4 Tips Berjemur Saat Hamil dengan Aman

Tips Berjemur  Saat Hamil dengan Aman – Berbagai kebutuhan vitamin harus dipenuhi selama masa kehamilan, termasuk vitamin D. Vitamin D bisa anda  dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D, serta suplemen. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anda bisa berjemur di bawah sinar matahari.

Adapun beberapa manfaat vitamin D untuk ibu hamil yaitu memperkuat tulang ibu hamil, mencegah diabetes gestasional, mendukung pertumbuhan gigi dan tulang janin, mencegah masalah preeklamsia, mengurangi stres saat hamil dan lain sebagainya.

Mengetahui banyaknya manfaat vitamin D saat hamil, maka anda harus mencukupinya termasuk dengan berjemur. Namun, perlu diketahui berjemur dengan cara yang tidak tepat justru akan mendatangkan risiko yang berbahaya bagi ibu hamil seperti mengalami penuaan dini, dehidrasi, mata rusak hingga menyebabkan kanker kulit.

Baca juga : 5 Cara Menambah Berat Badan Saat Hamil

Oleh karena itu, jika anda ingin berjemur untuk mendapatkan manfaat baiknya, anda perlu tahu terlebih dahulu aturan atau tips aman berjemur saat hamil. Dengan begitu anda akan mendapatkan manfaat berjemur dengan optimal. Nah, di bawah ini kami hadirkan beberapa tips berjemur saat hamil dengan aman dan nyaman.

Tips Berjemur Saat Hamil

Tips Berjemur  Saat Hamil dengan Aman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berjemur memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal, simak beberapa tips berjemur dengan aman saat hamil di bawah ini.

Memakai Sunscreen

Tips Berjemur Saat Hamil

Sebelum berjemur, pastikan anda melindungi tubuh dengan memakai sunscreen atau tabir surya. Ini dilakukan untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari.

  • Sunscreen dapat digunakan 15 menit sebelum anda berjemur.
  • Pilihlah sunscreen dengan kandungan yang aman bagi ibu hamil,
  • Sebelum membeli sunscreen, pastikan anda membaca terlebih dahulu kemasannya. Pastikan kandungan yang ada di dalamnya aman bagi ibu hamil.

Berjemur Diwaktu yang Tepat

Tips Berjemur Saat Hamil

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu pilihlah waktu berjemur yang tepat. Selain itu, durasi berjemur juga harus anda perhatikan dengan baik agar mendapatkan manfaat berjemur dengan optimal.

  • Bagi ibu hamil waktu berjemur yang baik yaitu saat pagi hari atau sebelum jam 10, serta sore hari mulai jam 4.
  • Jangan berjemur terlalu lama. Anda bisa berjemur selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Memakai Pakaian Tertutup

Tips Berjemur Saat Hamil

Saat berjemur, meskipun anda sudah menggunakan tabir surya atau sunscreen, namun penting juga untuk memakai pakaian tertutup.

  • Anda bisa memakai pakaian tertutup yang nyaman dan longgar, lengan panjang dan celana panjang.
  • Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya menggunakan topi dan kacamata UV agar mendapatkan perlindungan ekstra.

Lakukan Kegiatan Lainnya yang Bermanfaat

Tips Berjemur Saat Hamil

Ketika berjemur anda bisa menyertainya dengan melakukan kegiatan bermanfaat. Dengan begitu kegiatan berjemur anda akan menjadi lebih menyenangkan.

  • Anda bisa berjemur sambil berjalan di sekitaran rumah.
  • Pastikan anda mencukupi kebutuhan air agar terhindar dari masalah dehidrasi. Pastikan anda  selalu membawa air minum saat hendak berjemur.

Itulah beberapa tips berjemur saat hamil yang aman agar mendapatkan manfaat berjemur dengan maksimal.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons