5 Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil – Saat hamil banyak perubahan yang akan dialami oleh seorang wanita, termasuk pada payudara. Perubahan yang terjadi pada payudara saat hamil merupakan hal yang normal untuk mempersiapkan kelahiran buah hati.

Perubahan pada payudara saat hamil disebabkan karena kadar hormon yang mengalami peningkatan. Karena perubahan tersebut, anda mungkin merasa tidak nyaman. Nah, untuk membantu mengatasi keluhan yang dialami, beberapa tips perawatan pada payudara berikut ini dapat anda lakukan.

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Beberapa tips merawat payudara dengan langkah mudah yang akan membantu anda lebih nyaman karena perubahan pada payudara yang anda alami.

Gunakan Bra Nyaman

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Tips merawat payudara saat hamil yang pertama yaitu menggunakan bra yang nyaman. Yuk simak tipsnya berikut ini.

  • Ketika siang hari anda bisa memakai bra khusus untuk ibu hamil. Bra ini akan membantu menopang payudara anda, serta menyokong punggung.
  • Sedangkan untuk malam hari, anda bisa memakai bra khusus tidur, yaitu bra yang lembut dan ringan agar anda bisa tidur dengan nyaman.
  • Ketika hendak membeli bra, pastikan anda memilih bra dari kain katun, panjangnya dapat disesuaikan agar nyaman dan tidak berkawat.

Gunakan Breast Pad

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Apabila puting mengeluarkan cairan hingga dapat membasahi baju, sebaiknya anda menggunakan breast pad dalam bra. Biasanya ASI atau kolostrum akan keluar saat usia kehamilan trimester ketiga.

  • Pilihlah breast pad yang nyaman, baik breast pad sekali pakai atau yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali.
  • Akan tetapi, jika menggunakan breast pad membuat anda tidak nyaman, solusinya yaitu mengganti bra dengan rutin. Ganti bra setiap terasa basah. Membiarkan payudara atau puting basah dalam waktu lama akan dapat menyebabkan infeksi.

Aplikasikan Pelembab Pada Payudara

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Ukuran payudara yang membesar akan dapat menyebabkan kulit meregang dan stretch mark muncul. Dimana kondisi ini biasanya akan menyebabkan payudara gatal.

  • Nah, sebagai cara meredakan gatal pada payudara, anda dapat mengaplikasikan pelembab setelah selesai mandi atau menjelang tidur.
  • Selain itu, anda juga dapat mengaplikasikan pelembab apabila payudara gatal akibat kulit payudara yang kering.

Kompres Payudara

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Keluhan pada payudara yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil yaitu payudara terasa nyeri dan sensitif. Untuk membantu meredakan kondisi ini, beberapa tips di bawah ini bisa anda coba.

  • Anda dapat mengompres hangat payudara.
  • Namun, jika kompres hangat membuat anda tidak nyaman, anda bisa mencoba menggunakan kompres dingin. Caranya dengan membungkus es menggunakan kain atau  kain yang direndam dalam air dingin.

Bersihkan Payudara dengan Benar

Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

  • Membersihkan payudara harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut cara membersihkan payudara dengan benar.
  • Payudara dan puting dibersihkan dengan menggunakan air.
  • Jika sudah, keringkan dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Jangan menggosok handuk atau kain langsung pada payudara, cukup ditepuk-tepuk dengan lembut sampai payudara benar-benar kering.
  • Hindari membersihkan payudara atau puting dengan menggunakan sabun karena akan menyebabkan area puting payudara menjadi kering.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Itulah beberapa tips perawatan payudara saat hamil. Anda juga dapat melakukan konsultasi pada dokter kandungan mengenai keluhan atau perubahan pada payudara. Perawatan payudara yang baik dan benar, selain berpengaruh pada ASI juga berpengaruh pada bentuk payudara anda.

Leave a Reply