5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil – Asam lambung naik atau dikenal dengan istilah GERD merupakan kondisi yang dapat dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus, yang akan menyebabkan sensasi terbakar pada dada atau disebut dengan heartburn.

Asam lambung naik dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada ibu yang sedang hamil, pengaruh hormon diketahui memiliki peran terhadap kondisi ini. Kondisi hormon yang tidak stabil akan dapat menyebabkan kerja sistem pencernaan ibu menjadi lambat. Selain itu, GERD pada ibu hamil dapat disebabkan karena lambung mengalami tekanan karena rahim yang membesar, apalagi saat usia kehamilan memasuki trimester 2 dan 3.  Nah, untuk membantu mengatasi asam lambung naik saat hamil, beberapa cara ini bisa anda ikuti.

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Kondisi asam lambung naik saat hamil tentu akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan seperti berikut ini.

Ubah Kebiasaan Makan

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Mengubah kebiasaan makan merupakan cara mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik.

  • Caranya yaitu, anda harus makan dalam porsi yang kecil, namun sering. Pastikan anda juga tidak melewatkan waktu makan.
  • Saat makan anda harus mengunyah makanan dengan perlahan dan jangan tergesa-gesa.
  • Hindari berbaring setelah anda makan. Anda bisa menunggu sekitar 2 hingga 3 jam setelah selesai makan.
  • Hindari makan sebelum tidur atau mendekati waktu tidur.
  • Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari supaya tidak memicu asam lambung naik seperti makanan asam, pedas, mint, cokelat dan kopi.
  • Hindari juga minum dengan berlebihan saat anda makan.
  • Beberapa saat setelah makan, anda bisa mengunyah permen karet.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Longgar

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Menggunakan pakaian yang longgar akan membuat anda merasa lebih nyaman. Menggunakan pakaian yang ketat akan menyebabkan tekanan berlebih pada perut anda. Dimana hal ini akan menjadi semakin buruk apabila anda sedang mengalami asam lambung naik. Selain itu, menggunakan pakaian longgar juga akan mengurangi gerah.

  • Gunakan pakaian longgar yang nyaman untuk anda sehari-hari.
  • Pastikan gunakan juga pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat.

Tidur dengan Posisi yang Nyaman

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Tidur dengan posisi yang nyaman akan membantu mencegah terjadinya asam lambung naik saat hamil. Oleh karena itu, carilah posisi tidur nyaman sebelum anda tidur.

  • Salah satu posisi tidur yang dapat anda terapkan yaitu dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari lambung. Sehingga dengan begitu asam lambung tidak akan naik ke kerongkongan. Selain itu, tidur dengan posisi seperti ini juga akan bermanfaat untuk membantu kinerja pencernaan.
  • Anda juga bisa tidur dengan posisi tubuh ke kiri agar lebih nyaman.

Mengonsumsi Minuman Hangat

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung yaitu dengan mengonsumsi minuman hangat.

Anda bisa mengonsumsi teh lemon atau jahe hangat. Mengonsumsi minuman hangat akan membantu anda merasa lebih nyaman dan meringankan asam lambung yang anda alami.

Konsultasi Pada Dokter

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Jika asam lambung yang anda alami tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Konsultasikan pada dokter akan keluhan, serta kondisi-kondisi lainnya yang anda alami agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung naik saat hamil. Semoga beberapa tips yang kami berikan dapat membantu anda mengatasi keluhan yang dialami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply