6 Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil – Saat hamil berbagai perubahan tubuh akan dialami oleh wanita. Selain itu, berbagai keluhan juga akan ibu hamil alami. Salah satu kondisi yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil yaitu mulut pahit. Kondisi ini tentu akan membuat tidak nyaman karena akan membuat nafsu makan berkurang.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan mulut pahit saat hamil di antaranya yaitu perubahan hormon, pancaindera menjadi sensitif hingga kondisi tubuh. Nah, untuk mengatasi mulut pahit saat hamil beberapa cara ini bisa anda coba.

Baca juga : 5 Cara Menambah Berat Badan Saat Hamil

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Beberapa cara alami mengatasi mulut pahit saat hamil yang bisa anda lakukan untuk mengurangi mulut pahit ketika hamil.

Mengonsumsi Makanan Asam

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Saat hamil mulut pahit dapat diatasi dengan mengonsumsi minuman atau makanan asam. Namun, pastikan makanan yang dikonsumsi sehat dan tidak berdampak buruk untuk kehamilan.

  • Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman asam seperti air jeruk, jeruk, stroberi atau tomat. Makanan-makanan ini akan dapat merangsang air liur. Jika produksi air liur melimpah akan dapat membantu mengurangi rasa pahit di mulut anda.
  • Pastikan sebelum mengonsumsi buah-buahan tersebut anda mencucinya hingga benar-benar bersih.

Mengunyah Permen Karet atau Permen Mint

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Selain mengonsumsi makanan asam, untuk membantu mengatasi mulut pahit saat hamil bisa dengan makan permen.

  • Anda bisa makan permen mint agar rasa tidak enak pada mulut menjadi netral.
  • Selain itu, anda juga bisa makan permen karet. Mengonsumsi permen karet akan merangsang air liur supaya mulut tidak kering. Kondisi mulut kering juga dapat menjadi penyebab mulut pahit ketika hamil.
  • Anda bisa memilih permen karet atau permen mint yang bebas gula supaya kadar gula yang anda konsumsi tidak berlebihan.

Mengonsumsi Makanan Gurih

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Saat hamil anda tentu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Jika ingin ngemil, maka konsumsilah makanan yang sehat. Nah, untuk membantu mengatasi mulut pahit saat hamil pilihan cemilan yang bisa anda konsumsi yaitu makanan bercita rasa gurih.

  • Ketika mulut anda pahit, anda bisa makan cemilan gurih dan sehat.
  • Beberapa cemilan sehat yang bisa anda jadikan pilihan di antaranya yaitu kacang, keju atau tumisan dengan menggunakan minyak zaitun.
  • Selain itu, anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan beraroma kuat untuk membantu mengatasi mulut pahit saat hamil.

Rajin Membersihkan Mulut

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Cara mengatasi mulut pahit saat hamil lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan rutin membersihkan mulut. Selain itu, kondisi mulut yang sehat dan bersih juga akan mencegah berbagai masalah kesehatan lainnya.

  • Sebagai langkah menjaga kesehatan mulut, anda harus rutin menyikat gigi, serta menyikat lidah.
  • Jika perlu, anda bisa membersihkan mulut dengan air garam yang digunakan untuk berkumur agar kadar keasaman mulut berkurang.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Mencukupi asupan air putih sangat penting untuk dilakukan. Dengan minum air putih yang cukup akan mencegah masalah dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, minum air putih juga akan membantu mengatasi mulut pahit saat hamil.

  • Pastikan anda minum air putih yang cukup dalam setiap harinya.
  • Apabila bosan, anda bisa minum air putih dengan tambahan irisan air lemon.

Ganti Vitamin Kehamilan

Tips Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Dimasa kehamilan ibu hamil akan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin kehamilan. Untuk sebagian ibu hamil, vitamin kehamilan tertentu mungkin dapat menyebabkan mulut pahit.

  • Untuk membantu mengatasi mulut pahit tersebut, anda bisa mencoba mengganti vitamin kehamilan.
  • Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Anda bisa berkonsultasi mengenai vitamin kehamilan yang minim akan efek samping.

Itulah beberapa cara mengatasi mulut pahit saat hamil dengan mudah dan alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons