan puasa anda dapat berkonsultasi untuk mendapat saran terbaik.

Ketersedian ASI selama berpuasa tidak akan mengalami kekurangan karena anda hanya mengganti jadwal makan bukan berarti tidak makan dengan kata lain ketika memasuki waktu yang penting dalam penambahan nutrisi yaitu sahur dan berbuka, penting sekiranya anda memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi untuk menyediakan ketersedian air susu yang berkualitas.Sahur adalah waktu untuk anda memilih jenis makanan yang baik dan memicu kelancaran ASI sepanjang harinya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berikut tips sahur sehat untuk anda yang sedang menyusui :

1.  Berikan Kalori Ganda

Kalori ganda disini yaitu untuk anda yang biasa mengkonsumsi sedikit jenis karbohidrat ketika sedang sahur harus mengubahnya karena nutrisi bukan saja untuk anda tetapi juga bayi melalui ASI. Anda dapat memilih sumber kalori dari kerbohidrat kompleks karena memiliki manfaat untuk dicerna lebih lama, lapar jadi sedikit berkurang. Tambahan porsi sahur bukan berarti anda harus mengkonsumsinya sekaligus, anda dapat mengatur jadwal makan sahur dengan jeda sebelum imsak.

2.  Banyak Minum Air Putih

Sudah kita ketahui bersama manfaat dari minum air putih untuk kesehatan tubuh begitu juga dengan anda yang sedang menyusui. Pada ibu menyusui cairan tubuh sangat dibutuhkan, untuk anda yang akan mengawali puasa minum air putih 3-4 gelas ketika sahur. Minum air putih juga akan menjauhkan resiko sembelit yang sering diderita ibu hamil.

3.  Konsumsi Buah Dalam Bentuk Jus

Buah yang dapat anda konsumsi bersamaan dengan manfaat yang terbaik adalah dengan cara diblender. Anda dapat mencampurkan beberapa jenis buah, selain itu dalam bentuk cairan seperti jus sangat membantu untuk menambah cairan ketika anda sedang berpuasa, lebih aman untuk membuat jus rumahan.

4.  Gizi Seimbang

Bagi sebagian dari anda menu sahur sesekali membuat anda bingung. Selain menu untuk kesehatan dan ketahanan daya tahan selama sepanjang hari anda juga menyediakan nutrisi yang terbaik untuk sari makanan bayi anda.Maka anda dapat menambahkan jenis sayuran hijau, orange, putih, merah dan ungu untuk menambah kecukupan gizi selain itu protein yang bisa di dapat dari hewan dan tumbuhan sangat bagus untuk anda hadirkan pada menu sahur anda.

5.  Susu dan Kurma Sebagai Pelengkap

Terdapat khusus susu untuk ibu menyusui yang dimaksudkan untuk mendapat tambahan nutrisi bagi asi yang dihasilkan selain itu kurma juga bisa memberikan manfaat dengan vitamin dan komposisi lengkap yang terkandung di dalamnya.

Loading...

Follow us