5 Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan dengan Alami dan Mudah

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan dengan Alami dan Mudah – Salah satu perubahan tubuh yang akan dialami oleh ibu setelah melahirkan yaitu perut buncit. Namun, jangan khawatir perut buncit setelah melahirkan bisa diatasi dengan melakukan perawatan mudah dan tepat seperti berikut ini.

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan dengan Alami dan Mudah

Beberapa langkah mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan agar kembali ramping. Yuk simak di bawah ini.

Menyusui

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Menyusui merupakan tugas wajib seorang ibu setelah melahirkan. Dari ASI si kecil akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan dengan menyusui buah hati akan membantu mengecilkan perut buncit. Dimana dengan menyusui ibu dapat membakar kalori sampai 500 kilokalori dalam setiap harinya.

Apabila selama 6 bulan pertama kehidupan buah hati, anda memberikan ASI eksklusif, maka kalori yang dibakar jumlahnya sangat efektif agar bisa menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, hormon oksitosin yang memiliki peran untuk mengeluarkan ASI juga akan berperan dalam kontraksi otot-otot rahim. Dengan begitu rahim akan mengecil dan perut buncit setelah melahirkan akan berkurang.

Oleh karena, salah satu cara paling mudah untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan yaitu menyusui. Berikan ASI dengan rutin pada si kecil. Pastikan anda menjaga kualitas dan kuantitas ASI agar si kecil cukup mendapatkan ASI.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Gizi Seimbang

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang sangat penting untuk dilakukan untuk membantu mengecilkan perut buncit setelah melahirkan.

  • Anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, lemak, protein, serat, cairan, mineral dan vitamin. Pastikan setiap harinya jumlahnya cukup serta seimbang.
  • Selain itu, hal yang harus diperhatikan yaitu memperbanyak konsumsi sayuran, 3 hingga 5 kali dalam setiap harinya.
  • Penting untuk menghindari makanan dengan kandungan tinggi gula, garam dan minyak.

Bergerak dengan Aktif

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Jika anda sudah merasa sehat dan fit setelah melahirkan, anda bisa mulai untuk aktif bergerak.

  • Aktifitas fisik sederhana yang bisa dilakukan yaitu naik turun tangga atau jalan pagi. Selain itu, menggendong buah hati, mengajak si kecil berjemur sambil jalan santai akan membantu mengecilkan perut setelah anda melahirkan.
  • Setelah 6 hingga 8 minggu melahirkan, anda mungkin sudah bisa melakukan olahraga. Namun, untuk mengetahuinya lebih pasti bisa konsultasikan pada dokter. Adapun jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah melahirkan yaitu berenang, jogging, jalan cepat, pilates, yoga, plank dan sit-up.

Baca juga : Cara Mengurangi Nyeri Kontraksi Menjelang Melahirkan

Mengelola Stres dengan Baik

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Ketika stres maka tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang akan dapat meningkatkan kadar asam lambung, gula, kolesterol dan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan kelola stres dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres yaitu seperi berikut:

  • Melakukan kegiatan atau hobi yang disukai.
  • Meditasi atau yoga.
  • Mengajak buah hati bermain atau berbicara, dan lain sebagainya.

Cukupi Waktu Tidur

Tips Mengatasi Perut Buncit Setelah Melahirkan

Anda harus mencukupi waktu istirahat agar tubuh tetap fit. Dalam setiap harinya penting untuk tidur yang cukup. Pasalnya, kurang tidur akan menyebabkan stres dan berat badan bertambah.

Anda harus mengatur waktu tidur agar bisa mendapatkan waktu tidur sebanyak 6 jam setiap harinya. Pastikan pula tidur nyenyak dan berkualitas.

Itulah beberapa tips mengatasi perut buncit setelah melahirkan dengan mudah. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply