Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil, Begini 3 Cara Mengatasinya

Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil, Begini 3 Cara Mengatasinya – Kehamilan menjadi momen yang paling dinantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Saat dinyatakan hamil, setiap pasangan tentu akan berbahagia karena akan hadir buah hati yang melengkapi keluarga kecil. Ibu hamil akan menjaga kehamilan dengan baik dan menjalani  kehamilan dengan penuh kebahagiaan, meskipun berbagai keluhan mungkin akan dialami saat hamil.

Nah, rasa ngilu pada kemaluan merupakan kondisi yang dapat dialami oleh ibu hamil. Ini merupakan kondisi yang umum dialami. Walaupun kondisi ini tidak berbahaya akan tetapi dapat menyebabkan tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Ngilu akan terasa pada area kemaluan atau lebih tepatnya di atas tulang kemaluan.

Beberapa hal seperti mengandung bayi yang ukurannya besar, hamil anak kembar, mengalami nyeri panggul saat kehamilan sebelumnya, melakukan aktivitas berat, mempunyai riwayat nyeri panggul, sebelum hamil kelebihan berat badan, hamil anak kedua, bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami ngilu pada kemaluan.

Nah, untuk membantu meredakan ngilu pada kemaluan, beberapa langkah berikut ini bisa anda lakukan.

Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil

Cara Mengatasi Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil

Rasa ngilu pada kemaluan yang ibu hamil alami akan dapat menyebabkan tidak nyaman saat beraktivitas, bahkan hingga menyebabkan sulit tidur. Untuk membantu mengatasi kondisi ini, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan seperti berikut ini.

Hindari Melakukan Gerakan Atau Posisi Tertentu

Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi ngilu pada kemaluan yaitu jangan melakukan gerakan ataupun posisi tertentu seperti berikut ini.

  • Hindari berdiri dengan menggunakan satu kaki atau berdiri terlalu lama.
  • Hindari posisi menyilangkan kaki.
  • Hindari duduk pada lantai.
  • Hindari mengangkat ataupun mendorong benda berat, apalagi jika mengangkat dengan menggunakan satu tangan.

Senam Kegel

Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil

Cara mengatasi ngilu pada kemaluan selanjutnya yaitu dengan melakukan senam kegel. Anda dapat melakukan senam kegel setiap hari 5 set. Melakukan senam ini akan membantu membuat otot kandung kemih, usus besar dan rahim kuat.

  • Latihan senam kegel merupakan latihan bagi ibu hamil yang baik, serta mudah dilakukan. Caranya yaitu dengan mengencangkan otot bawah panggul, lalu tahan sekitar 5 detik.
  • Kemudian lemaskan lagi otot tersebut dan anda bisa mengulanginya 10 kali pada setiap set.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Melakukan Kegiatan atau Aktivitas dengan Cara yang Berbeda

Ngilu Pada Kemaluan Saat Hamil

Cobalah untuk melakukan kegiatan dengan cara yang berbeda untuk membantu mengurangi ngilu pada kemaluan saat hamil.

  • Anda sebaiknya berpakaian sambil duduk. Saat memakai celana hindari berdiri dengan menggunakan satu kaki.
  • Ketika tidur anda dapat berbaring menyamping dengan posisi bantal pada sela paha.
  • Ketika naik atau turun dari mobil, sebaiknya anda memposisikan lutut dengan berdekatan.
  • Saat menaiki anak tangga, anda harus melakukannya satu persatu.
  • Untuk menguatkan otot panggul anda bisa memakai ikat pinggang khusus.
  • Apabila duduk dengan bersandar menyebabkan ngilu, anda dapat duduk pada ujung ataupun tepi kursi dengan memposisikan kedua paha terbuka.

Ngilu pada kemaluan menjadi salah satu keluhan yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil. Setelah melahirkan rasa ngilu pada kemaluan biasanya akan mereda. Namun, jika tidak kunjung reda sebaiknya konsultasikan pada dokter agar anda mendapatkan penanganan dengan benar.

Leave a Reply