5 Tips Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Mudah

Tips Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Mudah – Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus itu sendiri merupakan rongga kecil yang berada di belakang tulang dahi dan pipi. Pada ibu hamil sinus biasanya disebabkan karena hormon progesteron yang dapat menyebabkan saluran sinus bengkak.

Sinusitis dapat menimbulkan beberapa gejala seperti batuk, sakit kepala, hidung mengalami sumbatan, wajah terasa nyeri dan sakit tenggorokan. Ketika mengalami gejala-gejala tersebut, ibu hamil sebaiknya segara melakukan konsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, beberapa perawatan alami berikut ini bisa dicoba untuk mengurangi kondisi sinusitis.

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Mudah

Untuk membantu meredakan gejala sinusitis pada ibu hamil,  beberapa cara alami dan rumahan ini bisa dicoba.

Mengonsumsi Air Putih dengan Rutin

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Minum air putih yang cukup memang disarankan. Rutin mengonsumsi air putih merupakan cara mudah untuk membantu meredakan sinusitis.

  • Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup sesuai yang dianjurkan.
  • Selain air putih, anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan segar agar asupan vitamin bertambah dan daya tahan tubuh menjadi kuat. Juga mencegah masalah dehidrasi ketika sedang sinusitis.

Baca juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Mencukupi Waktu Tidur

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Selain minum air putih dengan rutin, anda juga sebaiknya mencukupi waktu tidur. Tidur yang cukup akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat segera pulih dari masalah sinusitis yang dialami.

  • Pastikan anda mencukupi waktu tidur dengan baik.
  • Anda dapat menggunakan beberapa bantal supaya ketika tidur kepala anda posisinya lebih tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi keluhan yang anda alami saat sinusitis.
  • Selain itu, pastikan kondisi ruangan nyaman, bersih dan gelap agar tidur anda nyenyak dan berkualitas.

Kompres dengan Menggunakan Air Hangat dan Dingin

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan sinusitis pada ibu hamil yaitu dengan kompres hangat dan dingin. Kompres akan membantu melancarkan saluran udara pada hidung. Simak caranya berikut ini.

  • Anda bisa mengompres dengan menggunakan air hangat pada area sekitar hidung, pipi dan dahi selama kurang lebih 3 menit.
  • Kemudian ganti dengan menggunakan air dingin, lalu diamkan selama kurang lebih 30 detik.
  • Lakukan langkah ini 2 atau 3 kali.

Mengonsumsi Sup Ayam

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Saat sinusitis bisa saja ibu hamil kehilangan nafsu makannya. Namun, pastikan anda harus tetap makan untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi.

  • Anda dapat mengonsumsi sup ayam. Sup memiliki khasiat untuk membantu mengurangi hidung tersumbat, serta membantu mengurangi peradangan.
  • Selain mengonsumsi sup, anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Anda sebaiknya makan dengan porsi yang sedikit namun sering.

Menjaga Kelembaban Udara Dalam Ruangan

Cara Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil

Menjaga kelembaban udara dalam ruangan untuk membantu mengurangi keluhan sinusitis yang dialami.

Untuk menjaga kelembaban udara, caranya yaitu dengan menggunakan alat pelembab udara atau humidifier dalam ruangan. Ini bermanfaat agar udara masuk pada saluran pernapasan tetap lembab sehingga hidung tersumbat dapat dicegah, serta membantu proses penyembuhan.

Apabila gejala tidak kunjung membaik, sebaiknya anda konsultasikan pada dokter supaya bisa dilakukan pemeriksaan dengan menyeluruh dan mendapatkan penanganan dengan optimal. Hindari mengonsumsi obat tanpa resep dari dokter.

Nah, itulah beberapa perawatan alami dan mudah yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi sinusitis pada ibu hamil. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply