5 Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil dengan Tepat

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil dengan Tepat – Saat hamil banyak perubahan dan keluhan yang dialami oleh seorang wanita, termasuk keluhan pada bagian pusar. Selain pusar yang nampak lebih menonjol, biasanya sebagian ibu hamil mengalami nyeri di bagian pusarnya.

Pusar nyeri pada ibu hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti tekanan pada rahim, peregangan otot dan kulit, infeksi pada pusar, tindik, penyakit hernia umbilikalis dan lain sebagainya. Nah, untuk membantu meredakan sakit pusar pada ibu hamil, beberapa cara berikut ini bisa anda coba.

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil dengan Tepat

Pusar akan mulai terasa sakit biasanya ketika usia kehamilan muda, kondisi ini akan semakin terasa sakit ketika ukuran perut mulai membesar. Walaupun kondisi ini bukan masalah yang serius, namun rasa nyeri yang ditimbulkan akan membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Untuk membantu meringankan sakit pusar saat hamil, beberapa cara berikut ini bisa anda coba.

Jangan Menggaruk Area Pusar

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil

Sakit pusar mungkin saja disertai dengan rasa gatal dan tidak nyaman. Hal ini membuat ibu hamil ingin menggaruk pusarnya.

Sebagai cara meringankan sakit pusar saat hamil, pastikan anda menghindari menggaruk atau menyentuh area pusar yang terasa nyeri atau gatal. Ini dilakukan untuk mencegah risiko infeksi dari gesekan yang terjadi.

Kompres dengan Menggunakan Air Hangat

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pusar sakit saat hamil yaitu dengan kompres perut menggunakan air hangat. Air hangat akan dapat melancarkan aliran darah sehingga rasa nyeri akan berkurang.

  • Sediakan air hangat secukupnya saja.
  • Kemudian kompres bagian pusar anda dengan air hangat tersebut selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Lakukan langkah ini sebanyak 3 kali sehari.

Memakai Pakaian Lembut

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil

Salah satu penyebab perih dan sakit pada pusar ketika hamil yaitu karena gesekan dengan bagian yang kasar. Selain menyebabkan perih dan sakit, gesekan dengan permukaan yang kasar juga akan menyebabkan terjadinya iritasi.

  • Perhatikan pakaian yang anda gunakan untuk membantu mengatasi kondisi ini. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman.
  • Selain itu, pastikan pakaian yang anda gunakan lembut atau tidak kasar.

Baca juga : Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Atur Posisi Tidur

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil

Saat hamil memperhatikan posisi tidur penting dilakukan agar tidur nyaman dan berkualitas. Selain itu, dengan mengatur posisi tidur senyaman mungkin juga akan membantu mengatasi nyeri pada pusar yang dialami oleh ibu hamil.

  • Atur posisi tidur senyaman mungkin.
  • Anda bisa tidur dengan posisi menyamping ke kiri dan mengganjal perut dengan menggunakan bantal.

Menjaga Kebersihan Pusar

Cara Mengatasi Pusar Sakit Saat Hamil

Untuk mencegah terjadinya perkembangan bakteri, penting untuk selalu menjaga kebersihan pusar anda. Apabila kebersihan pusar kurang terjaga maka akan menyebabkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan pusar seperti berikut ini.

  • Bersihkan pusar dengan baik dan benar.
  • Jangan mengorek pusar menggunakan tangan yang kebersihannya tidak terjaga.
  • Untuk mengusap kotoran pada pusar anda bisa menggunakan kapas yang lembut.
  • Selain itu, pastikan anda menggunakan bahan-bahan aman saat membersihkan pusar.

Sakit yang dialami ibu hamil pada area pusar pada umumnya bukanlah masalah yang serius. Hanya saja, jika kondisi ini semakin parah atau disertai dengan gejala lainnya sebaiknya anda langsung berkonsultasi pada dokter.

Leave a Reply